”Panas” di Tunggal Putri

0
1035

Serena Williams dan Maria Sharapova Siap Tampil

Persaingan di tunggal putri turnamen tenis Grand Slam Australia Terbuka, 18-31 Januari, dipastikan ”panas”, sepanas cuaca di Melbourne. Petenis nomor satu dunia, Serena Williams, dan Maria Sharapova menyatakan fit dan siap bersaing membawa pulang gelar juara.

Kedua petenis itu terganggu cedera dalam persiapan tampil di Melbourne Park. Serena mundur dari kejuaraan beregu campuran Piala Hopman di Perth, 3-9 Januari, akibat cedera lutut. Petenis Amerika Serikat yang meraih tiga gelar Grand Slam, yakni Australia Terbuka, Perancis Terbuka, dan Wimbledon, pada musim 201 5ini kembali diunggulkan di tempat teratas.

Adapun Sharapova membatalkan keikutsertaannya pada turnamen di Brisbane, 4-10 Januari, karena cedera lengan.

Kepastian bakal tampilnya Serena sekaligus meredam kekhawatiran pendukungnya. ”Sekarang tubuh saya terasa sehat. Saya memang punya kendala, tetapi sudah teratasi dan saya memulainya dengan jauh lebih baik,” kata Serena di Melbourne, Rabu (13/1).

Serena menjadi salah satu dari petenis top yang telah tiba di Melbourne. Mereka umumnya telah berlatih di tengah suhu udara 40-an derajat Celsius sejak awal pekan ini. Video di situs resmi turnamen memperlihatkan latihan yang dijalani Serena, Sharapova, Novak Djokovic, Andy Murray, dan Rafael Nadal.

Petenis berusia 34 tahun ini menambahkan, dirinya telah berlatih keras dalam beberapa hari terakhir sehingga kondisi fisiknya jauh membaik. ”Saya tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang saya inginkan. Tujuan saya adalah memenangi lagi turnamen besar ini,” ucap Serena, yang telah enam kali menjuarai Australia Terbuka.

Jika juara, Serena akan memiliki 22 gelar Grand Slam, sama seperti jumlah gelar yang dimiliki Steffi Graf. Ini menjadi jumlah gelar juara terbanyak di tunggal putri. Serena mulai mengumpulkan trofi juara Australia Terbuka pada 2003. Sementara pada musim 2015, dia menjadi kampiun setelah mengalahkan Sharapova di final.

Musim lalu, Serena juga nyaris mencetak sejarah dengan meraup semua gelar Grand Slam. Sayangnya, adik kandung Venus Williams ini tersandung di negaranya sendiri. Serena ditaklukkan petenis Italia, Roberta Vinci, di babak semifinal Amerika Serikat Terbuka.

Kebahagiaan Sharapova

Pendukung Sharapova juga mendapatkan kabar gembira. Sang idola menyatakan dalam kondisi fit dan siap tampil di Melbourne. Kebahagiaan Sharapova jelang Australia Terbuka juga dibagikan kepada penggemarnya lewat media sosial.

Dalam beberapa tweet-nya, Sharapova memamerkan mobil barunya. Dia juga ”berkicau” saat baru turun dari pesawat jet pribadi. Terakhir, Sharapova memperlihatkan produk minuman air mineral yang mensponsorinya.

Akibat tidak tampil dalam turnamen pemanasan, Sharapova berlatih lebih awal di Melbourne dibandingkan tahun lalu. ”Sangat tidak menyenangkan jika tidak bisa tampil karena sakit atau cedera. Akan tetapi, semuanya sudah berlalu. Saya sudah berlatih dalam tiga hari terakhir ini. Semoga saya bisa mengembalikan kebugaran untuk bisa bersaing dengan pemain lain,” kata Sharapova, yang juga absen di Amerika Serikat Terbuka 2015.

Selain Serena dan Sharapova, bintang lain yang terganggu cedera adalah Simona Halep dan Garbine Muguruza. Namun, Halep telah pulih dan tampil di turnamen Sydney International. Sementara Muguruza masih istirahat.

”Saya pikir semua petenis harus bisa melihat gambaran besar dari perjalanan karier profesional mereka. Kadang kita menginginkan sesuatu, tetapi tidak bisa diwujudkan karena sakit atau cedera,” ujar Sharapova.

Sharapova juga merasa lebih rileks dalam persiapannya kali ini. Dia menyempatkan diri mengendarai mobil Porsche 911 Carrera di jalanan Melbourne. Sharapova, petenis yang berpenghasilan lebih besar dari sponsor dibandingkan dari turnamen, menjadi duta bagi mobil pabrikan asal Jerman itu.

Sharapova juga pernah memamerkan mobil Porsche lainnya di Singapura 2015. ”Saya hanya berusaha menikmati hari-hari sebelum pertandingan,” ujarnya.

(AP/AFP/OTW)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 14 Januari 2016, di halaman 29 dalam rubrik “ ”Panas” di Tunggal Putri ”