Aman dan Nyaman Nonton Festival Musik

0
220

Popularitas festival musik Indonesia tidak perlu diragukan, terbukti dari beragamnya penonton yang hadir pada event Synchronize Fest 2023, 1-3 September 2023. Beberapa hadir beramai-ramai, ada pula yang datang berdua, atau bahkan sendiri. Hiruk pikuk dalam area Gambir Expo Kemayoran tidak bisa dihindari. Di tengah-tengah itu, terdapat Aqilah (27) bersama beberapa temannya yang ternyata baru pertama kali menonton Synchronized Fest. Tidak tanggung-tanggung, ia datang dari Singapura untuk menonton festival musik Indonesia yang satu ini. 

“Indonesia has the best music festivals, Synchronized Fest is the best,” ujarnya semangat. Aqilah juga sempat menceritakan kendala yang ia dan teman-temannya hadapi. 

Penonton Synchronize Fest sedang melihat jadwal manggung musisi. Jumat (1/9/2023)  malam. Foto: Abiyu Bayuaji

“Tadi kendaraan yang aku tumpangi itu menurunkan aku di titik yang agak jauh, aku dan yang lain jadi harus jalan cukup jauh,” ceritanya. 

Meskipun begitu, kesalahannya hari ini dijadikan pelajaran sebab mereka kini tahu titik yang tepat dan lebih siap untuk menghadapi esok hari. Menjadi pengalaman pertama, Aqilah (27) dan teman-temannya bersemangat dan menyiapkan strategi untuk menghadap acara di hari ke depan. Nah, Tim Kompas Muda berhasil mendapatkan kiat-kiat untuk Sobat Muda bisa merasa nyaman di tengah kerumunan loh. Mungkin, bagi kalian yang baru pertama kali menonton festival musik bisa jadi acuan ya! 

Mengatur strategi

Menghadirkan delapan panggung yang berbeda, Synchronize Fest memberikan tantangan pada penontonnya untuk bisa secara cepat dan tepat mengatur jadwal menonton. Hal ini membuat banyak orang pintar-pintar mengatur strategi agar tetap bisa menikmati musisi-musisi favoritnya meski berbeda panggung. 

Keseruan penonton Synchronize Fest 2023 bernyanyi bersama. Jumat (1/9/2023) malam. Foto oleh: Justin Amudra P

Melalui wawancara dengan Shavron (23), ia membagikan betapa pentingnya untuk menjadi gesit di tengah padatnya jadwal penampil dan ramainya penonton. Terutama, kalau sudah pasang target akan penampilan yang hendak ditonton.

“Semakin gesit, semakin mudah juga cari celah-celah untuk posisi yang sesuai keinginan dan pastikan kondisi tubuh fit, jadi jaga stamina ya teman-teman,” ungkap Shavron.

Berpakaian nyaman

Tidak hanya berkaitan dengan koordinasi jadwal musisi dan penonton, menghadapi festival musik yang ramai seperti ini juga disiapkan melalui pakaian yang digunakan. Tentu semua ingin berpenampilan baik, tapi saran dari Kezia (21) dan Jordan (21) ketika diwawancara oleh untuk mengutamakan kenyamanan. 

Salah satu pengunjung Synchronize Fest 2023. Sore. Jumat (1/9/2023) Foto oleh: Justin Amudra P

Namun, Kezia pun tetap kreatif untuk bisa tetap tampil menarik meskipun outfit utamanya tergolong sederhana. Dimulai dari rambut, ia mengatur tampilan rambutnya ke dalam bentuk kepangan yang unik.  Dirinya juga menambah beberapa aksesoris sebagai pelengkap penampilannya di Synchronize Fest malam ini. “Aku banyak gunakan aksesoris, seperti gelang dan kalung. Aku juga mewarnai kuku untuk memberikan kesan,” jelasnya saat diwawancarai oleh tim Kompas Muda.

Membawa uang

Membawa uang saat konser adalah sebuah keharusan karena bisa saja kita ingin membeli sesuatu seperti, merchandise, makanan, minuman, uang parkir (jika membawa kendaraan pribadi), dan uang transportasi umum.

Pengunjung Synchronize Fest 2023 sedang mengantre untuk membeli merchandise Synchronize Fest. Jumat (1/9/2023) Sore. Foto oleh: Justin Amudra P

 

“Bawa uang cukup tuh hal yang paling krusial sih kalo acara konser kaya gini,” kata Dian (22). Ia memberikan alasannya, “Karena kalo gak bawa uang cukup atau kekurangan, gabisa beli makan atau minum, laper jadinya hahah,” ucapnya sambil tertawa.

Bukan hanya itu, festival musik tidak hanya menghadirkan penampilan musik saja, tetapi juga menjual barang-barang yang berhubungan dengan musik. Di Synchronize Fest 2023, banyak sekali booth-booth yang menjual kaset musik lama, kaset vinyl, kaos band, dan masih banyak lagi.

Mematuhi aturan

Mematuhi peraturan yang tertera dalam festival musik merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan karena hal ini berdampak pada keselamatan, kenyamanan, semua pengunjung festival musik. Banyak sekali festival musik yang membuat peraturan mengenai benda tajam yang tidak bisa dibawa ke dalam area konser, hal ini berguna untuk meminimalisir terjadinya tindak kekerasan ketika acara konser musik dilaksanakan.

Pengunjung Synchronize Fest 2023 sedang mengantre pada bagian pemeriksaan tiket. Jumat (1/9/2023) Sore. Foto oleh: Justin Amudra P

Dengan mematuhi peraturan festival, kita bisa membantu untuk mendukung agar festival musik terus berjalan dan memberikan pengalaman yang positif untuk para pengunjungnya.

Itulah beberapa tips dalam menonton festival musik agar kita bisa merasa nyaman dan aman. Untuk sobat muda yang suka dengan acara musik, bisa mengikuti tips di atas supaya pengalaman menonton festival kalian semakin berkesan.

Penulis: 

 Michael Yeremia, Volunteer untuk Synchronize Fest 2023, Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang

– Calandra Divina Djamil, Volunteer untuk Synchronize Fest 2023, Mahasiswa Universitas Malaya, Magangers Kompas Muda Batch XII

Fotografer:

– Justin Amudra Patmadiwiria, Volunteer untuk Synchronize Fest 2023, Mahasiswa Universitas Indonesia

– Abiyu Bayuaji, Volunteer untuk Synchronize Fest 2023, Mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta