Jurusan Pariwisata Bukan Jurusan Jalan-Jalan

0
80

Halo Sobat Muda! Selamat memasuki tahun 2022, semoga di tahun ini keadaan lebih baik daripada tahun sebelumnya. Walaupun masih dalam kondisi pandemi Korona, penulis harap kalian tetap sehat dan selalu bersemangat. Kali ini penulis akan membahas tentang jurusan yang seringkali orang dengar namun masih belum banyak yang tahu lebih dalam akan jurusan ini, yaitu jurusan pariwisata.

Banyak orang yang tahu akan jurusan pariwisata adalah jurusan yang hanya belajar tentang jalan-jalan saja, namun jurusan pariwisata itu sendiri bukan hanya tentang jalan-jalan saja loh Sobat Muda. Artikel ini sangat cocok untuk kalian yang masih bingung setelah lulus SMA dan sederajat. Mau ambil jurusan apa dan tertarik tentang destinasi pariwisata di Indonesia dan mancanegara. Mari kita bahas lebih dalam.

Jurusan pariwisata adalah jurusan yang mempelajari lebih dalam tentang managemen destinasi pariwisata, namun disini bukan hanya belajar tentang managemen destinasi pariwisata saja, disini kita juga akan belajar tentang bagaimana membuat bisnis di dalam sektor pariwisata. Kita juga akan belajar tentang tur dan perjalanan wisata serta perhotelan. Jadi tenang saja, di jurusan pariwisata kalian bisa mendapatkan semuanya secara lengkap.

Jurusan pariwisata juga belajar tentang geografis suatu destinasi pariwisata, keadaan ekonomi di suatu destinasi itu sendiri, dan juga interpretasi daya tarik suatu wisata. Dan di jurusan pariwisata kita juga belajar tentang hukum dan kode etik pariwisata juga. Di sini kita bisa lebih tahu lagi ilmu yang tidak kita dapatkan di sekolah, yakni tentang pariwisata secara lebih luas.

Tidak hanya itu saja, jurusan pariwisata juga mempelajari tentang MICE. MICE singkatan dari meeting, incentive, convention, and exhibition yang merupakan jenis kegiatan pariwisata kelompok besar yang direncanakan dengan matang.

Di dalam MICE, kita akan belajar tentang manajemen even besar seperti pameran, konser, rapat besar tahunan dan masih banyak lagi yang akan dipelajari secara lebih luas. Dan untuk Sobat Muda yang tertarik di bidang food and beverage atau makanan dan minuman

Kalian juga akan mempelajari tentang pengelolaan restoran, disana akan belajar tentang bagaimana managemen sebuah restoran berjalan dan akan belajar tentang perencanaan untuk membuka suatu restoran itu sendiri. Sejauh ini jurusan pariwisata sangat menarik kan Sobat Muda!

Mengelola even 

Pembelajaran online mata kuliah jurusan pariwisata, Interpretasi Daya Tarik Wisata
Salah satu materi dalam pembelajaran secara daring bagi mahasiswa jurusan pariwisata. Foto : Arsip pribadi

Selain belajar tentang pengelolaan restoran dan MICE, jurusan pariwisata juga belajar tentang budaya Indonesia dan negara lain di dunia loh. Mengapa begitu ? karena budaya juga merupakan faktor penting di dalam pariwisata, agar kita lebih tahu apa saja yang ada di dalam suatu daerah dan juga negara itu sendiri.

Kalian juga akan belajar tentang perbedaan di dalam suatu budaya itu sendiri dan bagaimana cara menghadapi suatu masalah dalam perbedaan budaya. Tidak hanya itu, mahasiswa jurusan pariwisata  mempelajari tentang manajemen perhotelan juga. Sangat lengkap dan juga akan membuka wawasan kalian lebih luas lagi.

Pokoknya, jurusan pariwisata akan membuat pengetahuan dan keahlian kalian semakin bertambah. Kemampuan komunikasi kalian akan bertambah, kemampuan untuk bernegosiasi kalian juga akan bertambah disini. Dan yang pasti lebih menambah wawasan lebih luas lagi.

jurusan pariwisata juga belajar tentang pengembangan suatu desa yang berpotensi dalam pariwisata juga, dan kita bisa berkontribusi dalam pembangunan desa dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat sehingga pengetahuan kita akan pariwisata di Indonesia bertambah dan lebih luas lagi.

“Lalu setelah menyelesaikan kuliah pariwisata, lulusan jurusan pariwisata akan menjadi apa?” begitu antara lain pertanyaan orang ketika ingin memilih jurusan pariwisata. Tentu saja jangan khawatir, karena lulusan pariwisata memiliki prospek kerja yang sangat luas di industri pariwisata. Mulai dari perhotelan, kuliner, tur dan perjalanan wisata, pengelolaan even dan masih banyak lagi.

Para mahasiswa Jurusan Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, sedang berdiskusi dengan sesepuh Desa Citorek, Kabupaten Lebak, Banten pada 4 September 2021. Mengunjungi desa wisata merupakan salah satu kegiatan menambah pengetahuan mahasiswa jurusan pariwisata. Foto : Arsip pribadi

Untuk Sobat Muda yang ingin terjun langsung dalam instansi pemerintah. Lulusan pariwisata juga diperlukan di dalam pemerintahan khususnya dalam pengembangan destinasi wisata milik pemerintah.

Satu hal lagi yang perlu kalian ketahui, terjun  ke dunia pariwisata akan membuat kita menjadi kaya akan pengalaman dan juga banyak bertemu dengan orang baru dan semakin mahir untuk menganalisa apa yang terjadi di dalam dunia pariwisata. Banyak sekali bukan keuntungan yang kita dapatkan ketika memilih jurusan Pariwisata. Kemampuan bahasa kita juga akan terus bertambah dan juga semakin mahir untuk berbicara dengan turis mancanegara.

Jurusan pariwisata sangatlah asik loh.  Selain belajar kita juga bisa sambil menikmati keindahan destinasi wisata di Indonesia dan mempelajari lebih dalam lagi apa yang ada disana. Penulis harap melalui tulisan ini, akan semakin banyak generasi pariwisata Indonesia yang sadar akan industri pariwisata dan mempunyai motivasi untuk menjadikan Indonesia menjadi salah satu sektor pariwisata terbesar di dunia.

Aldeitra Tanu Putri, Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jurusan Pariwisata