Unjuk Cinta untuk Idola di SMTOWN LIVE 2023

0
265

Kecintaan penggemar terhadap para idolanya bisa ditunjukkan melalui banyak hal. Ada yang dengan menonton setiap konser sang idola, ada pula dengan memanfaatkan internet untuk melakukan streaming video musik di platform digital.

Tidak sedikit pula kelompok penggemar ikut merayakan ulang tahun idola dengan meriah. Cara yang mereka lakukan, seperti memasang iklan di sepanjang minggu ulang tahun atau sekadar menaikkan tagar yang menghiasi sosial media sepanjang hari ulang tahun. Keloyalan para penggemar tersebut tidak hanya semata-mata karena menyukai musik serta penampilan si idola, tapi juga karena kepribadian idola itu sendiri. 

Hal ini seperti yang dirasakan oleh Silmy (23) dan Adinda (22) yang datang ke SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @ JAKARTA, Sabtu (23/09/2023). Bergabung ke dalam barisan NTCzen – sebutan bagi kelompok penggemar boy group NCT– keduanya mengaku bangga akan kepedulian sang idola pada isu sosial, salah satunya adalah pendidikan. 

“Pernah waktu itu, Jeno dan Jaemin (anggota boy group NCT Dream), datang ke Indonesia mengunjungi Bantargebang, Bekasi. Di sana mereka membantu anak namanya Pudori dan Slamet,” ujar Silmy ketika diwawancara pada Sabtu (23/09) di Jakarta.

Menurut Silmy, kedua idol  ikut membantu kegiatan Pudori dan Slamet sehari-hari selama masa kunjungan mereka dengan melakukan aktivitas membantu orang tua dua anak di Bantargebang, sehingga menjadi tantangan ikut kegiatan pendidikan sebagaimana mestinya.

Tidak berhenti di situ, Jeno dan Jaemin juga tetap menjaga hubungan selepas kunjungannya ke Bantargebang. Tindakan keduanya mendorong para penggemar untuk ikut membantu Pudori dan Slamet. 

Sekelompok penggemar berkumpul sebelum masuk ke dalam area konser SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @ JAKARTA, Sabtu (23/09/2023). Foto : Calandra Divina D

Fans NCT juga pernah menyumbang dana untuk Pudori dan Slamet. Menurut aku, idol-idol SM bukan hanya menjadi artis, tapi juga menjadi motivator untuk para penggemar agar lebih peduli dengan isu-isu sosial seperti pendidikan,” ucap Adinda pada Sabtu (23/09). 

Perasaan serupa juga dirasakan oleh Euis (20) yang penggemar dari boy group EXO atau biasa dikenal dengan EXO-L. Meskipun belum bisa ikut tampil dalam SMTOWN kali ini, Euis tetap antusias menonton dan mengaku bahwa boy group yang ia sukai ini memengaruhi dirinya untuk lebih peduli akan isu pendidikan. 

“Aku tuh salut banget sama Suho (anggota boy group EXO), karena dia sebagai leader grup, tetap memprioritaskan kegiatan di bidang pendidikan. Ia menjadi pembicara di seminar universitas walaupun ada kesibukan sebagai artis,” ujar Euis memberi contoh.

Ia mengaku jadi ikut termotivasi untuk aktif dalam dunia pendidikan karena Suho dan artis-artis SM Entertainment berkecimpung dalam kegiatan-kegiatan sosial seperti Siwon anggota boy group Super Junior dan Irene anggota girl group Red Velvet. 

Para penggemar memasuki area Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk menonton SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @ JAKARTA, Sabtu (23/09/2023). Foto : Putri Nurdivi D

Melegenda

Kesetiaan para penggemar bisa dilihat di konser besar SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @ JAKARTA yang diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Para penggemar berbondong-bondong menonton konser yang menghadirkan sejumlah artis dari SM Entertainment. Para artis mulai dari yang baru saja debut seperti RIIZE hingga boy group yang sudah memiliki jam terbang di atas rata-rata seperti TVXQ!. 

Selama acara, para penonton tampak meramaikan setiap panggung yang ada meskipun mereka datang dari kelompok penggemar yang berbeda. Salah keduanya adalah Vanny (31) dan Richard (24), dengan masing-masing membawa lightstick “milik” boy group Super Junior dan girl group AESPA.

Menjadi SMTOWN pertama, keduanya mengaku senang dan sangat terkesan dengan semua penampilan artis SM pada konser besar tersebut. 

“Boy group” Super Junior ketika melakukan “ment” (sesi berbicara) dengan para penonton SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @ JAKARTA, Sabtu (23/09/2023). Foto : Putri Nurdivi D

“Kami penggemar old generation, ikut dari era-era Super Junior dan Girls Generation. Walaupun begitu, konser ini tetap one of the best sih, SM gak pernah mengecewakan,” kata Vanny yang diwawancara usai konser. 

Hal itu disetujui Richard yang mengaku tetap menikmati semua penampilan artis di SMTOWN dan membuatnya banyak eksplor lagu-lagu baru dari para artis. “Keren banget sih lagu-lagu dari group yang baru, tapi memang belum hafal kecuali lagu-lagu AESPA. Kalau ini sih, semuanya hafal di luar kepala,” ucap Richard.

Perhelatan konser ini juga membekas di hati para penggemar, salah satunya Vania (17). Ia merasakan euforia karena selain menghadirkan artis-artis yang ia suka, konser itu juga diadakan di sebuah stadion besar sehingga menjadi pengalaman yang benar-benar spesial dengan panggung, tata lampu, dan visual yang disuguhkan oleh SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @ JAKARTA. 

Memorable dan good strategy dari SM Entertainment untuk memperkenalkan kembali secara langsung deretan artis-artisnya di SMTOWN kepada penggemar Indonesia setelah 12 tahun,” ujar Vania. Selama konser, ia merasa sangat bahagia sebab bisa menonton langsung boy group yang menemani masa-masa sekolah dasarnya seperti Super Junior, TVXQ!, dan Red Velvet. 

Foto bersama keluarga SMTOWN dengan penonton SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @ JAKARTA, Sabtu (23/09/2023) di Stadion Utama Gelora Bung Karno jakarta. Foto : Calandra Divina D

“Mereka semua iconic. Terlepas dari fandomku, aku tetap hafal lagu-lagu mereka (Super Junior, TVXQ!, dan Red Velvet). Apalagi Super Junior dan TVXQ!. Kaget banget karena energi dan kualitas penampilan mereka selalu konsisten dari aku SD sampai sekarang kuliah, karismanya tetap memukau,” cerita Vania. 

Sepanjang konser pun, teriakan penggemar tidak pernah berhenti, dan semakin memanas setiap lagu-lagu artis legend itu diperdengarkan. Meskipun umur kian menua, energi Super Junior dan TVXQ! tetap mampu membakar panggung SMTOWN yang kali ini menjadi pelengkap jajaran penampil SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @ JAKARTA. 

 

Calandra Divina Djamil, Volunter untuk SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @ JAKARTA, Mahasiswa Universitas Malaya