“Kalapa Klopo” Menuai Prestasi

0
288

Kalapa Klopo merupakan usaha yang bergerak dibidang makanan dan minuman yang berdiri  sejak tahun 2019. Saepul Imam, founder dan owner usaha Kalapa Klopo bersama tim beranggota Ayu Diah Damayanti di bagian pemasaran dan M. Ravi Hartono pada bagian produksi merupakan mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan, Universitas Al-Azhar Indonesia Jakarta.

Usaha tersebut memproduksi minuman berbahan dasar kelapa hijau yang bisa dikonsumsi semua usia. Usaha yang berjalan di bawah bimbingan Ema Komalasari, dosen pada program studi teknologi pangan itu memiliki misi menciptakan pengolahan pangan kelapa yang inovatif dalam bentuk produk minuman dan makanan dengan sumber bahan baku kelapa dari Desa Pandeglang, Serang, Banten.

Untuk mewujudkan ide membuat inovasi di bidang teknologi pangan, tim mendapat dana dari program Kegiatan Bisnis Mahasiswa Indonesia tahun 2020. Kami kemudian mengikuti lomba Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia atau KMI Award pada tahun yang sama. Hasilnya Kalapa Klopo menjadi juara kedua KMI Award tahan 2020 untuk kategori makanan dan minuman. Kompetisi dilakukan secara daring, karena dilakukan di tengah wabah pandemi Covid-19.

Program Kegiatan Bisnis Mahasiswa Indonesia merupakan bagian program  Program Kewirausahaan Merdeka Belajar 2020 yang diadakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Program tersebut bertujuan memberi bantuan dana pengembangan kepada mahasiswa yang telah berwirausaha supaya lebih terarah, sekaligus mengatasi masalah pengangguran intelektual dengan berwirausaha.

Dokumentasi Pribadi Tim Kalapa Klopo Universitas Al-Azhar Indonesia pada saat mengikuti KMI AWARD 2020, 5 Desember 2020
Tim Kalapa Klopo mengikuti KMI Award 2020

KMI Award merupakan bagian dari Program Kegiatan Bisnis Mahasiswa Indonesia  untuk mengapresiasi mahasiswa berwirausaha. Kompetisi itu mempunyai konsep “Real Business Competition”. Penilaiannya fokus kepada kinerja dari wirausaha yang dijalankan. Kompetisi tersebut terbagi menjadi dua kategori, KBMI dan Umum. Untuk kategori KBMI, kompetisi khusus diadakan bagi peserta yang meraih pendanaan dari program Kegiatan Bisnis Mahasiswa Indonesia.

Sedangkan untuk kategori Umum dibuka untuk peserta khusus mahasiswa yang termasuk 75 peserta Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) dan mahasiswa diluar penerimaan program KBMI dengan beberapa syarat dan ketentuan yang ditetapkan (satu sub kategori hanya dapat diusulkan oleh satu usaha). Terdiri dari enam sub ketegori yaitu industri makanan dan minuman, industri jasa dan perdagangan, industri teknologi, industri kreatif, industri produksi/budidaya, dan industri digital.

Salah satu misi dari Kalapa Klopo adalah menciptakan pengolahan pangan kelapa yang inovatif dalam bentuk produk minuman dan makanan. Misi tersebut  sesuai pembelajaran di Program Studi Teknologi Pangan Universitas Al Azhar Indonesia dalam pengembangan kewirausahaan melalui produk-produk inovasi pangan. Apa yang diraih Kalapa Klopo di satu sisi tidak hanya menunjukkan keberhasilan tim usaha, tetapi juga menunjukkan keberhasilan dalam membina dan membangun karakter wirausaha kepada mahasiswa.

Produk Kalapa Klopo ini sudah diedarkan kepada masyarakat luas, lewat pemasaran baik secara offline maupun daring. Untuk pemasaran secara daring, produk Kalapa Klopo sudah tersedia di Grab-food dan Go-food. Tidak hanya melayani penjualan di kawasan Jakarta dan sekitarnya, tetapi melayani penjualan secara daring bagi pelanggan dari luar Jakarta.

Harga produk minuman tersebut, dari  kisaran harga Rp 8.000 sampai Rp 19.000,- dengan ukuran gelas dan botol . Untuk air kelapa murni kemasan botol berisi satu liter dijual dengan harga Rp. 30.000. Sedangkan harga untuk air kelapa hijau dengan ukuran sama Rp 35.000.Pelanggang kami dari berbagai kalangan yaitu mulai dari mahasiswa, dan sebagian besar pelanggang kami berasal dari kalangan pekerja kantoran serta ibu rumah tangga. Pabrik Kalapa Klopo berada di daerah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, yang juga rumah Saepul Imam.

Dokumentasi Pribadi Tangkap Layar Zoom Meeting yaitu Pengumuman Pemenang Pendamping Terbaik KMI AWARD, 5 Desember 2020
Dokumentasi pribadi dari tangkapan layar

Sebagai mahasiswa aktif tentu kami mengalami kendala untuk menjalankan usaha minuman kelapa ini sambil kuliah. Kendala yang kami hadapi terutama cara membagi waktu untuk mengembangkan usaha dengan waktu belajar dan menyelesaikan tugas-tugas kuliah yang padat. Untuk mengatasi kendala tersebut seluruh anggota tim membagi tugas masing-masing dan tanggung jawab pada bidangnya.

Kami juga membuat rancangan target dan mengadakan evaluasi terhadap perkembangan pelaksanaan program setiap bulan secara daring. Dengan cara itu  segi produksi, pemasaran dan lainnya bisa berjalan serentak. Tidak hanya evaluasi secara internal, kami juga melakukan konsultasi rancangan target dan berbagi cerita tentang kendala yang dihadapi dengan dosen pembimbing.

Kedepan tim berencana memasarkan produk Kalapa Klopo ke retail-retail toko buah besar yang ada di kota-kota besar. Kami juga mengirimkan limbah buah kelapa ke tempat pengolahan limbah kelapa untuk diproses menjadi produk media tanam. Selain itu, buah kelapa yang sudah dibentuk menjadi kerucut dari pabrik, akan dikirimkan ke tempat-tempat franchise dan dibuat berbagai macam minuman varian kelapa. Langkah awal yang kami lakukan adalah dengan mengikuti program ini.

Ayu Diah Damayanti, mahasiswa Teknologi Pangan Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta