Peluang Bisnis Anak Milenial di Tengah Pandemi

0
1160

Halo sobat Muda, wah tidak terasa sudah satu tahun lebih kita beradaptasi dengan pandemi Covid-19. Dengan adanya pandemi seperti sekarang ini, semua kegiatan seperti sekolah, kuliah, kerja menjadi terhambat karena semua aktifitas harus dilakukan di rumah. Hal itu kita lakukan untuk menghindari terpaparnya virus Korona serta harus menjaga kesehatan dan imun tubuh.

Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini banyak sekali orang kehilangan pekerjaan, pendapatan menurun dan bisa juga kita lihat perubahan perilaku masyrakat seperti perubahan pola konsumsi, dan hampir semua kegiatan dilakukan dirumah dan terkoneksi secara digital.

Sebagai anak milenial dengan kondisi seperti ini, bisa kita manfaatkan untuk menjadikan peluang bisnis. Generasi milenial merupakan generasi yang inovatif, penuh dengan kreasi dan pastinya kita sebagai generasi yang melek dengan internet dan sosial media bisa memudahkan kita untuk berwirausaha. Apalagi di tengah pandemi  yang mengharuskan kegiatan belajar mengajar dilakukan dirumah. Dengan kesempatan seperti itu, kita bisa memanfaatkan waktu luang untuk menciptakan peluang bisnis dengan kreatifitas dan inovasi yang  bisa kita buat sendiri atau sesuai passion kita.

Untuk kalangan pelajar ataupun mahasiswa pasti sering kali berpikir kalau ingin membuka sebuah usaha akan terkendala oleh modal yang banyak untuk memulainya. Di zaman sekarang tidak ada hal yang tidak mungkin kita lakukan, siapapun bisa jadi pebisnis, termasuk juga anak muda. Terlebih saat ini teknologi berkembang dengan begitu pesat, sehingga  banyak kesempatan bagi kita yang ingin memulai bisnis kecil tanpa mengeluarkan modal besar.

Nah jika kamu ingin memulai bisnis, beberapa peluang usaha di bawah ini bisa menjadi pilihanmu.

Toko daring

Salah satu bisnis yang bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk mahasiswa adalah berjualan secara daring atau online. Bisnis online merupakan usaha yang sangat terjangkau bagi kalangan mahasiswa. Caranya mudah dan tak butuh modal yang besar dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Terlebih pada masa pandemi saat ini, toko online  bisa jadi salah satu pilihan peluang usaha, karena dimasa pandemi pun peluang bisnis online justru sedang berkembang pesat.

Media sosial bisa menjadi platform awal untuk berjualan dan mengembangkan toko kamu. Memilih produk jualan secara daring tak boleh asal pilih juga ya. Kamu harus melihat kira-kira produk apa yang sedang hits dan banyak peminatnya dipasaran, selain itu kamu juga harus menyesuaikan dengan modal yang kamu punya.

Produk yang saat ini banyak dicari dan laris di pasar online seperti fesyen, aksesoris, produk kecantikan, apalagi saat pandemi setiap orang wajib menggunakan masker. Tak cukup hanya itu, banyak anak muda melengkapi bawaannya dengan hand gel dan antiseptik semprot yang harus mereka bawa ke mana pun guna mencegah penyeban virus Korona. Nah produk-produk tersebut bisa menjadi salah satu untuk kamu jual secara daring.

Giat berbisnis bisa jadi salah satu kegiatan positif yang bisa kamu jalani sambil kuliah dan mengisi waktu luang dirumah selama masa pandemi. Ada banyak ide bisnis daring bagi mahasiswa yang bisa kamu pilih. Sekarang tinggal bagaimana kamu menyikapi hal ini, tak perlu ragu dan ingatlah bahwa manfaat yang diberikan akan lebih banyak.

Kerajinan tangan

Untuk kamu yang memiliki tangan-tangan kreatif, usaha kerajinan tangan bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan loh. Sebab, karya seni dan keunikannya menjadi daya tarik yang dicari banyak orang. Potensi kreativitas tentu tidak memiliki batas meski telah banyak orang yang menggeluti bidang usaha kerajinan tangan. Jika kamu memiliki  Ide-ide kreatif kamu bisa merealisasikan ide tersebut menjadi sumber penghasilan dengan membuat bisnis kerajinan tangan (handmade).

Banyak barang yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat suatu produk kerajinan tangan seperti dari barang bekas, kain perca, kertas daur ulang, atau kardus bekas. Produk dapat dibuat beragam, tergantung dari kreativitas kamu. Jangan hanya memendam kreatifitas yang kamu miliki, karena saat ini adalah era di mana kreatifitas sangat dibutuhkan.

Untuk mahasiswa ataupun pelajar, bisnis ini bisa manjadi salah satu pilihan kalian untuk mengembangkan kreatifitas yang kalian miliki. Apalagi modalnya tidaklah besar misalnya bagi kalian yang mampu mengolah bahan limbah seperti mengolah kembali botol minuman  plastik menjadi benda lain yang berguna seperti tempat pensil atau pot bunga.

