4 Ide Recycle Barang Bekas Untuk Jadi Lampu Gantung Di Rumah

0
2923

Mempunyai hiasan hanging light di ruangan di rumah bisa menambah keindahan rumah itu sendiri. Bentuknya pun bisa bermacam-macam, dari yang bulat sampai dengan bentuk-bentuk unik geometris. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di pasaran, atau dengan memesan khusus di tempat yang mengurus desain interior seperti di APH Home Décor. Atau Anda bisa mencoba alternatif lain seperti membuatnya sendiri.

Hanging lamp DIY alias Do It Yourself sudah sangat sering dilakukan di luar negeri. Selain lebih murah, lampu-lampu gantung buatan sendiri ini juga membantu untuk mengurangi sampah-sampah yang ada di dalam rumah. Ya, buat Anda yang kreatif, lampu gantung yang bentuknya cantik tidak harus merupakan lampu yang baru. Cukup bermodalkan lampu LED dan kap-kap lampu buatan sendiri.

Ada banyak cara untuk memanfaatkan barang-barang bekas maupun sisa plastik dan botol yang ada di rumah untuk dijadikan hiasan seperti lampu gantung tersebut. Berikut adalah contoh-contohnya :

1. Lampu Gantung Dari Kertas

Manfaatkan kertas-kertas bekas tebal dan berwarna-warni (atau Anda bisa menempel beberapa lembar kertas tipis jadi satu sehingga tebal) untuk kap lampu. Praktis, unik, dan ramah lingkungan.

2. Lampu Dari Botol

Punya banyak botol sirup yang tak terpakai? Sulap jadi chandelier cantik yang tak kalah daripada chandelier di toko-toko. Potong tipis bagian bawah botol, pasang kabel listrik, dan jadilah lampunya.

3. Lampu Dari Gelas Plastik

Ini juga salah satu cara daur ulang yang gampang. Anda bisa melapisi gelas plastik bening dengan kertas kado atau warna-warni, lubangi bagian dasarnya, dan pasangi kabel dan lampu, jadi sudah.

4. Lampu Dari Mason Jar

Mason jar tidak hanya populer untuk toples kue-kue kering, tapi juga bisa Anda pakai untuk jadi kap lampu yang cantik dan unik.

Masih banyak lagi barang yang bisa Anda sulap menjadi hanging light DIY yang unik dan lucu-lucu. Anda bisa memanfaatkan globe yang sudah rusak sebagai tudung, atau rotan maupun bambu anyaman yang bisa menjadi kap lampu layaknya lampu di toko-toko modern. Anda juga bisa mendiskusikannya dengan para ahli interior di APH Home Décor.