StudentsxCEOs 10th Grand Summit: Merajut Kreativitas Tanpa Batas di Tengah Pandemi

0
208

Grand Summit merupakan acara tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh StudentsxCEOs Bandung dengan suguhan acara yang apik dan menarik. Penyelanggaraan acara yang kesepuluh  tersebut hadir secara daring di tengah pandemi Covid-19 dengan mengangkat tema Harnessing The Pandemic As a Catalyst of Change”. Tema itu dipersempit dengan fokus terhadap tiga poin  sustainable development goals (SDGs) yaitu kehidupan sehat dan sejahtera, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, dan kemitraan untuk mencapai tujuan.

Rangkaian acara yang terdiri dari preevent seperti talks show dan Instagram take over, Business Case Competition, National Conference, dan The Summit.  Acara itu bisa menjadi wadah mahasiswa untuk bekerja sama dalam menyelesaikan masalah dalam bisnis dan masalah yang terkait dengan keberlanjutan pembangunan lingkungan (sustainable development goals (SDGs). Untuk National Conference dilaksanakan selama tiga hari. Pada 16 April 2021 diadakan coaching sessions dan hari kedua merupakan sesi konferensi yang dibagi menjadi tiga chamber. Pada hari ketiga pun diadakan pitching session dan networking session.

Puncak acara pada 25 April 2021, terdiri dari The Summit berupa talk show dengan tiga topik berbeda bersama pembicara yang ahli di bidangnya. Awarding Night pun menjadi acara hiburan sebagai bentuk apresiasi untuk peserta Grand Summit. Acara tersebut turut dimeriahkan Nomaden, Biagi, dan Reality Club. Keempat acara tersebut dibungkus dalam satu kesatuan dengan jalan cerita yang menarik dan relevan.

Wolo Krisna Paulus Riwu Kaho, manajer divisi The Summit, menjelaskan mengenai rangkaian acara The Summit pada Senin, (28/6/2021). Dokumentasi: Galuh Anisya Fitrananda/Kompas Corner UMN.

“The Summit membungkus empat rangkaian acara dalam satu buah cerita atau film yang menyatukan. Ceritanya sangat relevan dengan kehidupan pelajar online pada saat itu karena mereka target market kita (dan) judul filmnya adalah ‘Recap of the Journey,” ujar Wolo Krisna Paulus Riwu Kaho, Manajer Divisi The Summit.

The Summit dikemas dengan santai, mendidik, dan tema yang relevan. Acara ini memiliki berbagai keuntungan bagi mahasiswa yang mengikutinya. Salah satunya adalah mendapat kesempatan untuk belajar dari pembicara yang ahli seperti Raymond Chins, dr. Sarah Angelique, Tareq Kemal, dan lainnya. Awarding Night ditujukan untuk mengapresiasi peserta yang sudah ikut serta acara Grand Summit dan mengumumkan pemenang dari kategori Business Case Competition, National Conference Best Team, National Conference Best Speaker, dan Best Pre-Conference Essay.

 “Sifat acara (The Summit) asyik banget dan mendidik banget. Apalagi ditambah ada konser-konser di Awarding Night-nya,” jelas Wolo.

 Grand Summit berhasil mendobrak semangat dan kreativitas peserta dengan berinovasi di tengah pandemi. Isu-isu yang ada di Indonesia dikemas dengan menarik dan relevan. Peserta dapat mengetahui skill yang dibutuhkan saat ini dan merasakan manfaat lainnya.

Radifan Athallah Rizky, pemenang Best Speaker National Conference membagikan pengalamannya mengikuti acara Grand Summit kesepuluh pada Jumat, (18/6/2021). Dokumentasi: Vincent Cristian Angkasa/Kompas Corner UMN.

“Untuk model National Conference, ada dua stage. Aku nyusun paper seperti problem identification dan setelah menyusun, baru ikut conference. Dengan format baru, ada kombinasi antara MUN seperti manner, speech, dan FGD. Cuma di StudentsXCEOs ini ada pitching,” kata Radifan Athallah Rizky, mahasiswa Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Ia menjadi pemenang Best Speaker National Conference melalui Zoom

Menurut Radifan, sesi pitching  menarik karena tak semua peserta sudah bisa. Keterampilan yang sedang dibutuhkan saat ini salah satunya, lanjut dia, adalah pitching. Di StudentsXCEOs itu juga ada komunikasi ke orang yang terjun ke lapangan. Misalnya bantuan Covid-19. “Jadi, ada pitching dan interaksi langsung ke orang yang ada di lapangan,” kata Radifan lagi. 

Penulis : Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara/ Galuh Anisya Fitrananda.

Editor : Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara/ Maria Oktaviana.