Belajar Mencintai Diri Sendiri Pada Masa Pandemi

0
532

Sobat Muda, apakah kalian di masa pandemi ini sudah bisa menerima diri sendiri? Apakah di masa pandemi ini kalian sudah belajar untuk lebih lagi mencintai diri sendiri? Sebenarnya, apa sih definisi self love atau mencintai diri sendiri itu? Bagaimana cara supaya kita bisa mencintai diri sendiri dan menerima diri kita di masa pandemi ini? Mari kita bahas Sobat Muda!

Self love atau mencintai diri sendiri adalah berusaha untuk menyayangi diri sendiri, dan menerima diri sendiri secara apa adanya. Self love adalah suatu keadaan untuk menerima kekurangan dan juga kelebihan pada diri sendiri, memberi dukungan pada diri sendiri dan juga berusaha untuk menerima dan memaafkan diri sendiri.

Mencintai diri sendiri sangat penting untuk diri kita sendiri, tetapi di zaman sekarang, banyak orang belum bisa menerima dirinya sendiri dan cenderung menyalahkan diri sendiri karena kesalahan yang mereka buat yang tidak bisa mereka terima. Akibatnya, banyak diantara kawan-kawan itu kemudian berani  menyakiti diri mereka atau yang bisa dibilang dengan self harming.

Orang yang memiliki self love berbeda dengan orang yang narsisme, orang yang self love cenderung untuk menghargai diri sendiri dan dapat berteman dengan dirinya sendiri sehingga bisa menjadi seseorang yang baik untuk diri sendiri dan orang lain. Sedangkan orang yang narsisme cenderung egois dan mengutamakan dirinya sendiri daripada orang lain dan mencintai dirinya secara berlebihan.

Di masa pandemi saat ini, mencintai diri sendiri sangat penting, karena banyak kegiatan kita yang sangat terbatas dilakukan di luar rumah. Apalagi bagi orang yang sering sekali melakukan kegiatan di luar rumah dan tiba tiba menjadi tidak bisa kemana mana karena pandemi COVID-19 ini. Akibatnya, banyak sekali yang menjadi stres, depresi, dan menyalahkan keadaan.

Efek dari pandemi akan menjadi berat ketika dirasakan oleh orang yang sangat mudah tertekan dan selanjutnya akan cenderung untuk menyalahkan diri sendiri dan juga keadaan di sekitarnya.

Self love menjadi suatu upaya untuk menerima diri sendiri di masa  ini. Tanpa mencintai diri sendiri seseorang tidak akan merasa bahagia, cemas, dan akan selalu merasa overthinking.

Bagaimana sih agar bisa tetap mencintai diri sendiri di masa pandemi ini?

Perbanyak waktu diri sendiri

Me time atau waktu untuk diri sendiri sangatlah penting loh Sobat Muda! Bila sudah merasa lelah akan produktifitas yang kita lakukan sehari-hari, “me time” tidak hanya dilakukan di rumah saja dengan menonton drama Korea kesukaan atau film yang baru saja rilis di situs favorite kita. Kalian juga bisa membuat “me time” versi kalian sendiri.

Kita Juga bisa melakukannya dengan kegiatan lain seperti memasak, membaca buku dan juga berolah raga. Memasak adalah salah satu media yang sangat tepat juga loh Sobat Muda, karena dengan memasak kita bisa merasakan suatu kesenangan sendiri dengan hasil masakan yang kita buat.

Mencari inspirasi untuk suatu karya tulisan juga termasuk “me time” untuk sebagian banyak orang yang suka menulis suatu karya. Dari “me time” kita bisa menemukan sumber inspirasi dari apa yang kita lakukan ketika sendiri. Dan juga kita bisa mendapatkan motivasi yang bisa berguna untuk banyak orang.

Kesadaran diri

Untuk yang ingin lebih mencintai diri sendiri, kita harus sadar akan diri kita sendiri. Dengan cara itu kita belajar lebih lagi untuk mengenal diri sendiri. Mulai dari tujuan yang kita buat untuk ke depan, karakter yang kita punya dan juga apa saja yang kita sukai dan tidak kita sukai.

Menyadari sendiri adalah salah satu langkah yang tepat untuk kita yang lebih lagi mau mencintai diri sendiri. Dari hal ini kita belajar tentang sesuatu hal dari diri kita yang belum kita tau. Kita bisa cari tau tentang apa saja rencana kita untuk lima tahun ke depan atau cari tahu tentang nilai yang ada di dalam diri kita.

Menyadari diri sendiri juga bisa dengan mengintropeksi diri sendiri kita terhadap apa yang kita lakukan selama ini Sobat Muda. Dari sini kita belajar dari kesalahan kita yang kita perbuat sebelumnya dan belajar dari kesalah agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Dengan cara ini kita bisa lebih tau dan matang untuk mengambil suatu keputusan yang terjadi. Menyadari diri sendiri juga bukan berarti kita egois dan tidak memikirkan orang lain, dari sini kita akan belajar untuk lebih bisa menghargai orang lain.

Hargai diri  sendiri

Percaya diri adalah kunci penting untuk kita bisa mencintai diri kita sendiri, dengan rasa percaya diri kita tidak akan melihat dan membandingkan pencapaian orang lain dan akan anggap diri kita adalah individu yang berharga.

Percaya diri juga sangat penting untuk kita bila menghadapi sesuatu yang melibatkan orang banyak. Orang akan melihat kita dengan Percaya diri yang sangat tinggi dan akan termotivasi juga supaya mereka bisa seperti kita.

Dan jangan lupa juga untuk anggap diri kita sendiri berharga, karena itu adalah poin yang penting juga untuk kita bisa mencintai diri sendiri loh Sobat Muda!. Kita sangat berharga dan kita pantas untuk mendapatkan cinta dari orang lain dan cinta dari diri sendiri.

Selalu bersyukur 

Bersyukur adalah kunci yang terpenting untuk kita bisa mencintai diri kita sendiri. Karena dari bersyukur kita bisa melihat hal yang sederhana menjadi hal yang luar biasa indahnya, karena bersyukur adalah melihat segala sesuatu dengan rasa terima kasih kepada Tuhan Yang Maha esa.

Bersyukur dengan apa yang kita punya, yang kita dapat dan bersyukur karena kita bisa hidup di dunia ini dengan sehat tanpa suatu kekurangan adalah hal yang sangat penting untuk kita bisa lebih lagi mencintai diri sendiri.

Dan juga kita harus bersyukur atas kekurangan yang kita punya, karena itu adalah hal yang sangat bagus untuk diri kita sendiri bila kita ingin mencintai diri kita sendiri. Cukup dengan mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri adalah hal yang sangat sederhana tapi bisa menjadi diri kita lebih baik lagi.

Walaupun pandemi COVID-19 ini belum berakhir, tetapi jangan lupa untuk tetap mencintai diri sendiri ya Sobat Muda! Karena mencintai diri sendiri adalah hal yang penting di masa seperti ini.

Mari kita belajar menghargai dan mengapresiasi diri sendiri atas semua hal yang kita lakukan Sobat Muda! Karena diri kalian juga pantas untuk dicintai!

Aldeitra Tanu Putri, mahasiswi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta Jurusan Pariwisata.