Kemeriahan We The Fest 2023 pada Akhir Pekan

0
202

Setelah dibungkam pandemi, satu per satu festival musik tanah air kembali unjuk muka memanjakan pencintanya dengan rayuan line up musisi-musisi ternama. We The Fest (WTF) yang dipromotori Ismaya Group sudah membuktikannya dengan kesuksesan We The Fest 2022 lalu yang berhasil digelar secara luring.

Tak mau kalah, tahun ini, We The Fest kembali merangkul musisi tanah air hingga dunia untuk meramaikan Kompleks GBK Sport Senayan, Jakarta selama 3 hari berturut-turut, tepatnya pada 21, 22, dan 23 Juli 2023. Sebanyak 3 panggung pula akan berdiri megah untuk mendukung euforia We The Fest 2023. Musisi yang hadir mulai dari Kunto Aji, The Changcuters, Yura Yunita, Kahita, Efek Rumah Kaca, Barasuara, The Kid Laroi, Lee Hi, hingga The Strokes akan memecah panggung hari pertama.

We The Fest 2023 menjadi gelaran ke-8 sejak panggung perdananya pada 2014 lalu. Rangkaian pembuka di hari pertama, dibuka dengan penampilan istimewa dari Kunto Aji di panggung We The Fest Stage. Antusias penonton terlihat ketika mereka menikmati seraya turut bernyanyi bersama sang musisi saat single populer Kunto Aji, Pilu Membiru dan Rehat.

Seusai penampilan single Rehat, Kunto Aji membeberkan bahwa ia akan merilis album terbarunya pada akhir tahun ini. “Akhir tahun ini saya akan mengeluarkan album baru. Semoga album berikutnya bisa memberikan hal yang baru,”

Penampilan The Changcuters di We The Fest 2023, Jumat (23/07/2023). Foto: Ari Merdeka.

Tak hanya menampilkan karyanya saja, para musisi yang lain juga memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung, seperti saat The Changcuters memasuki panggung dengan iringan lagu Bangun Pemudi Pemuda. 

“Kita pemanasan dulu sebelum bernyanyi, siap WTF?” seru Tria, vokalis The Changcuters sambil berjongkok bersama seluruh penonton.

Ada juga penampilan dari Yura Yunita yang tak kalah nyentrik. Menggunakan kebaya modern berwarna pink mentereng, Yura menampilkan koreografi dan aksi drumnya saat penampilan singel “Harus Bahagia”. 

Yura Yunita dengan kebaya modern pink nyentrik di We The Fest Stage. Foto: Ari Merdeka

“Aku ikut WTF Day-1 karena pengen banget dengerin Yura Yunita secara live! Dan sekarang kesampaian, aku seneng banget!” ujar Amel (20), salah satu penonton Yura Yunita di We The Fest 2023 hari pertama.

Seperti kedua panggung lainnya, Another Stage juga memberikan tampilan artis yang tak kalah memukau, seperti Efek Rumah Kaca, Devita, Barasuara, dan David Bayu. Berbeda dengan 2 panggung sebelumnya, Another Stage memberikan pengalaman dan sensasi yang berbeda karena panggungnya berada di dalam ruangan, seperti ruangan ber-AC dan tempat duduk di bagian tribun. Meskipun demikian, persoalan lokasi tidak mengurangi antusias penonton hingga akhir.

David Bayu di Another Stage, We The Fest 2023. Foto: Ari Merdeka

Salah satu musisi di panggung Another Stage, David Bayu, vokalis Naif pada sela-sela penampilannya, berinteraksi dengan penonton dengan menanyakan lagu apa yang harus ia dibawakannya. “Mau nyanyi bersama lagu lama boleh? Request lagi silakan,” kata David Bayu, vokalis Naif.

Akhirnya, lagu Posesif menjadi pilihan penampilan David Bayu. Panggung Another Stage ditutup oleh David Bayu sebagai performance terakhir yang berujung manis.

Penulis: Eleonora Axcel Erfrosina, Volunter untuk We The Fest 2023, Universitas Multimedia Nusantara

Fotografer : Ari Merdeka, Volunter untuk We The Fest 2023, Universitas Negeri Malang