Jika kamu mempunyai hobi melukis, kamu bisa meningkatkan imajinasi dan kreativitas kamu untuk menciptakan hal-hal yang baru dengan lukisan. Keahlian-keahlian ini dapat menghasilkan berbagai produk kerajinan yang bernilai seni tinggi. Dan makna dari lukisan yang dibuat bisa menjadi sumber penghasilan untuk kamu.

Kamu dapat memasarkan produk kerajinan kamu atau jasa melukis kamu lewat media online, sehingga jangkauan pemasarannya pun semakin luas. Mengisi waktu luang selama pandemi covid 19 dengan hal yang positif seperti membuat kerajinan tangan dapat menjauhkan kita dari hal-hal negatif, termasuk  stres.

Bisnis kuliner

Ditengah pandemi Covid -19 seperti ini, pembatasan aktivitas di luar rumah yang ketat membuat orang enggan berlama-lama nongkrong di tempat umum, termasuk juga di restoran, rumah makan atau cafe. Tujuannya tentu untuk menekan penyebaran virus Korona di masyarakat. Peluang bisnis kuliner secara daring bisa kamu manfaatkan selama pandemi, ketika orang memilih tak keluar rumah dengan bebas untuk membeli ataupun makan di tempat.

Bisnis kuliner daring bisa dimulai oleh siapa saja dan tak butuh modal besar, kamu tidak perlu menyiapkan lapak dengan biaya sewa yang mahal, cukup dengan mempromosikan makanan kamu di media sosial. Atau bisa juga kepada teman kuliah dan  aplikasi pemesan makanan seperti Grab Food atau Go-Food sehingga orang tetap dapat membeli makanan tanpa keluar rumah. Dengan modal yang kecil usaha ini dapat berjalan dan cocok untuk kamu sebagai mahasiswa yang ingin memperoleh pendapatan tambahan dengan cara bisnis makanan secara daring.

Jenis makanan yang dapat kamu jual pun beragam. Ada makanan rumahan siap saji, cemilan ringan kekinian seperti keripik, gorengan, sampai produk makanan olahan yang sudah dibekukan agar makanan bertahan dalam beberapa hari. Tak hanya makanan, kamu juga bisa menjual kuliner minuman kekinian dengan menu baru yang laris dipasaran seperti Jus sehat dari buah-buahan, dalgona coffe, boba atau mocktail.  Jika kamu memiliki modal yang lumayan banyak, membeli franchise mungkin bisa menjadi pilihan menarik.

Kamu nggak perlu bingung menentukan konsep bisnis yang ingin kamu jalankan, karena kamu hanya tinggal menjalankan bisnis yang sudah ada. Ada banyak sekali franchisor kuliner yang cukup populer, seperti kebab, ayam goreng, dan lainnya. Tinggal kamu tentukan aja yang sesuai dengan modal kamu,

Ternyata banyak juga ya bisnis kuliner online yang bisa kamu jalankan. Kebetulan semua bisnis kuliner tadi bisa disesuaikan dengan modal yang kamu miliki ya, jadi kamu nggak perlu menyiapkan modal terlalu besar. Dengan cara ini bisnis kuliner tetap bisa mempertahankan eksistensinya terutama bagi mahasiswa yang memiliki ide kreatif dapat memanfaatkan peluang ini untuk mencari penghasilan tambahan selama pandemi.

Nah, bagi kalian yang ingin memiliki penghasilan tambahan, terutama jika kalian adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang sedang belajar untuk mandiri secara finansial. beberapa peluang bisnis  di atas bisa menjadi solusi bagi kalian yang berniat memulai bisnis. Bisnis untuk pelajar dan mahasiswa bukan hanya menambah uang saku, tetapi sebagai modal dan pengalaman yang dapat dijadikan pilihan setelah lulus kuliah dan tidak akan pusing mencari-cari pekerjaan.

Jiwa pengusaha memang perlu kamu tumbuhkan oleh karena itu, cari tahu apa bakat dan kemampuan pribadi yang ada di dalam diri kamu. Lalu tentukan bisnis yang sesuai dengan  keterampilan yang kamu kuasai. Tidak ada bisnis yang cepat mencapai sukses, semua membutuhkan proses dan waktu. Ada banyak pengorbanan yang harus dipersiapkan. Selalu berpikir kreatif dan inovatif akan mengantarkan Kamu pada sebuah ide yang belum pernah ada sebelumnya. Sekarang tinggal bagaimana kamu menyikapi hal ini, tak perlu ragu dan ingatlah bahwa manfaat yang diberikan akan lebih banyak sehingga peluang sukses pun semakin besar.

Dita Choirunnisa, mahasiswi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, Jurusan Pengelola Perhotelan