Ilustrasi DEEP WEB

APA ITU DEEPWEB?

Deepweb/Deepnet/Invisible Web/Undernet/Hidden web yaitu, merujuk pada sebuah situs-situs yang tidak terindeks oleh mesin pencari standar seperti Google/Yahoo/Bing yang sering kita gunakan sehari-hari. Sehingga kita tidak dapat mencarinya pada mesin pencari tersebut. Hal tersebut karena situs-situs tersebut bersifat dinamis yang hanya akan terbentuk oleh pencari-pencarian spesifik.

Web yang biasa kita akses sehari-hari sebut saja seperti Google, Facebook, Twitter, Youtube dan lain sebagainya, dan yang kita lihat dari kaca mata diri kita menganggap internet yang kita gunakan itu sangat luas, padahal tidak! Internet yang kita gunakan hanya terdiri dari 4% dari total web yang ada. Jumlah itu pun sudah cukup besar sampai-sampai mustahil rasanya kita dapat melihat keseluruhan website yang ada. Sisanya ada 96% tidak terlihat oleh pengguna/invisible sehingga surfing dengan browswer normal hanya pada situs URL berakhir dengan ekstensi terkenal seperti .com .co.uk atau .gov yang dapat di indeks oleh mesin pencari.

Kenapa saat kita bermain internet, selama ini menyebutnya dengan Surfing di Internet?
“Jawabanya karena kita tidak bisa menyelami dan melihat isi dari Internet itu secara utuh, kita gambarkan sebuah laut yang sangat dalam, kita hanya bermain-main di atas nya saja. Maka dari itu sering kali kita sebut dengan Surfing.”

Namun 96% yang tidak dapat di akses itu nyata adanya dan hanya dapat di akses dengan browser khusus. Browsing di Internet yang kita sering lakukan dapat di bandingkan dengan menjaring ikan di permukaan laut, akan mendapat banyak ikan yang tertangkap di jaring, tetapi ikan yang berada di jauh di dalam laut tidak akan tertangkap. Kebanyakanmdari info yang terdapat di internet, terkubur sangat dalam dan mesin pencari web standar tidak dapat menemukanya.
“BAYANGKAN” yang biasa kita akses hanya 4% dari seluruh web yang ada di Internet (yang ada di google ataupun search engine lainnya) yang 96% belum pernah kita sentuh sama sekali.

5 Fakta dan Apa isi dari DEEPWEB ?

1. Silk Road
Marketplace terkenal dalam dunia deepweb. Mereka menjual banyak benda-benda ilegal, namun yang terutama adalah obat-obatan terlarang. Seperti Narkoba dll, Saking terkenalnya silk road, website ini dijuluki ebay nya deep web.

2. BitCoin
Bitcoin adalah alat pembayaran yang digunakan dalam tansaksi di deep web. Deep web adalah sebuah dunia internet yang mejadi sarang virus dan hacker sehingga informasi yang dikirimkan bisa dengan mudah di salah gunakan. Namun dengan bitcoin, hal ini bisa diminamalisir karena bitcoin sendiri dienskripsi sedemikian rupa sehingga sangat sulit untuk dilacak ataupun disalahgunakan. berbeda hal nya dengan credit card atau pun pembayaran melalui bank yang mudah dilacak. Apalagi, transaksi di deep web adalah transaksi produk/ jasa ilegal. Bitcoin adalah mata uang yang tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi global.

3. Rumah bagi Psikopat
Di deep web banyak sekali ditawarkan eksperimen-eksperimen gila terhadap manusia. Kebanyakan yang menjadi kelinci percobaan adalah orang -orang yang tidak mempunyai identitas jelas seperti pengemis, gelandangan, ataupun korban penculikan. Ada juga orang yang menawarkan gadis -gadis yang diambil dari jalanan atau oknum panti asuhan untuk dijadikan boneka sex.
Untuk prosesnya bagi takut dengan darah, lemah jantung, atau phobia mohon jangan dibaca : Tangan dan kaki diamputasi, mata dibutakan, bahkan gigi pun dicabut agar meminimalisir resiko sex doll ini melakukan perlawanan. Begitu gilanya DEEPWEB.

4. Recommended Seller
Seperti hal nya pada marketplace di normal web, di deep web anda juga bisa melihat reputasi dari seller serta kualitas produknya. Sehingga hal ini bisa meminimalisir penipuan pada transaksi di deep web. Bahkan beberapa orang berpendapat bahwa drugs ataupun senjata yang dijual di deep web lebih murah bila dibandingkan membeli offline. Hal ini juga berlaku untuk jasa, tarif pembunuh bayaran “hanya” sebesar USD 400.

5. Teori Konspirasi
Deep web juga merupakan surga bagi penggemar konspirasi teori karena seringkali para hacker membocorkan dokumen-dokumen rahasia negara sehingga banyak rahasia negara-negara besar yang terungkap dan menimbulkan goncangan bagi dunia. Di deep web lah banyak terdapat dokumen-dokumen rahasia yang disebarkan oleh hacker seperti Julian Assange ataupun Edward Snowden.

Bagaimana cara mengakses DEEPWEB?

Salah satu cara yang paling mudah dan aman untuk mengakses deep web adalah dengan menggunakan Tor Browser Bunde, tetapi anda harus memiliki kecepatan akses internet yang lebih dari cukup (lebih cepat) karena Deep memiliki beberapa “lapisan-lapisan pengaman”.

Menurut para ahli, sebagian besar konten deep web berisi tentang database-database dari hasil penelitian/riset yang dilakukan oleh lembaga-lembaga akademis dan lembaga-lembaga pemerintahan serta situs-situs pribadi. Ini mungkin salah satu penyebab “hidden” nya situs-situs pada deep web karena memang bukan untuk konsumsi umum.
Mitosnya ada bagian dari deep web ini yang sangat-sangat dalam, sehingga diperlukan cara-cara khusus serta hanya orang-orang tertentu yang dapet mengaksesnya, yang dinamakan Marianas web (dari palung mariana, titik terdalam di bumi). Isi dari situs-situs mariana trench konon adalah data-data yang paling rahasia dari umat manusia.

Untuk sangat di sarankan jangan sekali-sekali mengakses atau mencoba masuk Deepweb mengunakan laptop atau PC biasa seperti yang kita punya, karena saat anda mengaksesnya tidak lain kemungkinan laptop yang anda gunakan akan rusak seketika atau mengre-instal sendiri dan kehilangan data-data penting kalian.

Sumber : Di ambil dari beberapa sumber blogger dan website dan telah di modifikasi serta pengalaman pribadi
mempelajari DEEPWEB.

http://deep.web.unej.ac.id/
http://www.sukasukanews.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Deep_Web