Peluang Karir Kuliah Jurusan Perhotelan

0
74

Halo sobat muda, bagaimana kabar kalian ? semoga selalu dalam keadaan sehat dan tetap mematuhi protokol kesehatan dimasa pandemi saat ini. Kali ini ada sesuatu yang menarik yang akan penulis bahas nih, siapa sih yang tidak tahu dengan industri perhotelan. Pasti terdengar sangat tidak asing bukan.

Jika mendengar kata perhotelan pasti terlintas dipikiran teman teman bahwa tempatnya mewah, bersih, serta karyawan hotel terlihat sangat rapi dengan jas dan seragam yang modis. Terlebih lagi, karyawan wanita yang tampil anggun dengan sepatu heels serta riasan dan tatanan rambut yang cantik. Wah sangat menarik bukan.

Siapa nih yang masih bingung setelah lulus sekolah mau melanjutkan kuliah jurusan apa, atau ada yang sudah bekerja tapi belum punya pilihan untuk menentukan bidangnya dimana. Nah jurusan perhotelan ini bisa menjadi salah satu pilihanmu. Prospek kerja dan karir di dunia perhotelan  sudah tidak diragukan lagi jika teman- teman sudah masuk ke industri tersebut.

Jika kalian tertarik kuliah di jurusan perhotelan dan ingin bekerja di bidang yang berkaitan, ada begitu banyak jenis pekerjaan dan jalur karier yang dapat ditempuh di industri. Jika kamu fasih berbahasa asing dan punya cita-cita menjadi pengelola hotel ataupun pengusaha hotel, program studi itu adalah jawabannya. Sudah banyak institusi pendidikan serta universitas negeri maupun swasta yang menyediakan jurusan perhotelan dengan akreditasi yang jempolan loh.

Untuk kalian yang mempunyai minat serta bakat sesuai jurusan tersebut, namun masih terkendala dengan biaya pendidikan, jangan takut ya. Sekarang banyak institusi pendidikan menyediakan beasiswa bagi yang ingin menempuh pendidikan di bidang tersebut sampai wisuda. Sungguh luar biasa ya teman- teman.

Jika kamu masih bingung atau ragu dengan jurusan ini, penulis ada sedikit bocoran nih untuk kalian memahami dulu serba-serbi prodi ini dan apa saja prospek kerja yang bisa kamu lakukan. Pada  umumnya, mahasiswa jurusan perhotelan akan mempelajari keseluruhan aspek bisnis di perhotelan, mulai dari pelayanan (hospitality), tata graha (housekeeping), makanan dan minuman (food & beverage), hingga untuk yang bertugas di kantor depan (front office). Kamu akan ditempa selama 4 tahun atau 8 semester.  Setelah menuntaskan studi kamu berhak atas gelar sarjana terapan perhotelan.

Banyak bidang

Lantas, peluang kerja dan karir di jurusan perhotelan ada apa aja ? Jurusan perhotelan tidak hanya fokus pada operasional hotel dalam memberikan pelayanan yang baik kepada tamu dan lulusan prodi perhotelan tidak hanya berpeluang kerja di hotel. Selama kamu menjadi mahasiswa prodi perhotelan ada banyak ilmu yang akan kamu pelajari, seperti  ilmu hospiltality (pelayanan), pengolahan roti dan kue, pengolahan makanan modern, food and beverage service (pelayanan makanan dan minuman), akuntansi hotel, pengolahan pendapatan hotel, loundry, dan masih banyak lagi.

Dengan bekal ilmu dan ketrampilan yang banyak itu,  maka prospek kerja lulusan prodi perhotelan pun terbuka luas dan ada banyak sekali peluang kerja yang bisa ditekuni, seperti menjadi koki, mengorganisir acara, menjadi manajer restoran, manajer hotel dan kalian juga bisa berkesempatan untuk bekerja di kapal pesiar.

Berkarir di dunia perhotelan tidak akan membuat kalian jenuh, karena setiap hari akan bertemu dengan orang-orang berbeda. Hal itu dapat membuat kita memiliki koneksi yang luas. Wah asyik sekali ya teman teman. Meskipun saat ini sedang pandemi  Covid-19, namun dunia pariwisata akan selalu dibutuhkan oleh setiap orang dan akan terus berkembang. Oleh karena itu, lulusan prodi perhotelan mempunyai prospek karir yang panjang.

