Eternitar SMA Tarakanita 1, Jembatan Persahabatan Siswa Se Jabodetabek

0
1062

Kalau ada yang pernah mengatakan: anak SMA bisa apa? Mungkin sekali waktu perlu hadir di acara yang dibuat oleh anak SMA. Tarq Cup, sebuah acara tahunan SMA Tarakanita 1, Jakarta Selatan.

Setiap tahun Tarq Cup diselenggarakan dengan tema yang berbeda-beda. Tahun ini tema yang diusung adalah Eternitar 2023: “Down the Rabbit Hole and Into a New World”.

Penampilan eskul teater SMA Tarakanita 1 Jakarta pada pembukaan Tarq Cup bertema “Eternitar 2023: Down the Rabbit Hole and Into a New World” di Jalan Pulo Raya, Jakarta Selatan pada Sabtu, 11 September 2023. Foto : Dok. SMA Tarakanita 1

Para penonton yang hadir pada acara puncak atau penutupan pada Sabtu, 16 September 2023 lalu pasti tak nyangka dengan acara yang begitu meriah, heboh dan keren garapan pelajar SMA, tanpa ada campur tangan event organizer (EO) sama sekali.

Tarq Cup bukan sekadar kegiatan intern yang hanya diikuti oleh para pelajar SMA khusus putri ini, tapi melibatkan sekolah lain dari kawasan Jabodetabek. Sebanyak 107 sekolah, SMP, SMA juga SMK di wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi juga Tangerang, yang ikut serta dalam acara Tarq Cup.

Para siswa SMA Tarakanita 1 Jakarta tampil di puncak acara Tarq Cup 2023 SMA Tarakanita 1 di Jl Pulo Raya, Jakarta Selatan pada Sabtu, 16 September 2023. Foto : Dok. SMA Tarakanita 1

Beragam lomba diselenggarakan sepanjang acara Tarq Cup yang berlangsung selama 12 hari. Ada lomba fotografi, futsal, tari modern, basket, lomba pidato, base ball, debat, menyanyi solo, hingga cosplay.

Antusiasme ratusan sekolah di seputaran Jabodetabek di acara Tarq Cup, membuat SMA Tarakanita 1 berhasil menjalin persahabatan dengan sekolah-sekolah lain. Dan secara tidak langsung juga sudah menjadi jembatan dari banyak siswa beragam sekolah, yang semula tidak saling mengenal, menjadi bisa bertemu langsung dan menjalin pertemanan.

Penyerahan piala dan sertifikat kepada peserta lomba antar sekolah yang diselenggarakan di Tarq Cup. Sabtu, 16 September 2023. Foto : Dok. SMA Tarakanita 1

Menariknya, mereka bertemu dalam sebuah kegiatan yang kompetitif namun kental dengan nuansa persahabatan.

Pada puncak acara Tarq Cup, panitia membuat pangggung megah di pelataran SMA yang berlokasi di jalan Pulo Raya, Jakarta Selatan itu.

Sementara di seberang panggung utama, berdiri beberapa tenda tenant yang menjual beragam camilan, minuman, ice cream hingga aksesoris.

Kepala Sub Kesiswaan Yayasan Tarakanita, Thomas Pramanto Hadi di puncak acara Tarq Cup SMA Tarakanita 1 Jakarta 2023 di Jl Pulo Raya, Jakarta Selatan pada Sabtu, 16 September 2023. Foto : Dok. SMA Tarakanita 1


Ciri khas siswi SMA Tarakanita 1 sudah terlihat dari pintu masuk acara. Seluruh panitia mengenakan seragam kaos warna hitam yang di bagian punggungnya tercantum beragam logo sponsor, lengkap dengan tanda panitia yang keren.

Meski berseragam, namun mereka tetap tampil modis. Kaos hitam mereka padukan dengan celana jeans atau celana kain warna polos dengan model kekinian, menunjukkan kecerian mereka sebagai remaja.

Cekatan, pede, ramah dan sopan kepada udangan, adalah kesan yang tergambar pada para panitia, terutama saat acara puncak yang berlangsung sejak siang hingga malam hari.

Penampilan penyanyi Kaminaldi di puncak acara Tarq Cup 2023 SMA Tarakanita 1 Jakarta di Jl Pulo Raya, Jakarta Selatan pada Sabtu (16/9/2023). Foto : Dok. SMA Tarakanita 1

Panggung menampilkan Diskoria yang membuat penonton yang memadati area festival depan panggung tidak berhenti bergoyang. Lagu-lagu nostalgia khas SMA membuat semua penonton larut dalam suasana pesta khas remaja.

Suasana makin seru ketika penyanyi Kaminaldi hadir dengan melantunkan beberapa cover dan singlenya. Penonton yang mayoritas cewek berteriak histeris ketika biduan berkacamata itu mengajak selfie para penonton dari arah panggung.

Puncak acara ditutup dengan pidato pendek pihak sekolah. Seluruh panitia pun saling peluk dan memberi selamat satu sama lain, karena seluruh rangkaian acara Eternitar 2023 sudah berlangsung sukses, lancar dan aman.

Tim peliput :

– Prilly Mariagrace Adinugroho, SMA. Tarakanita 1 Pulo Raya
– Kayla Aurel Ramaniya, SMA. Tarakanita 1 Pulo Raya
– Mary Gabrielle Witajan, SMA. Tarakanita 1 Pulo Raya
– Lidwina Suranari, SMA. Tarakanita 1 Pulo Raya
– Keiko Vexia Oneis, SMA. Tarakanita 1 Pulo Raya
– Emily Stephanie Putri, SMA. Tarakanita 1 Pulo Raya