Pentingnya Stimulasi Audio Ketika Sedang Pijat Bayi

0
1029

Stimulasi yang diperoleh bayi, nantinya akan berpengaruh besar untuk perkembangan fisik, sosial, emosi serta intelektual nya. Stimulasi yang diberi orang tua pada bayi juga bisa memperkuat ikatan antara anak dan orang tua. Oleh karena itu memberi stimulasi yang cukup pada buah hati sejak dini harus menjadi rutinitas sehari-hari. Stimulasi sederhana yang bisa Anda lakukan dengan pijat bayi.

Memijat bayi dengan benar merupakan sebuah bentuk stimulasi yang sangat sederhana yang dapat Anda berikan pada si kecil secara rutin. Bentuk stimulasi ini mudah namun mencangkup ke 5 indera. Aktivitas yang satu ini mencakup sentuhan yang berupa usapan lembut dan pijatan, penciuman karena Anda menggunakan Zwitsal yang harum, dan penglihatan karena memberikan kontak mata antara Anda dan juga buah hati. Namun bagaimana cara untuk memberikan stimulasi pendengaran saat bayi di pijat?

Ketika Anda melakukan Pemijatan pada bayi, Anda dapat menstimulasi pendengarannya dengan mengajaknya berbicara atau pun bersenandung untuk dirinya. Tidak perlu pusing untuk memikirkan apa bahan obrolan yang akan Anda bicarakan padanya, cerita kan saja berbagai macam aktivitas Anda pada hari itu, Anda pun juga dapat menyanyikan lagu yang Anda sukai. Selain mengajaknya berbicara, Anda pun juga bisa memberikan stimulasi dalam bentuk audio padanya dengan cara memutar musik selama melakukan Pemijatan. Memang, mendengarkan musik bukan hanya dapat menstimulasi otaknya namun akan membantu melepaskan endorphin di otak dan memunculkan rasa tenang.

Jenis musik yang dapat Anda perdengarkan saat melakukan pijat bayi tidak perlu musik klasik, karena setiap bayi mempunyai kesukaan yang berbeda. Anda dapat mencoba memperdengarkan berbagai musik dan perhatikan mana jenis musik yang memberikan respon positif padanya. Perdengarkan musik dengan melodi yang bervariasi agar membantunya untuk belajar dengan lebih baik. Stimulasi audio untuk dirinya tidak hanya dapat diberikan ketika melakukan pijat, saat Anda meninggalkannya sebentar untuk bermain atau saat ia tidur, Anda juga dapat memutar kan sentuhan musik yang lembut. Walaupun terlihat sederhana, namun musik akan memberikan tumbuh kembang yang tidak sedikit.