Antusiasme Penggemar di Hari Kedua Java Jazz Festival 2024

0
135
Fotografer: Berlliant Banyubiru Siswoyo

Langit Jakarta pada Sabtu (25/5/2024) memang terlihat suram dan nyaris mendung karena cuaca hujan. Namun hal itu tidak menyurutkan antusiasme penonton BNI Java Jazz Festival (JJF) 2024 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran.

Penonton remaja hingga dewasa turut meramaikan gelaran kedua JJF, demi menyaksikan penampilan artis favorit mereka. Melalui wawancara dengan para penggemar, tim Kompas Muda menggali cerita dari penonton JJF dengan latar belakang yang berbeda.

Pasangan bernama Yuri dan Tanti dari Jakarta Selatan menceritakan pengalaman mereka sebagai penonton setia JJF sejak tahun 2005 hingga tahun 2024. “Java Jazz awal itu dihadiri oleh musisi-musisi dari luar dan memang punya nama besar ya. Tapi makin lama makin ke sini ya makin muda (musisinya), yang kadang-kadang bahkan kita nggak tahu. Soalnya kita angkatannya juga udah beda, generasinya juga udah beda,” ungkap Yuri.

Berbicara soal musisi yang paling ditunggu di hari itu, Tanti mengatakan belum ada target spesifik lantaran keinginannya hanya untuk bersenang-senang di malam Minggu. “Soalnya buat kita ya senang-senang aja karena suka musik. Jadi ya kita senang-senang aja entah siapa musisinya,” ucap Tanti.

 

Fotografer: Berlliant Banyubiru Siswoyo

 

Lain halnya dengan Rani, Shafira, dan Rigel, tiga remaja penggemar musisi internasional yang akhir-akhir ini tengah naik daun, yakni Laufey. Ketignya bercerita kepada tim Kompas Muda perihal pengalaman pertama mereka datang ke JJJF demi menyaksikan penampilan menawan penyanyi asal Islandia itu di panggung. Mereka tidak menyangka akan ada banyak booth dan panggung di JJF.

Rani menjelaskan tentang nuansa khusus yang muncul dari para penggemar Laufey  sehingga bisa dikatakan paling menonjol di antara pengunjung JJF yang lain. Salah satunya soal antusiasme mereka seperti yang ditunjukkan Rigel, penggemar Laufey yang datang dari Jakarta Barat. Rigel mengungkapkan bahwa antusiasmenya sangat besar sehingga ia tidak sabar menunggu musisi favoritnya itu segera tampil.

Selain artis internasional ternama seperti Laufey yang menarik perhatian kawula muda, Java Jazz Festival tahun ini juga memboyong band HiVi! yang beranggotakan Febrian Nindyo, Ilham Aditama, dan Neida Aleida. Ara, penonton yang berasal dari Pondok Labu, mengatakan lagu “Kereta Kencan” dan “Siapkah Kau ‘tuk Jatuh Cinta” adalah lagu favoritnya dan ingin mendengarnya langsung di panggung JJF malam itu.

Para penggemar musik ini berharap, di masa depan JJF akan tetap ada. Dan tentunya juga terus menghadirkan lebih banyak musisi ternama untuk tampil di Jakarta.

 

Fotografer: Berlliant Banyubiru Siswoyo

 

Penulis: Sarah Khansa Alexandra, Volunter untuk BNI Java Jazz Festival 2024, mahasiswa Universitas Indonesia.

Fotografer: Berlliant Banyubiru Siswoyo, Volunter untuk BNI Java Jazz Festival 2024, mahasiswa Universitas Padjajaran.