“Top of Mind”, Rumus Ciamik Menjadi Kreator Konten

    0
    118

    Hari pertama KompasFest 2023: Creation yang berlangsung pada Sabtu (17/6/2023) menghadirkan berbagai narasumber untuk berbagi pengalaman dan wawasan di Conference dan Klass. Acara yang diadakan di Senayan Park, Jakarta ini dihadiri oleh 1.300 peserta pada hari pertama. Spacemates—peserta KompasFest- berbondong-bondong datang untuk mendapatkan inspirasi dan wawasan dari para narasumber yang telah sukses dalam menciptakan konten bermakna di platform media sosial yang sedang naik daun ini.

    Dalam satu sesi di conference yang dilaksanakan di Dome Area, Spark Jakarta, menghadirkan tiga narasumber yang merupakan kreator konten di Tiktok dengan puluhan ribu pengikut, yaitu Erika Richardo, Vina Muliana, dan Kevin Nguyen. Ketiga content creator ini memulai perjalanannya pada saat pandemi — menemukan peluang dari ketidaksengajaan di TikTok yang pada akhirnya membuat mereka memutuskan untuk membagikan kegiatan dan wawasan sesuai dengan bidangnya masing-masing; Erika di bidang art atau seni gambar dan lukis, Vina di bidang HR dan ketenagakerjaan, dan Kevin di bidang politik.

    Kreator konten TikTok Erika Richardo, Vina Muliana, Kevin Nguyen, yang menjadi pembicara di Kompasfest 2023: Creation, pada Sabtu (17/6/2023), di Senayan Park Jakarta. Foto: Amirush Shaffa

    Erika Richardo bercerita mengenai perjalanannya yang terjal karena ia menjadi content creator sambil berkuliah dan berbisnis—berusaha untuk tetap dapat menyeimbangkan kehidupan profesional dengan kehidupan pribadinya. Begitupun dengan Vina yang harus mengatur waktu lebih ulung dengan status full time worker selain menjadi part time content creator.

    Vina membagikan tips and trick untuk memulai menjadi content creator. Pertama, kita bisa mengeksplorasi niche maupun topik yang akan dibawakan. Setelah menentukan topik, langkah kedua adalah memaksimalkan alat yang kita miliki. Vina menceritakan, dia memulai konten bermodalkan HP dan cahaya matahari. “Kita mulai aja dulu dan berusaha untuk konsisten. Membangun personal branding yang kuat dari konsistensi,” kata Vina. 

    Adapun menurut Kevin, cara untuk menjadi content creator adalah menyadari bahwa kita semua memulai dari 0, terus mencoba menemukan topik melalui trial and error, dan sadar semua topik memiliki pasarnya masing-masing. “Tiktok itu gak selalu identik dengan joget-joget, tapi ternyata banyak konten yang bermanfaat, loh!,” jawab Kevin Nguyen ketika ditanya awal terjun ke dunia TikTok.

    Membuat konsep  

    Untuk memulai menjadi content creator, papar Vina, kita harus rutin menumbuhkan kebiasaan dimulai dari hal kecil contohnya membuat konten setiap hari, hal tersebut juga untuk menumbuhkan top of mind. Otak kita akan otomatis menumbuhkan kebiasaan tersebut dengan minimal waktu 90 hari. Adapun dua rumus top of mind menurut Vina yakni pilihlah topik dan dalami topik itu, dan be who you are untuk create personality yang akan diperlihatkan di platform tersebut.

    Media sosial merupakan dunia yang luas, Kevin berpesan untuk tetap check and recheck serta berpikir kritis tidak menelan informasi mentah-mentah, agar apapun yang diterima maupun disampaikan valid dan tidak hoax.

    “Kita semua bisa menjdi content creator, yang penting mulai aja dulu. Jangan takut untuk mengabil langkah pertama,” tutup Vina.

    Penulis dan Fotografer: Amirush Shaffa, Universitas Pendidikan Indonesia dan Volunter Kompas Muda untuk Kompasfest 2023