Serunya Nonton Konser Virtual BLACKPINK

0
268

BLACKPINK, grup musik perempuan asal Korea Selatan, menggelar konser virtual pertama mereka yang bertajuk “The Show” pada Minggu, 31 Januari 2021, pukul 14.00 KST atau pukul 12.00 waktu Indonesia bagian barat. Konser yang disiarkan secara langsung melalui akun YouTube BLACKPINK merupakan hasil kerja sama antara YG Entertainment dengan YouTube Music. “The Show” tersedia secara eksklusif di kanal YouTube BLACKPINK. Dalam konser tersebut, BLACKPINK membawakan lagu-lagu dari album “The Album” yang dirilis pada Oktober 2020 dan versi baru dari lagu-lagu lamanya. 

Terdapat dua jenis tiket konser “The Show” yang bisa dibeli yaitu standard (Rp 449.800) dan plus (Rp 599.800). Keduanya bisa dibeli dengan cara berlangganan di akun YouTube Blackpink selama sebulan. Pembeli tiket kategori standard bisa mengakses secara eksklusif siaran langsung konser dan siaran ulang. Sementara itu, pembeli tiket kategori plus, tak hanya menonton konser dan siaran ulang, tetapi juga bisa mengakses konten persiapan BLACKPINK di belakang layar berupa latihan-latihan dan momen lucu antaranggota. 

Satu jam sebelum konser, pukul 11.00 WIB, akses untuk masuk ke laman konser dibuka. Blinks, sebutan fans BLACKPINK, sudah ramai berkumpul dan mengetik pada kolom komentar. Tak hanya mengetik kata-kata saja, Blinks juga dapat menghias pesan dengan stiker bergambar animasi wajah keempat anggota BLACKPINK dari Zepeto. Beragam ekspresi yang dapat dipilih mulai dari senang, kaget, dan lucu sampai sedih serta marah. Selain stiker bergambar wajah, terdapat pula stiker yang bertema warna hitam dan merah jambu berupa inisial “B” dan “P” dari BLACKPINK, gitar, kamera, kotak hadiah, dan bunga mawar. 

Selama menunggu konser dimulai, penonton mendengarkan dua audio lagu dari “The Album” yaitu “You’ll Never Know” dan “Pretty Savage” dengan tampilan gambar bumi dan mahkota ciri khas “The Album”. Setelah itu, muncul iklan layanan masyarakat dari BLACKPINK untuk COP26 yang mengajak semua orang peduli dengan lingkungan. 30 menit sebelum konser dimulai, semua musik video yang ada di YouTube BLACKPINK mulai ditampilkan. 

Waktu menunjukkan pukul 12.01 WIB saat konser dimulai. Pada video intro, terlihat berbagai angka yang menunjukkan waktu dari berbagai negara di belahan dunia mulai dari Korea Selatan hingga Perancis. Di akhir video tersebut, terlihat efek ledakan dan muncullah keempat anggota BLACKPINK yang menyanyikan lagu “Kill This Love”. Jenchulichaeng, sebutan lain BLACKPINK, kompak memakai gaun. Lagu kedua yang mereka nyanyikan adalah “Crazy Over” You dengan koreografi yang tak pernah dilihat pada video latihan. 

Lightstick dan isi dari “The Album” versi keempat terletak di depan layar televisi untuk konser “BLACKPINK: The Show”. Foto : Dokumen pribadi.

Setelah menyanyikan dua lagu, BLACKPINK menyambut Blinks dengan hangat dan ramah. Selama percakapan, tersedia subtitle bahasa Inggris agar Blinks mudah mengerti dan merasa dekat dengan BLACKPINK. Satu per satu anggota BLACKPINK mengenalkan diri dan memberi kesan pertama dari konser virtual ini. Jisoo berkata, “Sudah cukup lama kami tidak tampil dan ini membuatku gugup. Semoga penampilan kami bisa menghibur,”. Rosé dengan penuh semangat berseru, “Let’s get ready!”

Mereka berempat pun dengan penuh energi bernyanyi sekaligus menari lagu “How You Like That”, “Playing with Fire”, dan “Lovesick Girls”. Konsep setiap lagu bermacam-macam dengan pakaian yang berbeda mulai dari gaun sampai atasan dan bawahan gelap. Di sela-sela lagu, terlihat video berkonsep luar angkasa dan terdengar sayup-sayup lirik “Playing with Fire”.

Terdengar pula “voice-over” Lady Gaga pada bagian dia  menyanyi.

Tak hanya penampilan secara grup, masing-masing anggota menyanyikan lagu secara individu. Jisoo menyanyikan cover lagu “Habits (Stay High)” oleh Tove Lo bertempo lambat dengan konsep penampilan serba warna ungu. Sementara itu, Lisa yang berambut keriting terlihat menyanyi sekaligus menari lagu “Say So” oleh Doja Cat. Konsep panggung Lisa serba warna emas. Ia berdansa di atas lantai berwarna-warni. 

Jisoo dan Lisa sudah menampilkan panggung individu mereka, di sela-sela menuju penampilan individu dari Jennie dan Rosé, keempat anggota BLACKPINK berkumpul kembali dan bernyanyi “Sour Candy” yang merupakan lagu kolaborasi dengan Lady Gaga. Konsep panggungnya futuristis dengan warna ungu dan merah jambu. Terdengar pula voice-over Lady Gaga pada bagian dia menyanyi. Setelah lagu tersebut, mereka saling berbincang tentang penampilan Jisoo dan Lisa sebelumnya. Jennie dan Rosé terlihat kagum akan Jisoo dan Lisa. 

Kini giliran Jennie tampil secara individu melalui lagunya “Solo” dengan konsep panggung serba warna merah membara. Ia melantunkan bagian rap baru yang menambah sensasi dalam lagunya. Setelah Jennie, giliran Rosé yang tampil untuk memperkenalkan lagu pertamanya. Panggung individu Rosé yang telah Blinks tunggu-tunggu akhirnya tiba. Lagu yang dibawakannya berkesan cukup sedih karena mengisahkan putus cinta. Dengan konsep serba warna putih, Rosé bernyanyi merdu diiringi gitar. 

Tibalah pada puncak konser yaitu penampilan lagu “Pretty Savage” yang sebenarnya mirip dengan penampilan mereka di “The Late Late Show with James Corden”. Tak lupa juga ditampilkan lagu “DDU-DU DDU-DU” dengan konsep meriah, lantai dipenuhi air setinggi mata kaki dengan latar belakang bara api menyala. BLACKPINK menyanyi dengan penuh gairah dan menggelegar. 

Tampilan layar untuk nonton konser virtual “BLACKPINK: The Show” dilengkapi fitur kolom komentar dengan stiker animasi BLACKPINK dari Zepeto di sebelah kanan. Dokprib Kompas Corner.

Para anggota BLACKPINK pun bercerita pengalaman mereka untuk sampai di konser virtual ini. Sejak masa pelatihan atau sebelum debut, keempat anggota ini memiliki mimpi untuk tampil di mata dunia. Berkat usaha dan kegigihan mereka, mimpi itu dapat  terwujud saat ini. Mereka juga turut prihatin akan masyarakat yang terdampak dari pandemi Covid-19 sehingga konser pun harus berjalan secara daring. Lisa berkata, “Aku rindu sekali mendengar teriakan Blinks dan suara lightstick yang ramai.” Terdengar alunan musik lagu “Stay” yang mengiringi perbincangan Lisa dengan anggota lainnya. 

Menuju bagian akhir konser, BLACKPINK menyanyikan lagu “Whistle”, “As If It’s Your Last”, dan “Boombayah”. Ketiga lagu tersebut merupakan lagu lawas, tetapi di bagian akhirnya diberikan efek baru dan koreografi yang menarik sehingga penonton tidak bosan. Setelah tampil, mereka kembali mengobrol dan membahas lagu Rosé yang segera rilis.

Akan tetapi, Rosé tak mau membeberkan banyak hal, maka ia mengalihkan perbincangan kepada Lisa yang kemudian berbahasa Thailand. Ia menyampaikan salam kepada keluarganya yang jauh dari Korea Selatan. BLACKPINK pun menutup konser mereka dengan memperkenalkan The Band Six dan Crazy Dancers yang memeriahkan konser virtual ini. 

Pada akhir konser, berdurasi satu jam 30 menit, dua Blinks menyampaikan kesan dan pesan. “Di konser BLACKPINK tahun ini, jujur speechless karena banyak hal baru sampai banyak banget (hal-hal) yang baru. Aku sampai enggak tahu harus komen apa. This concert is so awesome and wonderful, the girls get the power! Stay always with BLACKPINK, kata Delia Anastasya (19), penggemar berat BLACKPINK yang kuliah di Jurusan Bisnis Manajemen Widyatama University Bandung, usai nonton konser tersebut.

Selain itu, salah satu fanboy Blinks, Qoda Yasin (18) yang kuliah di Fakultas Teknik Universitas Padjajaran Bandung berkata, “Pecah banget (konsernya)! Sayangnya kurang lama konsernya, tetapi masih bersyukur YG mengadakan konser daring yang unexpected.” 

 

Penulis: Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara Tangerang/ Maria Oktaviana. 

Editor:  Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara Tangerang/ Pathrichia Putriani Syamsury.