Rayakan Hardiknas dengan 3 Cara Ala Mahasiswa

0
1376

SERPONG, KOMPAS CORNER — Tepat tanggal 2 Mei, seluruh masyarakat Indonesia bersuka cita menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Beraneka ragam cara dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam merayakan Hardiknas. Sebagian dari mereka ada yang merayakan Hardiknas dengan mengungkapkan makna pendidikan di media sosial. Tak sedikit pula dari mereka mengadakan kegiatan positif, seperti menyelenggarakan pagelaran seni, gerakan membaca buku, dan kegiatan positif lainnya dalam rangka memperingati Hardiknas. Nah, sebagai mahasiswa yang peduli dengan pendidikan nasional, ada baiknya kita mengabadikan momen Hardiknas dengan cara edukatif sederhana yang berdampak positif bagi lingkungan sekitar. Yuk, simak 3 cara sederhana berikut :

  1. Terapkan ilmu dalam kehidupan nyata

Sering kali mahasiswa cenderung keliru dan menganggap nilai atau IPK ialah suatu hal terpenting dalam perkuliahan. Tak jarang, kita melihat mahasiswa berjuang “mati-matian” agar tetap memiliki prestasi yang gemilang dan kerap kali mengukur kemampuannya berdasarkan nilai yang tertera semata. Memang, tak ada salahnya dengan mempertahankan nilai ataupun prestasi yang diraih. Namun, ada esensi lain dibalik ilmu yang kita pelajari selama masa perkuliahan berlangsung. Implementasi ilmu yang kita miliki dalam kehidupan nyata faktanya jauh lebih penting dibanding dengan mempelajarinya semata. Dengan mengimplementasikan ilmu yang dimiliki, kita juga mampu mengasah skill dan potensi yang ada di dalam diri dan mampu menyelesaikan segenap permasalahan dengan baik.

  1. Berbagi informasi positif yang terpercaya kepada khalayak luas

Memasuki era digital, semakin banyak informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Meskipun demikian, tidak semua informasi tersebut sesuai dengan fakta dan kenyataan yang ada lho! Sebagai mahasiswa terpelajar, tentu saja kita harus dapat membedakan antara informasi yang benar dengan yang tidak. Jangan sampai kita malah ikutan menyebarkan informasi hoax tersebut.

  1. Mengabdikan ilmu yang dimiliki

Setelah menimba ilmu di bangku kuliah, sayang beribu sayang jika ilmunya hanya disimpan untuk diri sendiri, bukan? Seperti apa yang diungkapkan dalam pepatah “Tidak seperti harta, ilmu tidak akan habis meskipun dibagi.” Untuk itu, sebagai mahasiswa yang cerdas, kita harus mampu mengabdikan ilmu yang dimiliki kepada masyarakat sekitar. Pengalaman, ilmu, pikiran, dan karya kalian juga bisa menjadi sumbangsih yang berharga bagi masyarakat sekitar lho!

Nah, itulah tiga hal yang dapat diamalkan sebagai mahasiswa untuk merayakan Hardiknas. Semoga saja dengan mengamalkan tiga hal tersebut, kita mampu berkontribusi secara optimal di bidang pendidikan. Diantara 3 cara tersebut, mana cara yang sudah kamu lakukan guys? Yuk, coba terapkan 3 cara diatas! Selamat Hari Pendidikan Nasional!

 

Penulis : Ryan Sucipto

Editor : Editorial Kompas Corner