Lagu Centil Memberi Warna Synchronize Fest 2023

0
206

Hari ketiga di event Synchronize fest 2023, Gambir Expo, Jakarta, Minggu (3/9/2023) malam, berlangsung meriah dengan penampilan yang paling ditunggu-tunggu oleh penggemar musik tanah air. Pasalnya, Republik Cinta Management yang dipimpin oleh Ahmad Dhani, memeriahkan malam itu dengan penampilan yang memukau. Penampilan ini tidak hanya membawa musik, tetapi juga membawa penonton untuk melintasi masa lalu.

Republik Cinta Management atau ‘RCM’ membawa para musisi terbaik mereka untuk memeriahkan acara ini di antaranya adalah Mahadewi, Mulan Jameela, dan T.R.I.A.D.

“Yang paling ditunggu sih lagu-lagu centil dari Mulan Jameela sama Mahadewi,” kata Wina pada saat di wawancarai oleh tim Kompas Muda, Minggu (3/9/2023) malam.

Istilah “centil” dalam musik merujuk pada lagu-lagu yang memiliki lirik atau nuansa yang menggoda secara halus dalam konteks musik.

Penampilan ‘Mahadewi’ di Synchronize Fest 2023, Minggu (3/9/2023) malam. Foto oleh: Justin Amudra P

Penampilan malam itu dimulai dengan Mahadewi. Penonton langsung berteriak histeris dengan intro yang sangat memorable dari lagu “Dokter Cinta’” meskipun lagu ini dirilis sejak tahun 2007, tetapi penonton masih ingat dengan liriknya yang “centil” itu.

Mahadewi juga menyanyikan lagu-lagu hits mereka seperti, “Ayang-ayangku” dan “Satu-satunya Cinta” mengajak semua penonton ikut bergoyang dan bernyanyi bersama.

Penampilan selanjutnya, Mulan Jameela mengguncang panggung dengan lagu “Makhluk Tuhan Paling Sexy”. Bahkan, sejak intro lagu dimulai, penonton sudah berteriak histeris. “Teh Mulan, I Love You,” teriak salah seorang penggemar Mulan Jameela. 

Penampilan ‘Mulan Jameela’ di Synchronize Fest 2023, Minggu (3/9/2023) malam. Foto oleh: Justin Amudra P

“Lagu ini untuk pacar-pacar yang tukang selingkuh,” kata Mulan Jameela sebelum lagu “Abracadabra” dinyanyikan. Semua penonton bernyanyi bersama, melantunkan mantra ke pacarnya yang sedang bernyanyi juga.

Penampilan Mulan Jameela ditutup dengan lagu “Wonder Woman”. Lagu ini sudah dirilis lebih dari satu dekade yang lalu, tetapi masih membekas di hati para penonton Synchronize Fest 2023.

Kenangan abadi

Tidak hanya Mahadewi dan Mulan Jameela yang menjadi sorotan malam itu, band T.R.I.A.D yang juga merupakan bagian dari kerajaan musik yang dipimpin oleh Ahmad Dhani, turut memukau penonton dengan membawa kenangan abadi dari masa lalu. Sepanjang penampilan mereka, lagu-lagu seperti “Kamu Kamulah Surgaku”, “Munajat Cinta”, dan “Selir Hati” memanggil kembali ingatan para penonton pada era ketika lagu-lagu ini muncul di panggung musik Indonesia.

Keseruan penonton dalam menyanyikan lagu ‘Madu Tiga’ ketika penampilan T.R.I.A.D di Synchronize Fest 2023, Minggu (3/9/2023). Foto oleh: Abiyu Bayuaji

Dalam hal ini, musik memiliki kekuatan untuk membawa kita kembali ke masa lalu, membuat kita tersenyum, tertawa, dan merindukan kenangan-kenangan indah. Republik Cinta Management berhasil menghidupkan kenangan-kenangan itu kembali.

Penulis: Michael Yeremia, Volunter untuk Synchronize Fest 2023, Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang

Fotografer:
– Justin Amudra Patmadiwiria, Volunter untuk Synchronize Fest 2023, Mahasiswa Universitas Indonesia
– Abiyu Bayuaji, Volunter untuk Synchronize Fest 2023, Mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta