Kompasfest 2023: Creation Menjadi Ajang Kreatif Anak Muda

    0
    102

    Kompasfest adalah festival kreatif yang digelar oleh Harian Kompas untuk terus menginspirasi kreativitas generasi muda Indonesia, tujuannya agar mereka lebih percaya diri terhadap bakat yang mereka miliki dan berani mengekspresikannya. Kompasfest 2023 adalah rangkaian acara yang diselenggarakan dua hari sejak 17 Juni sampai 18 Juni 2023 dengan mengangkat tema “Creation”. Sebelumnya, perhelatan ini diadakan secara online dan hybrid karena pandemi, dan tahun ini merupakan tahun ketiga bagi Kompasfest melaksanakan rangkaian acara menarik untuk anak muda tersebut.

    Penampilan apik nan memukau dari Titimangsa Foundation sebagai yayasan nirlaba yang bergerak di bidang budaya dan seni teater mengawali rangkaian acara Kompasfest 2023 yang dilaksanakan di Senayan Park, Jakarta Pusat. Suguhan yang disajikan Titimangsa berupa pertunjukan seni peran yang menceritakan kisah Medi, Content Creator pemula yang ingin terkenal dan populer melalui karyanya. Namun, tak semudah perkiraan Medi, ternyata untuk menjadi Content Creator harus memiliki strategi dan keinginan yang kuat.

    Penampilan Titimangsa, foto oleh: Adellia Salma

    Setelah riuh tepuk tangan penonton mewarnai perjuangan Medi di akhir penampilan, pembukaan Kompasfest tidak berhenti sampai disana saja. Kompasfest menghadirkan Sutta Dharmasaputra sebagai Pemimpin Redaksi Harian Kompas untuk memberikan sambutan kepada para peserta Kompasfest 2023 atau yang biasa disebut Spacemates.

    “Orang-orang yang berfikir kreatif itu mereka adaptif, mereka membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi sangat mungkin. Oleh karena itu kita juga mengajak seluruh spacemates untuk berimajinasi membuat sesuatu yang tidak mungkin itu menjadi mungkin dengan menjadi orang yang kreatif” ucap Sutta di Dome Senayan Park, Sabtu (17/06/2023)

    Sejalan dengan pernyataan Sutta, maka sederet rangkaian acara seperti conference, klass dan show akan memberikan motivasi dan informasi bagaimana cara berkarya yang kreatif untuk anak muda di Indonesia.

    “Formula pertama untuk menjadi kreatif adalah memiliki rasa ingin tahu. Yang kedua ia selalu mencari jalan untuk mencapai sesuatu, mencapai tujuannya. Dan yang ketiga ternyata ia harus berani mengambil resiko, kenapa? Karena sesuatu yang baru itu belum ada resikonya..” sambungnya

    Sambutan dari Sutta Dharmasaputra, foto oleh: Audry Triani Noverana
    Speech oleh Sutta Dharmaputra, foto oleh: Audry Triani Noverana

    Berakhirnya sambutan dari Pimpinan Redaksi Harian Kompas menjadi awal untuk Kompasfest 2023 yang akan berlangsung secara dua hari mulai pukul 12:00 WIB hingga 20:45 WIB di hari pertama, dan hingga pukul 22:30 di hari kedua.

     

    Penulis: Savita Karyatama Apr, Volunteer Kompasfest 2023, Mahasiswi President University

    Fotografer: Adellia Salma, Volunteer Kompasfest 2023, Mahasiswi Universitas Diponegoro dan Audry Triani Novenara, Volunteer Kompasfest 2023, Mahasiswi Universitas Prof. Dr. Moestopo