Menjadi pengusaha 

Pasti kamu akan berpikir, lulusan perhotelan hanya bisa bekerja di hotel. Padahal jurusan ini tidak hanya membuat para mahasiswanya untuk bekerja di hotel saja. Kuliah jurusan perhotelan kok bisa jadi pengusaha sih?  tentu bisa dong. Berbekal ilmu yang kamu pelajari di bangku kuliah, kamu bisa mulai membuka usaha setelah lulus, selama menjadi mahasiswa prodi perhotelan, kamu akan belajar sistem mengatur perhotelan ataupun restoran. Juga strategi apa yang bisa kamu jalani untuk membuat bisnis hotel dan restoranmu menjadi sukses.

Seperti yang bisa kita lihat, perkembangan industri pariwisata sangat berkembang pesat, dimana banyak para pengunjung yang datang dari luar daerah ataupun diluar negeri berkunjung untuk berwisata yang pastinya membutuhkan jasa akomodasi yang disediakan oleh hotel. Dalam hal ini tentunya bisa menjadi peluang bisnis untuk kalian manfaatkan. Untuk membangun bisnis perhotelan memang bukan sesuatu yang mudah dan  membutuhkan banyak modal.

Akan tetapi kalian bisa memulainya dari yang sederhana seperti membangun kos-kosan dengan fasilitas yang nyaman dan lengkap, membangun penginapan di lokasi yang strategis seperti tempat wisata atau pusat kota. Dengan memulai dari bawah, maka bisnis tersebut dapat dikembangkan jika kalian sudah memiliki cukup modal dan relasi yang luas.

Tidak hanya itu, bidang usaha lainnya yang bisa kamu buka sesuai dengan ilmu yang kamu miliki, seperti membuka bisnis kuliner, kedai kopi, toko kue atau membuka usaha laundry. Jadi, bukan kamu yang mencari pekerjaan, tapi justru kamu yang menciptakan lapangan pekerjaan. Memulai sesuatu dari bawah memang bukan suatu hal yang mudah, tetapi jika kita konsisten dan menekuninya maka akan menjadi peluang yang besar untuk ke depannya.

Peluang besar

Seperti yang kita ketahui hotel merupakan tempat dimana tamu untuk menginap dan menikmati fasilitas yang ada di hotel. Tamu yang datang ke hotel sangat beragam, ada tamu lokal maupun tamu dari luar negeri. Jika kalian mengambil prodi perhotelan, tak hanya mempelajari tentang operasional yang ada di hotel saja. Kalian juga akan mempelajari bahasa asing seperti bahasa inggris, bahasa mandarin dan bahasa lainnya.

Kuliah di jurusan perhotelan akan sangat menyenangkan dan cocok untukmu yang berjiwa petualang, sebab jurusan perhotelan akan memudahkan kesempatanmu untuk magang di luar negeri. Berbekal keterampilan komunikasi dan kemampuan bahasa asing yang kamu pelajari selama kuliah, lulusan perhotelan sudah tidak diragukan lagi deh! Jadi selain bisa bekerja di dalam negeri, kamu juga punya peluang besar untuk go internasional dengan bekerja di hotel-hotel top di dunia .

Perkembangan industri pariwisata yang semakin pesat tak lepas dari tumbuhnya bisnis perhotelan. Hal ini menjanjikan masa depan yang cerah bagi para lulusan jurusan perhotelan dengan peluang kerja yang terbuka lebar. Seperti yang sudah penulis jelaskan di atas, itu hanya sebagian besar peluang kerja serta karir di prodi perhotelan. Masih ada banyak peluang serta karir yang tidak diragukan lagi dari jurusan ini. Luar biasa sekali ya.

Pekerjaan di bidang perhotelan ternyata seru dan sangat bervariasi, bukan? Jadi bagaimana teman teman? Apakah kalian semakin yakin untuk meniti karier di bidang perhotelan? Jika iya, persiapkan diri kalian dari sekarang.

Dita Choirunnisa, mahasiswi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, Jurusan Pengelola Perhotelan.