HUT KOMPAS MUDA Ke-15: SEMANGAT DAN 15TIMEWA!

0
134

Riuh-rendah suara perayaan pun terdengar di dalam gedung Menara Kompas. Beberapa anggota panitia onsite pun berlalu-lalang, menyiapkan diri masing-masing, dan sibuk dengan tugas yang diberikan. Ya, walaupun sesungguhnya hari itu adalah hari libur, tapi itu tidak menyurutkan semangat panitia untuk merayakan HUT Kompas Muda yang diselenggarakan pada Sabtu, 19 Febuari 2022.

Bagaimana tidak, sebab perayaan HUT Kompas Muda yang ke-15 merupakan acara yang ditunggu setiap insan Kompas setiap tahunnya. Ditambah HUT Kompas Muda ke-15 ini mengusung tema 15TIMEWA, sehingga hari ini harus menjadi hari yang istimewa bagi semua.

Tidak hanya di gedung Menara Kompas saja, atmosfer kemeriahan itu pun begitu terasa di depan gawai masing-masing peserta. Walau penyelenggaraan HUT Kompas Muda ini masih bersifat hybrid, itu semua tidak menghilangkan esensi dan kemeriahan. Para hadirin pun begitu antusias mengikuti seluruh rangkaian acara perayaan HUT Kompas Muda, dan terlihat begitu meriah saat cek ombak oleh panitia dimulai. Tidak sedikit pula yang meramaikan kolom chat zoom maupun yang ingin menyampaikan kesan dan pesannya secara langsung.

Acara HUT Kompas Muda ke-15 dibuka dengan sambutan dari Wakil Pemimpin Redaksi Kompas Mas Tri Agung Kristanto dan Kepala Desk Budaya Mas Budi Suwarna. Setelah kata sambutan yang disambut meriah oleh para hadirin, ada talen baca puisi yang dibawakan oleh Anne dari Magangers Batch XII.

Tidak berlama-lama, segmen acara yang ditunggu-tunggu oleh para hadirin pun dimulai. Sesuai dengan tema HUT Kompas Muda ke-15, tentu  kali ini ada acara temu wicara atau talk show dengan narasumber yang begitu istimewa. Ya, tak lain adalah Eva Alicia yang merupakan seorang content creator di aplikasi TikTok. Eits, tapi Eva bukan hanya sekedar content creator saja loh! Eva juga merupakan Magangers Kompas Muda Batch X di bagian desain grafis.

Foto Bersama pada perayaan HUT Kompas Muda ke-15 (Foto : Dok Panitia HUT Kompas Muda)

Di temu wicara yang membahas seputar personal branding ini, Eva membagikan berbagai pengalaman dan tips seputar personal branding. Menurutnya, personal branding lebih daripada sekadar siapa diri kita atau bagaimana kita mau orang lain memandang kita sebagai apa, tetapi merupakan purpose dan panggilan hidup masing-masing orang. “Misal, kan kalau aku kan anaknya cinta Indonesia banget yah,”ujar Eva saat membagikan pengalamannya. “Jadi karya-karya seniku di TikTok banyak yang mengangkat isu-isu Indonesia, cause that’s my driving purpose, aku cinta Indonesia.”

Selain mencari tahu driving purpose, hal lain yang tak kalah penting dalam personal branding adalah konsistensi, menjadi diri sendiri, dan tidak takut untuk gagal. “Soalnya mumpung kita masih muda dan enerjik, tuntutan buat kita itu enggak terlalu banyak,” tutur Eva.

Dengan demikian, lanjutnya, kesempatan kita untuk gagal dan explore diri sendiri itu masih banyak. Eva juga menambahkan, kepuasan hidup yang terutama adalah ketika hidup kita menjadi manfaat untuk orang banyak. Itulah motivasi yang dapat membuat kita terus berkarya dan membagikan inspirasi kepada semua orang.

Setelah talkshow bersama Eva usai, acara diisi dengan berbagai tantangan seperti tangkaseni, sigapotret, dan tantangan lainnya. Tak lupa juga sesi foto bersama dan serah terima sertifikat bersama narasumber dan moderator talkshow HUT Kompas Muda ke-15. Tidak hanya tantangan, di acara HUT Kompas Muda ke-15 ini juga ada gim, loh!

Acara gim kali ini berupa tebak gambar yang dibawakan oleh para MC HUT Kompas Muda kali ini. Para hadirin dan panitia terlihat sangat semangat mengikuti permainan, bahkan kolom chat sampai harus dimatikan agar tidak terlalu ramai. Para pemanang gim dan tantangan tentu saja juga mendapat hadiah menarik dari Kompas. Segmen itu kemudian ditutup dengan penampilan menyanyi dari dua orang talen, yaitu Khresna dari Magangers Kompas Muda Batch XII dan Ditho dari Magangers Kompas Muda Batch XI.

Tibalah saatnya di puncak acara perayaan HUT Kompas Muda ke-15, yaitu adalah pemotongan tumpeng serta tiup lilin. Para hadirin yang berada di Zoom menyalakan senter yang ada pada handphone masing-masing, sembari menyanyikan lagu ‘selamat ulang tahun’ untuk Kompas Muda. Banyak doa-doa dan harapan baik yang dipanjatkan, terutamanya agar Kompas Muda selalu muda terus dan enerjik. Demikian agar Kompas dapat merangkul generasi muda kedepannya, karena generasi muda adalah tonggak berdirinya bangsa Indonesia.

Sebelum penutupan, ada penampilan Band dari Alvin Magangers Batch XII dan kawan-kawan. Terakhir dan yang juga paling ditunggu, ada sesi foto bersama seluruh hadirin dan panitia melalui Zoom.

Begitulah rangkaian acara HUT Kompas Muda yang ke-15, yang dalam usianya yang sudah cukup matang Kompas Muda terus berkarya dan menyebarkan inspirasi bagi kaum muda Indonesia. Semoga Kompas Muda terus panjang umur, berjiwa muda, kreatif, enerjik, dan memberikan wadah dan inspirasi untuk kaum muda di seluruh Indonesia. Selamat ulang tahun yang ke-15, Kompas Muda!

Vanessa Kristina, Magangers Kompas Muda Harian Kompas Batch X