Keseruan Kaderisasi UKM Daring di Institut Teknologi Bandung

0
281

Dalam sebuah organisasi, tentu perlu ada sumber daya manusia untuk menjalankannya. Di organisasi kemahasiswaan, seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), perlu adanya kaderisasi untuk melanjutkan roda kepengurusan dalam organisasi. Tidak mungkin kan menjadi mahasiswa abadi hanya untuk mengurus organisasi?

Keadaan pandemi di tahun 2020 mengubah segalanya. Keadaan memaksa semuanya berubah menjadi daring. Salah satunya adalah kegiatan kaderisasi. Kaderisasi tidak dapat ditunda karena waktu terus berjalan, pengurusnya pun semakin banyak yang lulus, perlu ada anggota baru untuk meneruskan keberlanjutan organisasi dalam keadaan apapun. Salah satu UKM di Institut Teknologi Bandung adalah 8eh Radio ITB.

Salah satu UKM di ITB yang mengadakan kegiatan kaderisasi secara daring adalah 8eh Radio ITB. Kegiatan ini dimulai pada bulan Oktober 2020 dan berakhir pada bulan Desember 2020. Sedangkan, persiapannya dimulai dari bulan Juni 2020.

Persiapan butuh waktu yang cukup lama karena proses kaderisasi merupakan proses penanaman nilai-nilai pada mahasiswa yang mengikuti Regenerasi dan mencapainya tentu bukan hal yang mudah. Apalagi, kaderisasi online baru pertama kali dilakukan di tahun ini.

“Harus banyak inovasi yang sangat memutar otak karena tidak ada preseden kaderisasi online” kata Nurvina Febrianti, Sekretaris Jenderal Panitia Regenerasi 8eh Radio ITB 2020. Sekretaris Jenderal bertugas sebagai second in command dan menjaga timeline dari kegiatan regenerasi. 

Selain itu, tantangan utama yang biasanya terjadi di kegiatan online adalah koneksi internet. “Koneksi sering menjadi masalah dan tidak bisa dihindarkan, paling hanya menyiapkan kuota tetapi jadi mengeluarkan biaya lagi” ujar Maria Helena, Ketua Bidang Operasional dari Panitia Regenerasi 8eh Radio ITB 2020 yang bertugas mengurusi urusan teknis dari rangkaian acara regenerasi 8eh Radio ITB. 

Suatu kegiatan tentu perlu ada koordinator dalam menjalankannya, maka yang pertama kali dilakukan adalah pencarian ketua. Ketua regenerasi adalah ketua panitia kaderisasi di 8eh Radio ITB sebagai program kerja dibawah Management Board (Badan Pengurus) 8eh Radio ITB.

Ketua regenerasi dipilih melalui fit proper test. Ketua Regenerasi 2020 8eh Radio ITB, Dheamyra Aysha Ihsanti, menyampaikan konsepnya pada regenerasi tahun ini pada fit proper test tersebut dan dikritisi untuk membangun regenerasi yang lebih baik lagi. Pada Regenerasi tahun ini tetap membawa nilai dari 8eh Radio ITB yaitu professional tetapi tetap fun dan ada rasa kekeluargaan antara kru.

Mentoring dalam regenerasi tahun ini secara daring perlu inovasi supaya tidak menjemukan. Dengan mentoring, Calon Kru (sebutan bagi mahasiswa yang dikader di 8eh Radio ITB) bisa berpendapat dan berdiskusi dengan mentornya yang diharapkan mengurangi jenuhnya memandang layar dan mendengarkan saja.

Agar kegiatan kaderisasi lebih menarik, Regenerasi diwarnai dengan tema. Tema yang dipilih acara adalah Avengers. Rangkaian regenerasi dianalogikan dengan jalan cerita pada film Avengers. Seperti mereka harus mengumpulkan infinity stones yaitu dengan mengikuti rangkaian training regenerasi dan mencapai nilai yang ingin diturunkan.

Wadah untuk mahasiswa ITB mencari tahu tentang unit dan mendaftar adalah melalui Open House Unit. Namun, dikarenakan pandemi maka dilaksanakan secara online yaitu dengan Open Cam Unit. 8eh juga membuka pendaftaran melalui Open Cam Unit ini. Pendaftar unit 8eh Radio ITB tahun ini mencapai lebih dari 500 orang, termasuk yang terbanyak di ITB. Menyeleksi sampai 80an orang menjadi tantangan bagi panitia.

Rangkaian regenerasi di 8eh dimulai dengan adanya training terpusat. Training ini lebih mendasar karena masih awal seperti tentang radio komunitas sejarah, dan nilai-nilai dasar organisasi seperti kolaborasi. Cakru dinilai dari performa pada acara training dan tugas-tugas, kemudian dieliminasi jika nilainya kurang.

Foto Rapat Panitia Regenerasi 8eh Radio ITB. Foto: Dheamyra

Setelah itu adalah tahapan training divisi. Cakru dilatih berdasarkan divisi-divisi yang diminatinya, diantaranya announcer, reporter, music director, producer, marketing, dan teknik. Cakru menerima materi sesuai kebutuhan divisinya masing-masing dan diberikan tugas berdasarkan materi tersebut. Regenerasi dilanjutkan dengan tugas besar dimana cakru membuat konten siaran layaknya kru 8eh Radio ITB.

Dalam kaderisasi, pasti ujungnya adalah pelantikan. Pelantikan di 8eh Radio ITB adalah dimana Calon kru diubah status keanggotaannya menjadi Kru 8eh Radio ITB. Sebuah pelantikan biasanya harus berkesan. “Salah satu media agar lebih berkesan adalah kebutuhan video yang lebih banyak, tetapi pembuatannya cukup melelahkan,” kata Ghina Agita, Ketua Bidang Propaganda Regenerasi 8eh Radio ITB 2020.

Pelantikan dimulai dengan forum pertanggungjawaban tugas Cakru, lalu forum evaluasi secara keseluruhan dan diakhiri dengan video bahwa mereka lantik. Bahkan, cakru meneteskan air mata karena terharu telah dilantik. Mereka pun menyampaikan kesan pesan mereka ke kru dan sebaliknya.

Banyak yang dipelajari dari proses ini. Baik dari kader dan pengkader. Keadaan pandemi ini menuntut kita untuk terus mengembangkan diri dan tetap bersikap resilien. Memang keadaan yang tidak pasti ini menantang, tetapi jangan ambil sulitnya saja, lihat dari perspektif lain bahwa banyak manfaatnya. Keadaan sekarang membuat kita lebih inovatif dan eksploratif, salah satu manfaat yang konkret adalah pengarsipan menjadi lebih mudah karena kegiatan daring.

Penulis : Dheamyra Aysha Ihsanti, Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Institut Teknologi Bandung