5 Macam Minuman Tradisional Dari Jawa yang Berkhasiat

0
4265

Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam, dan itu tak hanya mencakup masakannya saja. Minuman pun juga termasuk dalam pusaka kuliner Indonesia, dan di negara ini, ada banyak minuman tradisional yang patut untuk Anda kenali. Tak hanya lezat untuk dinikmati, banyak minuman tersebut juga mempunyai khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Khasiat tersebut didapat tentunya dari berbagai macam ramuan rempah-rempah yang banyak dijumpai di negeri ini. Dari jahe hingga umbi-umbian, minuman alami tradisional ini sudah sepantasnya untuk dijaga agar selalu lestari, sehingga generasi muda tetap mampu mendapatkan manfaatnya. Beruntung, sekarang ini sudah mulai banyak orang yang melakukan gerakan untuk menemukan kembali kekayaan kuliner Indonesia tersebut.

Beberapa jenis minuman yang mempunyai manfaat kesehatan tersebut misalnya saja adalah:

  1. Wedang jahe

Minuman berbahan dasar jahe dari Jawa ini bisa membantu dalam menurunkan kolesterol, mencegah stroke, dan juga menjaga agar jantung tetap sehat. Paling nikmat diminum ketika hujan, atau ketika sedang sakit flu.

  1. Wedang ronde

Terdiri dari kuah wedang jahe, bola-bola ketan berisi kacang, dan juga kacang taburan, wedang ini sangat enak dinikmati panas-panas saat tubuh sedang kurang sehat.

  1. Bandrek

Minuman dari Jawa Barat yang bisa menghangatkan tubuh dengan sangat efektif. Bahannya yang terdiri dari kayu manis, cengkeh, pandan, serai, dan juga gula serta garam memberikan segudang manfaat bagi yang meminumnya.

  1. Bajigur

Masih dari Jawa Barat, minuman ini berasal dari santan, garam, jahe, dan gula aren, ditambah kolang-kaling. Paling enak diminum panas-panas di cuaca yang dingin.

  1. STMJ

Singkatan dari susu, telur, madu, serta jahe yang sering dijual di angkringan atau warung-warung, dan sangat khas Indonesia. Minuman ini bisa mengembalikan tenaga yang hilang, membuat badan hangat, dan juga menambah imunitas.

Masih banyak lagi minuman tradisional khas dari Indonesia yang mengandung macam-macam manfaat kesehatan. Anda akan menemukannya di setiap daerah, yang semuanya patut dicoba. Namun kalau Anda ingin yang simpel, seduh saja teh bersama dengan minuman diatas. Seduh teh Sariwangi di sore hari bersama dengan keluarga Anda, dan nikmati kebersamaannya.