Yuk, Hadirkan Inspirasimu dengan 5 Buku Inspiratif Nusantara!

0
2811

SERPONG, KOMPAS CORNER — Sering mengalami stuck atau patah semangat ketika tengah menjalani kehidupan guys? Kondisi stuck kerap kali menghantui sebagian orang yang tengah mengalami rasa jenuh dan lelah dalam menghadapi kehidupan. Selain menghambat produktivitas, stuck juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lho guys! Untuk itu, upaya dalam menghadirkan semangat dan inspirasi ditengah kejenuhan dirasa kian penting. Tak hanya mampu meningkatkan motivasi kita dalam menjalani kehidupan, inspirasi juga berperan penting dalam pengembangan potensi diri.

Inspirasi sendiri bisa ditemukan dalam berbagai sumber, salah satunya ialah buku. Selain membawakan ide baru nan segar, buku juga mengemas hiburan secara edukatif sehingga mampu menghibur sang pembaca dengan cara yang tak biasa. Nah, kali ini penulis ingin membagikan 5 buku inspiratif karya penulis tanah air yang mampu memberikan kamu semangat dan inspirasi dalam menjalani kehidupan. Penasaran? Yuk, simak ulasan singkat kelima buku tersebut!

  1. Self Driving (Rhenald Kasali)
Buku karangan Rhenald Kasali memaparkan lebih lanjut mengenai visi dan pandangan akan kehidupan.
Buku karangan Rhenald Kasali memaparkan lebih lanjut mengenai visi dan pandangan akan kehidupan.

Buku hasil buah pikiran Rhenald Kasali, Guru Besar Universitas Indonesia sendiri mampu mengantarkan pembacanya kepada sejumlah perbedaan antara driver dengan passanger. Dalam konteks ini, driver yang dimaksud ialah pribadi yang mampu mengantarkan diri kepada satu tujuan tertentu. Sementara itu, passanger sendiri ialah pribadi pasif. Passanger yang dimaksud ialah pribadi yang memilih untuk berdiam diri atau sekedar mengikuti arus. Melalui tulisan Rhenald Kasali yang dituangkan ke dalam 270 halaman ini, sang pembaca dapat menemui beragam inspirasi seperti tujuan hidup, visi, disiplin diri, critical thinking, dan masih banyak hal lainnya.

  1. Mimpi Sejuta Dolar (Alberthiene Endah)
Kesuksesan Merry Riana akan dibahas lebih lanjut dalam "Mimpi Sejuta Dolar".
Kesuksesan Merry Riana akan dibahas lebih lanjut dalam “Mimpi Sejuta Dolar” oleh Alberthiene Endah.

Siapa yang tak kenal dengan Merry Riana? Kesuksesan seorang Merry Riana dalam meraih satu juta dollar pertamanya di Singapura pada usia 26 tahun akan dibahas lebih lanjut dalam “Mimpi Sejuta Dollar”. Sang penulis, Alberthiene Endah juga memaparkan beragam hal terkait paradigma berpikir, etos kerja yang baik, kedisiplinan, dan kisah inspiratif lainnya. Tak hanya digemari oleh masyarakat tanah air, namun buku “Mimpi Sejuta Dollar” juga mendapat sambutan hangat di Singapura lho guys!

  1. Young on Top (Billy Boen)
30 kunci kesuksesan di usia muda dapat ditemui dalam "Young on Top".
30 kunci kesuksesan di usia muda dapat ditemui dalam “Young on Top” karangan Billy Boen.

Buku karangan Billy Boen yang diterbitkan sejak tahun 2009 silam ini memaparkan secara rinci 30 kunci kesuksesan yang dapat diraih di usia muda. Pembaca akan menemui ketigapuluh kunci kesuksesan tersebut dengan mudah berkat bahasa dan gaya tulisan yang ringan ala Billy Boen. Bermula dari buku ini, Billy akhirnya mendirikan sebuah komunitas Young on Top yang telah berkiprah selama 7 tahun dalam menginspirasi anak muda Indonesia. Buku ini juga semakin populer berkat jargonnya : “Kalau bisa sukses di usia muda, kenapa mesti nunggu tua?”

  1. Orang Jujur Tidak Sekolah (Andri Rizki Putra)
"Orang Jujur Tidak Sekolah" mengantarkan pembaca kepada potret pendidikan tanah air dan upaya sang penulis, Andri Rizki, dalam memajukan pendidikan tanah air.
“Orang Jujur Tidak Sekolah” mengantarkan pembaca kepada potret pendidikan tanah air dan upaya sang penulis, Andri Rizki, dalam memajukan pendidikan tanah air.

“Orang Jujur Tidak Sekolah” membawa para pembacanya kepada kisah kehidupan sang penulis dan potret pendidikan tanah air saat ini. Keinginan Rizki, sang penulis untuk masuk ke dalam sekolah seketika kandas ketika berhadapan dengan kecurangan praktik Ujian Nasional (UN) yang diadakan. Tak ingin berdiam diri, Rizki akhirnya melakukan aksi konkret untuk mengembangkan pendidikan di Indonesia. Melalui pandangan dan aksi nyatanya, Rizki kini berupaya untuk mengubah paradigma sekolah yang “membelenggu” menjadi membebaskan. Berbagai aksi dan pandangan Rizki yang inspiratif ini dapat ditemui di dalam “Orang Jujur Tidak Sekolah”.

  1. Syukur Tiada Akhir (St. Sularto)
Seluruh kisah hidup dan perjuangan gigih pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama dituangkan ke dalam "Syukur Tiada Akhir".
Seluruh kisah hidup dan perjuangan gigih pendiri Harian Kompas, Jakob Oetama dituangkan ke dalam “Syukur Tiada Akhir”.

“Syukur Tiada Akhir” menceritakan langkah demi langkah yang diambil oleh salah seorang pendiri Harian Kompas, Jakob Oetama dalam merintis Harian Kompas. Melalui buku ini, St. Sularto mengupas kisah hidup beliau secara rinci, mulai dari berkiprahnya dalam dunia jurnalistik hingga mencapai titik kesuksesan. Kesuksesan yang diraih beliau tentunya tidak terlepas dari tiga titik balik yang sangat menentukan, yakni keputusan dalam menandatangani surat permintaan maaf, memilih jurnalis sebagai panggilan hidup, serta kepergian P.K.Ojong selaku rekan pendiri Kompas secara mendadak. Melalui buku 660 halaman ini, St. Sularto memaparkan bagaimana Jakob Oetama mampu menanggapi titik balik serta masalah yang dihadapi dengan bijaksana, disiplin, konsisten, serta rendah hati.

 

Nah, itu dia lima buku inspiratif karya penulis Indonesia guys. Sayang rasanya jika kalian lewatkan inspirasi dalam buku tersebut begitu saja lho! Yuk, bacalah buku inspiratif dan niscaya kalian akan memperoleh pelajaran hidup yang sangat berharga. Akhir kata, selamat membaca guys!

 

Penulis : Ryan Sucipto

Editor : Editorial Kompas Corner UMN