Dari Golden Globe Meneropong Oscar

0
1205

Leonardo DiCaprio dan Matt Damon menerima penghargaan Golden Globe 2016 sebagai aktor terbaik, masing-masing untuk kategori film drama dan film komedi/ musikal. Aktor terbaik Golden Globe merebut perhatian karena memicu prediksi Oscar.

Golden Globe 2016 diumumkan dan diserahkan pada perhelatan di Beverly Hills, California, Amerika Serikat, Minggu (10/1) atau Senin siang waktu Jakarta. Pada ajang ini, The Revenant menjadi penerima penghargaan film drama terbaik, sedangkan The Martian menjadi film terbaik untuk kategori komedi atau musikal.

The Revenant mengantar penghargaan Golden Globe bagi Leonardo DiCaprio (41) sebagai aktor terbaik untuk kategori film drama, sedangkan The Martian menampilkan Matt Damon sebagai aktor terbaik untuk kategori komedi atau musikal.

The Revenant yang berlatar era 1820-an mengangkat kisah perjuangan Hugh Glass—diperankan DiCaprio—untuk bertahan hidup dan membalas dendam setelah terluka diserang beruang dalam sebuah ekspedisi. Melalui film ini, penghargaan Golden Globe diberikan kepada Alejandro G Inarritu sebagai sutradara terbaik. Tahun 2015, Inarritu juga menyabet Golden Globe sekaligus penghargaan Oscar untuk penyutradaraan lewat film garapannya, Birdman.

Paling sulit

DiCaprio, seperti dikutip Variety.com, mengatakan, The Revenant adalah film paling sulit yang pernah diperankannya. Hal itu, antara lain, karena pengambilan gambar banyak dilakukan di alam terbuka dengan temperatur di bawah titik beku. Kerja keras itu merupakan bentuk komitmen Inarritu dan segenap kru film ini untuk menghadirkan lingkungan dan membangun karakter yang paling mendekati otentik.

Tentang kondisi pembuatan film yang berat itu, ia berujar, ”Kesakitan itu sementara, tetapi sebuah film bisa (bertahan) selamanya. Jadi, tak apalah!”

Film The Martian yang digarap sutradara Ridley Scott juga berkisah tentang perjuangan bertahan hidup seorang astronot yang tertinggal di Planet Mars.

Akan tetapi, penghargaan Golden Globe yang diterima The Martian untuk kategori film komedi atau musikal juga menimbulkan pertanyaan. Film ini tidak dimasukkan dalam kategori komedi ataupun musikal. The New York Times mencatat isyarat ”kebingungan” yang disampaikan sang sutradara, Ridley Scott, saat menerima penghargaan itu di atas panggung.

Golden Globe 2016 juga diberikan kepada Brie Larson sebagai pemeran utama wanita terbaik kategori drama melalui film Room dan Jennifer Lawrence sebagai pemeran utama wanita terbaik kategori komedi atau musikal lewat film Joy.Aktor Sylvester Stallone juga menerima Golden Globe sebagai aktor pendukung terbaik melalui karakter lama Rocky yang dihadirkan lagi di film Creed.

Golden Globe diberikan atas dasar penilaian bersama oleh 83 anggota Hollywood Foreign Press Association yang kebanyakan merupakan jurnalis di bidang perfilman. Golden Globe juga diberikan sebagai penghargaan untuk seri drama di televisi dan seri komedi atau musikal televisi.

Prediksi

Golden Globe kerap menjadi salah satu ”metode” memprediksi perolehan penghargaan Oscar atau disebut juga Academy Awards. Namun, Oscar tidak membedakan penghargaan film terbaik dan penghargaan bidang akting berdasarkan kategori drama dan musikal/komedi. Karena itu, diperkirakan Matt Damon dan Leonardo DiCaprio akan bersaing memperebutkan satu penghargaan yang sama, pemeran utama pria terbaik, di ajang Oscar mendatang.

Tentu dengan catatan DiCaprio dan Matt Damon sama-sama masuk dalam nominasi penerima penghargaan Oscar. Nominasi Oscar baru akan diumumkan Kamis mendatang. Perhelatan penyerahan penghargaan itu sendiri baru akan digelar pada Februari.

Bagi DiCaprio, penghargaan ini adalah Golden Globe ketiga yang ia bawa pulang untuk predikat sebagai aktor terbaik. Sementara bagi Matt Damon (45), ini merupakan Golden Globe pertama dalam kepiawaian akting. Sebelumnya, pada 1998, Matt Damon menerima Golden Globe untuk penulisan skenario film Good Will Hunting bersama Ben Affleck.

Keberadaan DiCaprio dalam daftar penerima Golden Globe meramaikan prediksi Oscar. Pasalnya, aktor yang sudah menggaet banyak penggemar sejak menjadi bintang remaja—antara lain lewat serial Growing Pains (1991-1992), Romeo + Juliet (1996), dan Titanic (1997)—ini sudah empat kali menjadi nomine Oscar sebagai aktor.

DiCaprio juga dikenal dengan kekuatan akting dalam keragaman genre film dan spektrum karakter. Terlebih lagi aktor ini sudah tercatat masuk dalam nominasi Oscar selama lebih dari 20 tahun sejak pertama kali menjadi nomine melalui What’s Eating Gilbert Grape (1994). Berikutnya, DiCaprio kembali menjadi nomine Oscar melalui The Aviator (2005), Blood Diamond (2007), dan The Wolf of Wall Street (2014).

Sementara Matt Damon dua kali tercatat sebagai nomine Oscar dalam bidang akting melaluiGood Will Hunting (1997) dan Invictus (2009). Good Will Hunting juga mengantar penghargaan Oscar bagi Matt Damon bersama Ben Affleck untuk kategori penulisan skenario.

Begitulah, calon penerima penghargaan Oscar sudah diteropong sejak penyerahan penghargaan Golden Globe. Apakah DiCaprio akan kecewa lagi?