Ubah Dirimu Untuk Menyambut Hari Esok Lebih Baik

0
92

Tidak terasa satu bulan lagi kita akan memasuki akhir penghujung tahun. Tahun ini menjadi tahun yang berat karena ada wabah yang mengharuskan kita untuk tetap di rumah. Kegiatan yang dilakukan pun hanya monoton, seperti: belajar daring, mengerjakan tugas, scrolling sosial media, dan yang paling favorit adalah rebahan.

Rumah memang tempat isirahat paling aman dan nyaman. Namun, untuk tahun ini, rumah bagaikan sangkar yang mengurung kita hingga timbul perasaan cemas, stress, jenuh, dan tidak bersemangat untuk melakukan apapun.

Merasa waktu yang dilewati terbuang sia-sia, terkadang muncul dipikiran “Tahun ini aku sudah melakukan apa saja?” “Apa yang sudah aku raih?” “Apa hanya rebahan bisa membuatku sukses kedepannya?”  “Apakah aku bisa membahagiakan kedua orangtuaku kelak?” Negative thinking sebelum tidur seperti suatu kewajiban yang dilakukan dan pada akhirnya membuat kita menjadi tidak percaya diri dan susah untuk maju.

Hanya memikirkan tanpa ada tindakan tidak akan membawa perubahan. Inilah saatnya kita bergerak untuk berubah, daripada melakukan kegiatan yang hanya meninggalkan kenangan tak berarti. Bagaimana kalau kita mencoba hal-hal baru yang bisa membuat diri kita menjadi orang yang berbeda saat bertemu teman-teman di sekolah nanti ketika pembelajaran sudah kembali normal?

Tapi, bukannya kalau baru mau mulai sekarang, sudah telat?

Kalian pasti sering sekali mendengar  “tidak ada kata terlambat untuk berubah” dan “jika ada kemauan, pasti ada jalan.” Nah, bagaimana kalau kita mencoba untuk membuktikan perkataan itu? Yuk, ikuti langkahnya.

Niat

Hal yang paling mendasar untuk melakukan sesuatu adalah berawal dari niat. Dengan niat, kita akan memiliki dasar yang kuat dan tidak mudah goyah kedepannya, karena disetiap hal yang ingin kita lakukan pasti ada saat-saat jenuh yang menyebabkan kita berhenti di tengah jalan. Nah, untuk menghindari hal tersebut, alangkah baiknya kita niatkan lebih dahulu dengan serius, kalau kamu ingin bisa melakukan sesuatu yang baru.

Temukan sesuatu

Setelah mempunyai niat yang kuat, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu apa yang ingin kamu lakukan. Temukan sesuatu yang membuat kamu tertarik melakukannya agar kamu dapat menjalankannnya dengan sepenuh hati dan tidak setengah-setengah. Biasanya, banyak ide-ide yang bermunculan saat kamu menentukan hal yang ingin kamu lakukan. Tetapi, sebaiknya kamu fokus kepada satu tujuan lebih dahulu agar lebih terarah.

Mulailah

Lakukan sesuatu yang telah kamu pilih untuk dicoba. Jangan merasa takut untuk melakukan hal baru, karena kita tidak akan tahu bagaimana kedepan. Disamping itu, akan ada tantangan yang menghampiri kamu kelak, namun adanya tantangan akan membuat kamu jauh lebih berani dan tidak mudah jatuh.

Di rumah saja bukan alasan menjadi malas dan tidak melakukan apapun. Justru kita dapat memanfaatkan moment ini untuk melakukan hal baru yang belum bisa kita lakukan sebelumnya. Jalani dengan perlahan dan rasakan manfaatnya. Mari kita sambut hari esok untuk perubahan yang lebih baik lagi.

Sasti Alifiandhira, mahasiswi Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu kesehatan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.