Jazz Sangat Berarti

0
92

 

 

Foto: Berlliant Banyubiru Siswoyo

Festival musik jazz terbesar di Indonesia, Jakarta International BNI Java Jazz Festival  diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran mulai Jumat (24/5/2024) – Minggu (26/5/2024). Festival ini memikat para penikmat jazz menghadiri JJF untuk menyaksikan penampilan musisi yang mereka tunggu-tunggu.

Bagi penikmatnya, musik jazz memiliki memorial penting. Musik jazz mampu berperan penting dalam kehidupan tiap individu dari berbagai kalangan.

Java Jazz Festival (JJF) tahun ini menampilkan sejumlah musisi ternama Tanah Air. Pada Sabtu (25/5), di antaranya tampil Fariz RM dan Marcello Tahitoe (Ello).

Menurut Fariz RM, yang membedakan JJF kali ini dengan JJF tahun-tahun sebelumnya adalah jumlah penampilan musisi nasional yang semakin banyak. Mereka juga piawai membawakan musik bergenre jazz.

Bagi Fariz, musik jazz berpengaruh banyak dalam karir bermusiknya sebagai solis maupun sebagai player. “Mungkin karena suka improvisasi, gitu ya. Basically, aku seorang solis sama player. Jadi buat aku, seperti musik-musik lainnya, mereka memberi influence yang banyak” ungkap Fariz.

Ia pun menuturkan pandangannya mengenai peran jazz terhadap lanskap musik saat ini. Menurutnya, sudah sepatutnya memperhatikan regulasi di mana para musisi berhak atas hak-hak akan karya-karya mereka.

“Mungkin perlu digunakan itu regulasi. Masih banyak pemusik, bahkan yang terkenal sekali pun, yang belum menetapkan hak atas prestasi berkaryanya dia,” tutur Fariz.

Foto: Berlliant Banyubiru Siswoyo

Ello mengungkapkan hal serupa. Selaku musisi Ello mengatakan, musik jazz berperan penting dalam caranya bermusik sama halnya aliran musik lainnya. Ini, ujarnya, dibuktikan melalui album pertamanya.

“Jadi lebih ke semuanya. Tapi jazz jadi salah satu yang lumayan memengaruhi musik saya juga. Apalagi album pertama saya. Banyak teman juga sangat terpengaruh musik jazz” tutur Ello.

                                                   

Foto: Berlliant Banyubiru Siswoyo

Jazz bahkan tidak hanya berperan penting bagi musisi yang menciptakan karya-karya yang apik. Jaa juga berperan penting bagi penikmatnya.

Amel, mahasiswi tingkat akhir mengatakan, jazz berguna untuk menghibur diri di kala letih akan tugas. “Karena aku mahasiswa akhir, (musik jazz) buat nemenin aku banget saat kita lagi skripsian” tutur Amel.

Sementara bagi Devina yang hadir dari Tebet, Jakarta Selatan, musik jazz berperan penting dalam menemaninya mengerjakan tugas akhir skripsi.

Gimana dengan kamu?

 

Penulis: Nadira Kanza, Volunteer KOMPAS untuk BNI Java Jazz Festival 2024, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Fotografer: Berlliant Banyubiru Sisworo, Volunteer KOMPAS untuk BNI Java Jazz Festival 2024, Unversitas Padjajaran.