MICE, Jurusan Keren Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

0
1915

“Kuliah jurusan apa?” Adalah pertanyaan yang sering kali dilontarkan kepada mahasiswa. Orang yang bertanya akan mudah memahami jika kita menjawab hukum, teknik, kedokteran, dan lain sebagainya. Akan tetapi, bagi mahasiswa dengan jurusan MICE pasti akan mendapat pertanyaan yang lebih tentang apa itu MICE.

Cukup banyak orang yang tidak tahu tentang industri MICE. Bahkan jika dijabarkan kepanjangan dari akronimnya kebanyakan orang masih bingung.  Sebenarnya MICE itu tentang apa, dan apa yang dipelajari dan dilakukan di dalam bidang MICE.

MICE merupakan singkatan dari Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition. Sesuai dengan namanya, MICE merupakan bidang yang mengatur berbagai jenis pertemuan khususnya dalam skala besar seperti even, konferensi, pameran, dan lain sebagainya. Bidang ini juga erat kaitannya dengan industri pariwisata, karena termasuk di dalamnya perjalanan insentif, kunjungan, dan lain sebagainya.

Salah satu perguruan tinggi yang menyediakan jurusan tersebut adalah Politeknik Negeri Jakarta. Program Studi MICE ada di bawah jurusan Administrasi Niaga. Mahasiswa yang mengambil jurusan itu akan belajar di program D4. Ketika lulus, ia akan mendapat gelar sarjana terapan.

Bercakupan luas

Jawabannya adalah banyak sekali. Mahasiswa MICE akan belajar tentang bagaimana memproduksi sebuah even. Mulai dari tahap perencanaan, bidding, sponsor, logistik, pemilihan akomodasi, pembuatan layout, proses registrasi, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan pelaksanaan even.

Tentu bukan hanya tentang even, mahasiswa juga akan mendapatkan ilmu kepariwisataan, keprotokolan, perkantoran, komunikasi, database dan masih banyak lagi. Cakupan ilmu yang dipelajari sangat luas sehingga kita tidak perlu khawatir akan prospek kerja yang ditawarkan di bidang MICE.

Prospek kerja yang di tawarkan oleh bidang MICE juga sangat beragam. Lulusan MICE dapat berkarir dibidang event planner, event marketing, event consultant, event organizer, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, lulusan MICE juga bisa bekerja pada perusahaan yang membutuhkan sumber daya manusia yang mampu mengorganisir penyelenggaraan perhelatan baik lokal, nasional maupun internasional seperti perusahaan-perusahaan multinasional.

Atau bisa juga di hotel, pada  acara Professional Conference Organizer (PCO), Professional Exhibition Organizer (PEO), biro perjalanan wisata, perusahaan periklanan, hingga media massa baik cetak maupun elektronik. Tidak menutup kemungkinan pula lulusan MICE bisa untuk membuka usaha sendiri dengan membentuk event organizer yang baru dan mengelolanya sendiri.

Bagi para pelajar di tingkat SMA yang merasa memiliki minat dan passion dalam penyelenggaraan sebuah acara, MICE adalah pilihan yang tepat untuk kalian. Tentu saja tidak hanya tentang even, nanti akan banyak sekali ilmu yang didapat yang akan sangat berguna bagi kalian yang memiliki minat pada industri MICE.


Fika Handayani, mahasiswi Program Studi MICE, Politeknik Negeri Jakarta