Kafe Unik dan Estetik Bersuasana Libur Musim Panas di Sidoarjo

1
214

Nongkrong bersama teman di kafe untuk refreshing saat ini menjadi salah satu kegiatan yang hampir dilakukan oleh semua orang terutama bagi para milenial. Selain untuk berkumpul, makan dan minum kafe juga dikunjungi karena desain eksterior maupun interiornya yang menarik, unik dan estetik serta instagramable.

Contohnya desain kafe dengan konsep unik khas suasana liburan musim panas yang bisa ditemukan di Sidoarjo, Jawa Timur. Kafe itu diantaranya, Ame Coffee dan Istoria.

Ame Coffee merupakan salah satu kafe yang cukup ramai  di tengah kota Sidoarjo karena cukup unik dan menarik dengan suasana summer bohemian. Ame Coffee ini berlokasi dalam area  Jalan Kavling Sidoarjo

Kafe tersebut menggunakan konsep desain bohemian tropical summer yaitu gaya desain khas musim panas dekat pantai dengan desain terbuka dan pemanfaatan material alami yang memberikan suasana berlibur seperti misalnya di Bali yang santai dan nyaman, serta sangat cocok untuk berfoto dengan berbagai spot foto menarik.

Ame Coffee
Ame Coffee di Sidoarjo, Jawa Timur. Foto : amecoffeeid

Konsep summer bohemian yaitu konsep desain musim panas dengan desain terbuka dan memanfaatkan material alami seperti sinar matahari, kayu dan rotan sangat terasa dengan penggunaan dominan warna coklat & ivory serta penggunaan material batu, kayu dan rotan hampir pada semua elemen interior seperti meja, kursi rotan bergaya modern, plafon, lampu gantung, pintu & lantai. Selain itu adanya tanaman diberbagai titik serta di sepanjang lorong juga menambah suasana tropical khas Bali.

Kafe ini juga memberikan suasana rileks untuk refreshing dengan adanya area duduk dengan model ayunan tali & sofa bed dekat kolam.

Yang paling unik dari kafe ini adalah adanya kolam yang membuat kafe semakin terasa segar dan santai. Kolam itu menjadi salah satu obyek yang paling sering menjadi spot foto. Kolam ditengah ini juga sebagai batasan antara area dalam ruang dan luar ruang, bebatuan pada lantai disekitarnya membuat suasana lebih santai.

“Nongkrong disini bersama teman karena interiornya tuh santai seperti liburan di Bali gitu ada angin sepoi. Terus ada ayunan sama sofa berbentu tempat tidur yang paling menarik si kolamnya sama spot fotonya instagramable banget“, ujar Chintania Imanuella (21), mahasiswa pada salah satu universitas di Surabaya.

Ame Coffee
Ame Coffee, Foto : amecoffeeid

Kafe tersebut juga tersedia makanan dan minuman kekinian seperti croffle, soft cookies, cake dan beragam jenis kopi, dan squash soda yang segar ala minuman di pantai dengan harga antara Rp 13.000 sampai Rp 85.000.

Selain kafe bersuasana liburan musim panas ala Bali yang bohemian juga ada kafe unik lain dengan berkonsep  serupa ala Santorini yaitu Istoria.

Spot foto
Foto : Dokumentasi penulis

Istoria mengusung konsep musim panas khas Santorini, pulau gunung berapi di Laut Aegea yang merupakan kelompok Kepulauan Cyclades, 200 km dari Yunani dengan gaya bangunan putih. Bangunan seperti itulah yang ada di kafe Istoria. Tampak unik dan menarik bagi kaum milenial yang suka nongkrong bersama teman dan cocok untuk berfoto dengan berbagai spot foto menarik.

Yang paling unik dari kafe ini adalah bangunan dengan kubah kecil diatasnya yang merupakan salah satu ciri khas utama Santorini. Pengunjung banyak memilih kubah itusebagai salah satu bagian yang paling sering menjadi spot foto.

Konsep khas Santorini ini dapat kita temukan dari yang paling menonjol yaitu dari bentuk bangunan yang geometris khas timur dan dominan menggunakan warna putih dan biru yang merupakan warna khas Santorini pada elemen interior dan pengisi ruangnya. Warna dinding yang mayoritas putih bersih membuat suasana ruangan terasa segar dan rileks.

Selain itu konsep khas Santorini semakin terlihat dengan peggunaan material batu dan concrete pada lantai dan adanya kubah diatas bangunan. Kubah menjadi satu diantara poin utama dari bangunan gereja di Santorini yang sangat ikonik. Bentuk furniture pengisi ruang yang digunakan juga sangat mendukung konsep yaitu gemoetris minimalis dengan lengkung-lengkung sederhana yang membuat ruangan terasa tidak monoton.

Bagian interior dari Istoria juga menggunakan gaya santorini pada warna dan bentuk furniturnya serta mencampurkan gaya coastal bohemian yaitu gaya interior yang terinspirasi dari pemandangan pantai dan laut. Sedangkan gaya bohemian adalah gaya yang dekat dengan alam dengan campuran gaya vintage, kerap memasukkan unsur alam pada dekorasi ruangan.

Gaya coastal bohemian ini dapat ditemukan pada dinding dan dekorasinya seperti gantungan pada pintu, macrame pada dinding dan dekorasi. Pada beberapa sudut kafe juga terdapat tanaman yang membuat ruangan terasa lebih rileks.

“Saya kesini karena lihat desain kafenya di media sosial dan cukup menarik unik gitu ya, warnanya cerah. Yang menarik bagi saya itu bagian kubah kecil warna biru dan tangga karena estetik banget“, kata Vintya Meily (20), mahasiswa yang juga kuliah di Surabaya.

Selain desain kafe khas Santorini makanan di Istoria ini juga berasal dari Yunani. Salah satunya yaitu Souvlaki yang merupakan salah satu makanan cepat saji khas Yunani yang terdiri dari potongan daging kecil dengan sayur yang dipanggang dan disajikan dengan saus tzarziki khas Yunani.

Di Istoria juga terdapat makanan dan minuman lain dengan harga berkisar dari Rp 20.000 sampai Rp 30.000. Istoria café buka pukul 10.00 dan tutup pukul 22.00 WIB setiap hari.

Cecilia Hana Linawati, mahasiswi Universitas Kristen Petra Surabaya, Program Studi Desain Interior