Menanti Keseruan Ulang Tahun Ke-14 Kompas Muda

0
133

Tak terasa, sebentar lagi perayaan ulang tahun ke-14 Kompas Muda akan diselenggarakan pada Sabtu, 20 Februari 2021. Perayaan ulang tahun kali ini tentunya akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena tidak ada momen kumpul bersama di kantor Harian Kompas Jakarta. Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai membuat kebersamaan anak-anak muda yang bergabung di Kompas Muda tak bisa digelar secara tatap muka.

Tapi, Sobat Muda tidak perlu bersedih. Di tahun 2021 Kompas Muda tetap menggelar perayaan ulang tahun meskipun  secara virtual lewat platform zoom. Pastinya, enggak kalah seru dong. Tentunya, perayaan ini dibantu oleh sobat-sobat muda yang menjadi volunter dengan ide-ide kreatifnya.

Perayaan ulang tahun Kompas Muda  kali ini mengambil tema  “Mengenal Diriku untuk Mengenalmu” dengan menghadirkan pembicara psikolog remaja Anastasia Satriyo M.Psi, Psi. Dalam kebersamaan pada akhir pekan nanti, kami mau mengajak Sobat Muda untuk saling menguatkan di situasi yang tidak pasti saat ini.

Sejak tahun lalu, Sobat Muda pasti berusaha keras untuk bertahan dalam jarak dan kesendirian. Tidak dipungkiri, pasti ada saatnya kita merasa kesepian. Namun, itu bukan berarti kita benar-benar jadi sendirian. Kondisi ini memang tidak mudah, tapi kita bisa sama-sama saling menguatkan. Melalui perayaan ulang tahun ini Kita bisa kumpul-kumpul lagi meski dalam kondisi virtual.

Mengenal diriku untuk mengenalmu bertujuan untuk mengenali diri sendiri terlebih dahulu untuk mengembalikan potensi yang kita miliki. Lalu, setelah mengenal diri sendiri akan lebih mudah untuk mengenali dan memahami orang lain sehingga akan terbentuk hubungan yang saling menguatkan satu sama lain. Situasi di kala pandemi tentunya menimbulkan berbagai gejolak perasaan seperti merasa sendiri dan terdapat rasa insecure.

“Banyak hal yang membuat tidak enak. Acara HUT Kompas Muda ini bikin perasaan yang ada bakal membaik,” ujar Alief Brahmarizky selaku Koordinator HUT ke-14 Kompas Muda. Kamis (18/02/2021).

Di balik layar 

Keseruan HUT Kompas Muda Sabtu nanti, tidak bisa dilepaskan dari peran sobat muda para magangers Kompas Muda Batch 8-11 yang rela menyisihkan waktu di sela kesibukan kuliah daring. Masa pandemi ini memberikan pengalaman baru bagi panitia yang mempersiapkan seluruh acara online sesuai dengan anjuran kesehatan.

Afida Rachman, anggota Divisi Humas HUT ke-14 Kompas Muda, menceritakan bergabung jadi panitia membuat dirinya mengenal teman-teman dari setiap batch magangers Kompas Muda. “Iya, sekarang jadi kenal nama-namanya karena pas meeting via online muncul nama dan muka. Terus, ternyata ada yang jadi adek tingkat aku di UI,” papar Afida.

Suasana rapat virtual panitia HUT Kompas Muda yang dilakukan sejak sebulan sebelum hari H pada akhir pekan ini. Foto : Kemas Muhammad Adri Mahindra

Alief mengatakan, panitia menggelar rapat online berama Tim Kompas  tiap minggu. Ada pula rapat di antara anggota divsisi.

“Persiapan online ini banyak hal yang harus dibahas, mulai dari tema yang diangkat, konsep acara dan teknologi yang dibutuhkan. Sehingga, dibutuhkan persiapan lebih matang untuk mencegah kesalahan teknis,” ujar Alief.

Gracello Yeshua, yang bergabung di divisi acara, persiapan HUT Kompas Muda online membuatnya menggali atau mengeksplorasi banyak hal baru. Panitia pada tahun ini akan menampilkan konten digital yang bisa diakses oleh sobat muda dengan mudah. Hal yang sama juga disampaikan oleh Alief, bahwa acara tahun ini akan memaksimalkan konten digital.

Rangkaian acara juga akan dikemas dengan seru, salah satu rangkaiannya adalah instagram live Mengatasi Rasa Insecure bersama Anastasia Satriyo yang telah dilaksanakan pada Rabu (17/02) lalu. Pada kesempatan itu, Sobat Muda banyak sekali bertanya untuk mengatasi insecure dan rasa tidak nyaman terhadap diri sendiri. Rangkaian acara kemudian akan dilanjutkan pada hari Sabtu nanti yang menampilkan kejutan-kejutan bagi Sobat Muda.

Gracello berharap, pada pelaksanaan hari Sabtu nanti Sobat Muda dapat mengakses dengan mudah dan dapat menikmati keseluruhan rangkaian acara. Sampai berjumpa, Sobat Muda!

Penulis : Faizah Diena, Magangers Batch IX dan Mahasiswa Universitas Indonesia