J-Rocks dan Smash Membawa Nostalgia di Synchronize Fest 2023

0
136

Hari pertama di event Synchronize Fest 2023 di Gambir Expo, Jakarta Utara, Jumat (1/9/2023) malam, telah menyuguhkan momen luar biasa. Dalam acara ini, J-Rocks dan Smash, berhasil menghipnotis penonton dengan penampilan yang memukau warga wargi.

J-Rocks, band yang terbentuk pada 9 November 2023, membuat sejarah dengan tampil di panggung Synchronize Fest untuk pertama kalinya. Dalam kostum “Akatsuki” yang terinspirasi dari karakter dalam serial anime Jepang, mereka membuka panggung perdana dengan lagu hits tahun 2005, “Lepaskan Diriku”. Respons meriah penonton membuktikan bahwa lagu-lagu J-Rocks masih tetap diingat oleh penggemar setia mereka.

Penampilan J-Rocks menggunakan ksotum ‘Akatsuki’ di panggung Synchronize Fest 2023 ,Gambir Expo, Jakarta, pada Jumat (1/9/2023) malam. foto: Abiyu Bayuaji

Iman Taufik, vokalis J-rocks, merasa terhormat bisa tampil di Synchronize Fest dan mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara. “Terima Kasih Synchronize Fest sudah mengundang kami di acara ini. Ini merupakan kali pertama kami manggung di Synchronize,” kata Iman Taufik yang merupakan vokalis dari band J-rocks. Ucapannya itu disambut meriah oleh warga-wargi Synchronize.

Penampilan J-rocks membawa penonton menjelajahi nostalgia tahun 2000an dengan lagu-lagu seperti “Kau Curi Lagi,” “Ceria,” dan “Meraih Mimpi.” Penampilan J-rocks di Synchronize Fest berhasil membawa penonton menjelajahi waktu ke masa lalu.

Antusias Smashblast

Tak kalah menarik, penampilan dari boyband legendaris, Smash, juga berhasil membuat penonton menari di masa lalu. Boyband yang terbentuk pada 10 April 2010 berhasil menghipnotis penonton untuk bernostalgia dengan lagu-lagu energiknya. Setelah melewati masa absen panjang di panggung musik, para penggemar Smash yang memiliki sebutan ‘Smashblast’ dengan antusias menyambut kehadiran Smash di lake stage. 

Penampilan Smash di panggung Synchronize Fest 2023 , Gambir Expo, Jakarta, pada Jumat (1/9/2023) malam. Foto: Abiyu Bayuaji

“Empat tahun lalu Smash tampil di Synchronize Fest dan sekarang kita tampil lagi dengan  lima personel. Terima kasih Synchronize sudah mempersatukan kita lagi,” kata Bisma yang disambut dengan meriah oleh Smashblast dan penonton yang memenuhi venue Synchronize Fest.

Penampilan Smash di atas panggung membangkitkan kenangan manis dari masa lalu, dan ketika mereka membawakan lagu “Ada Cinta,” penonton dengan antusias bernyanyi sambil menyalakan flashlight mereka.

Yang membuat penampilan Smash di Synchronize Fest 2023 benar-benar istimewa adalah kolaborasi mereka dengan M.E Voices, sebuah grup vokal yang telah ada sejak tahun 1991. Kolaborasi ini terjadi setelah keduanya baru-baru ini merilis versi mereka dari lagu kolaborasi berjudul “Boyband,” yang awalnya dipopulerkan oleh Tipe-X.

Penampilan kolaborasi Smash dan M.E Voices di panggung Synchronize Fest 2023 ,Gambir Expo, Jakarta, pada Jumat (1/9/2023) malam. foto: Abiyu Bayuaji

“Saya mau berterima kasih karena gara-gara Smash, lagu ‘Inikah Cinta’ kembali populer lagi,” kata Denny Saba salah satu personil M.E Voices. Semua penonton bernyanyi bersama ketika lagu itu diputar di atas panggung.

Puncak dari penampilan Smash adalah saat mereka membawakan lagu legendaris mereka, “I Heart You.” Di lagu ini, semua penonton bernyanyi bersama dan masih hafal dengan lagu yang sudah dirilis lebih dari satu dekade tersebut.

Smash berpamitan kepada penonton di panggung Synchronize Fest 2023 ,Gambir Expo, Jakarta, pada Jumat (1/9/2023) malam. foto: Abiyu Bayuaji

Tim Kompas Muda berhasil mewawancarai salah satu penggemar Smash yang tampak begitu antusias ketika Smash tampil di atas panggung. “Jujur aku seneng banget bisa nonton Smash lagi,” ungkap Jihan dengan semangat.

Ia memberikan alasan kenapa begitu antusias dengan penampilan Smash, “Lagu-lagu mereka itu yang nemenin aku waktu zaman-zaman SD, jadi bikin nostalgia pas liat mereka tampil lagi hahaha,” tambahnya sambil tertawa.

Synchronize Fest 2023 bukan hanya sebuah festival musik biasa, tetapi juga sebuah perjalanan melintasi waktu yang membawa penonton kembali ke masa lalu, di mana lagu-lagu dari J-Rocks dan Smash masih menggetarkan hati semua kalangan.

Penulis: Michael Yeremia, Volunteer untuk Synchronize Fest 2023, Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang

Fotografer: Abiyu Bayuaji, Volunteer untuk Synchronize Fest 2023, Mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta