Mengintip Busana Penonton di Java Jazz Festival 2022

1
120

Ajang BNI Java Jazz Festival 2022 merupakan salah satu festival musik yang ditunggu-tunggu oleh penikmat musik Indonesia. Setelah absen pada 2021 lalu, festival musik terbesar di Tanah Air itu hadir sebagai momentum untuk mengobati kerinduan akan euforia festival musik luring.

Tidak dapat kita pungkiri, pakaian yang dikenakan untuk nonton musik menjadi salah satu hal yang penting. Selain tampil bergaya, penonton juga biasanya akan memilih busana yang nyaman. Penampilan yang tepat dapat menunjang suasana hati yang baik saat menikmati alunan lagu yang dibawakan oleh musisi yang tampil.

Lantas, bagaimana padu padan penampilan penonton Java Jazz Festival 2022? Yuk, intip busana mereka!

Kasual dan nyaman

Pakaian kasual dan tidak ribet menjadi pilihan bagi Bela (22). Pemudi asal Jakarta Timur ini mengenakan crop top dengan sweetheart neckline bermotif kotak-kotak coklat dipadukan dengan mom jeans berwarna biru gelap dengan sentuhan acid wash. Selain boho bag berwarna coklat krem yang ia tenteng, Bela terlihat tidak menggunakan aksesoris tambahan lainnya.

Menurut Bela, busana yang simpel dan tidak ribet menjadi pilihan yang tepat untuk dikenakan saat menghadiri festival musik. “Kan ini outdoor sama indoor. Jadi (pilih busana) yang bisa menyesuaikan keduanya aja,” katanya saat ditemui di dekat Booth Kompas, Minggu (29/5/2022).

Selaras dengan Bela, Asa (21) juga memilih untuk menggunakan pakaian kasual yang lebih nyaman untuk bergerak. Hal ini terlihat dari pilihannya untuk mengenakan kaos berwarna hitam polos. Meskipun demikian, Asa memberikan sentuhan formal di dalam busananya dengan menggunakan rok batik berwarna biru keunguan.

“Java Jazz di dalam pikiran aku tuh lebih ke acara musik yang agak formal, daripada yang full loncat-loncat gitu. Ada duduknya juga kan. Jadi pas kalau busananya ada sentuhan formal,” tuturnya.

Selain nuansa acara, Asa juga menempatkan line up musisi yang akan tampil di suatu festival musik dalam konsiderasi padu padan busananya. “Liat aja biasanya kalau artis ini, kira-kira orang-orang yang bakal dateng gimana dan pake baju seperti apa,” tambahnya.

Gaya busana penonton yang beragam sebagai bentuk cara melepas rindu saat menghadiri Java Jazz Festival pada Minggu, (29/05/2022). Foto: Nanda Fajrus Zain

Beralih dari Bela dan Asa, Tim Kompas Muda berkesempatan untuk berbincang dengan Febi, pemudi dari Bogor. Busana streetwear monokrom menjadi pilihannya di ajang Java Jazz Festival 2022 ini. Febi mengenakan graphic tee berwarna putih-hitam dan celana berwarna hitam.

Untuk melengkapi penampilannya, Febi mengenakan sneakers putih,  serta tote bag dan kerudung berwarna hitam. Selain itu, Febi tampak menggunakan aksesoris tambahan untuk menunjang penampilannya, yaitu topi baseball berwarna putih dan kacamata coklat.

“Sebenarnya, konsep outfit-nya ga ada sih, cuman nyari yang sekiranya bakal nyaman aja. Jadi, pakai kaos, kulot, dan sepatu,” tuturnya saat ditemui di depan MLD Stage kemarin (29/05). Baginya, kenyamanan menjadi pertimbangan utama di dalam memilih busana saat hadir ke suatu festival musik.

Febi juga menyarankan bagi teman-teman yang akan hadir ke acara musik untuk menggunakan pakaian yang nyaman agar dapat bebas bergerak. “Kalau kita pake baju yang ga nyaman, kita juga susah untuk enjoy sama acaranya. Toh, ketika kita pakai baju yang nyaman, orang lain juga ngelihat kita cocok pakainya,” pungkasnya.

Terdapat berbagai hal yang masuk ke dalam pertimbangan untuk memilih suatu busana ketika hadir di Java Jazz Festival 2022 ini. Mulai dari kenyamanan, venue, nuansa acara, hingga lineup musisi. Semua ini berkaitan dengan preferensi masing-masing. Lalu, busana seperti apa yang menjadi pilihanmu?

Penulis:

Christina Dwi Permata Ayu, Mahasiswa Universitas Indonesia/ Magangers Kompas Muda Harian Kompas Batch XII

Fotografer:

Nanda Fajrus Zain, Mahasiswa Bina Nusantara University/ Magangers Kompas Muda Harian Kompas  Batch XII