Manfaat Menakjubkan Membaca Buku Novel

1
4957

Dari sekian banyaknya penduduk Indonesia nyatanya tak lebih dari 5% yang memiliki hobby membaca, memang cukup banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, diantaranya adalah kesibukan atau mereka yang memang buta huruf sehingga tak bisa membaca sebuah bahan bacaan. Hal inilah yang membuat buku yang ada di Indonesia kurang begitu laku, bahkan angka terbitan tiap tahunnya kalah dengan negara kecil yaitu Malaysia. Padahal jika kamu beranjak ke toko buku saja banyak bacaan yang dapat ditemukan mulai dari yang menghibur seperti buku novel, komik atau juga aneka buku pengetahuan.

Nah kurangnya minat masyarakat terhadap membaca ini nampaknya harus mulai ditingkatkan, mengingat Anda tau sendiri bahwa dalam hal belajar langkah utama adalah membaca, mereka yang serius dan senang membaca tak harus dipaksa nantinya juga akan gemar membaca, sebaliknya, jika untuk hal dasar semacam membaca saja tak digemari tentunya juga sangat sulit untuk membiasakan anak-anak dalam belajar.

Manfaat menakjubkan membaca buku novel:

Namun terkadang ada beberapa orang yang gemar membaca buku novel baik novel terbaru maupun lama, namun tak terlalu senang terhadap ilmu pengetahuan, ini sebenarnya menjadi langkah awal bagi mereka untuk belajar, karena bahan bacaan macam apapun sebenarnya memberikan manfaat yang sangat bagus bagi anak Anda, termasuk diantaranya adalah novel, apa saja manfaatnya, simak ulasannya berikut ini:

1. Dapat merangsang imajinasi anak, berpikir imajinatif bukan hal bisa dilakukan oleh semua anak, paling tidak ada 1 dari 10 anak yang memiliki tingkat imajinasi tinggi, hal ini sangat berpengaruh terhadap kreatifitasnya nanti, sekarang orang kreatif jauh lebih dibutuhkan untuk mengisi dunia kerja dibandingkan hanya mereka yang sekedar pintar saja.

2. Untuk mengasah otak kanan, kebanyakan manusia bekerja menggunakan otak kiri mereka, nantinya akan menciptakan sosok yang tertata rapi dan pandai dalam hitungan, namun otak kanan juga sangat penting karena ini adalah tempat untuk merangsang hasrat dalam berkarya atau menciptakan sebuah seni.

3. Membaca novel juga dapat menambah pengetahuan Anda, tak semua novel hanya berisi dengan cerita romansa atau hiburan saja, melainkan juga banyak ilmu baru yang akan kamu dapatkan di dalamnya, apalagi jika Anda lebih sering membaca novel terjemahan.

4. Untuk mencegah stress, salah satu jenis hiburan yang paling efektif dalam hilangkan stress Anda selain liburan adalah membaca, namun memang hanya untuk kalangan yang gemar membaca, pilihlah bahan yang menghibur seperti novel komedi.

5. Sebagai obat tidur, kamu yang memiliki masalah insomnia tak perlu berobat ke dokter atau mengkonsumsi obat tidur, cukup membaca saja setiap malamnya pasti akan mengantuk sendiri.

Ada banyak genre buku novel yang ada, namun tentunya tak semua menghibur kamu, jadi pilihlah sesuai dengan selera.