Masa Muda dan Hidup Antigalau Versi Juhyung Kim

0
152

Pernahkah kalian merasa galau?

Fokus kuliah dulu atau memulai karier sekarang?

Tenang saja, Juhyung Kim penulis buku “Hidup Antigalau: Menata Karier dan Masa Depan di Umur 20-an” akan membantumu menjawab kegalauan yang mulai dari pendidikanmu di masa ini sampai ke kariermu di masa mendatang. Buku terbitan Gramedia Pustaka Utama (GPU) lengkap 200 halaman ini akan mengisi kekosongan pikiran atau galau yang melanda kalian.

Enam bab yang berisi tips-tips menantang diri, memanfaatkan waktu secara efisien, kebiasaan yang menentukan kehidupan, membangun kualitas diri, mempertahankan hubungan, dan membuat daftar impian yang tanpa penyesalan tentu akan memberi solusi dari permasalahan yang mungkin saja kamu dan aku alami.

Penulis buku ini, sapaan akrabnya writer KJH, ingin pembaca khususnya, anak muda ingat bahwa masa muda begitu singkat untuk disia-siakan. Masa muda hanya datang sekali dalam seumur hidup. Maka, sebagai anak muda, kita perlu ketahui arah hidup dan bagaimana caranya menghabiskan waktu dengan berbagai kemungkinan yang tak terbatas.

Berasal dari Kota Suwon, Korea Selatan, penulis yang memiliki latar belakang lulusan Jurusan Teknik Industri di Universitas Kyunghee memberikan kiat-kiatnya untuk memotivasi anak muda. Meskipun banyak buku pengembangan diri yang mirip dengan ini, ia menekankan pada keunikan dari penyampaian pesan di buku ini yang seperti dari seorang senior di perkuliahan. Ia memberi tahu secara detail mengenai cara mempersiapkan masa depan dari sudut pandang layaknya teman sebaya.

‘Berapakah Nilai Kemampuan Public Speaking Saya?’ merupakan subjudul dari buku karya Juhyung Kim. Foto : Dokumentasi pribadi.

Namun, sebelum lebih lanjut, anak muda harus membangun kepercayaan diri. Suatu usaha mandiri untuk mewujudkan mimpi yang sewaktu kecil sering diucapkan. Apapun profesinya, bisa saja dokter atau ilmuwan bahkan guru, seiring beranjak dewasa mungkin keinginan yang dulu terpendam perlahan sirna.

Meski kini sudah ada mimpi baru, tetapi jangan lupa untuk mengasah kemampuan yang sangat penting yaitu melatih kepercayaan diri melalui berbicara. Pujangga terkenal, William Shakespeare, mengatakan bahwa agar Anda tidak menghancurkan hidup, jagalah perkataan Anda. Hal tersebut tentu benar karena melalui buku ini, penulis menyampaikan bahwa cara untuk berhasil adalah melalui berkomunikasi yang melibatkan pembicaraan.

Harus yakin

Meskipun kamu memiliki anggapan diri kalian tidak pandai berbicara, katakanlah kamu pasti bisa. Anak muda perlu percaya pada diri sendiri. Setelah yakin bahwa kita mampu melangkah maju, maka kita perlu berhati-hati akan perkataan dan tindakan. Kita perlu ketahui batasan atau aturan main yang tentu tidak boleh sembarangan. Ketika kamu sudah menentukan pilihan, hidupmu akan jauh dari galau. Siapkanlah untuk menjadi dirimu yang lebih baik dari hari kemarin.

Selain memotivasi di buku ini, writer KJH juga memberikan tips keuangan dan investasi. Ia memberikan contoh buku laporan pengeluaran karena dengan perhitungan yang benar, anak muda dapat memperkirakan jumlah uang yang keluar dan seharusnya itu menjadi sebuah dorongan agar mencari peluang baru. Tak lupa ia juga membagikan tips mengelola tabungan, cara menabung dari uang yang tersisa, dan menggunakan kartu debit. Oleh karena itu, kamu tidak akan bosan membaca buku ini yang memberikan informasi menarik seputar kehidupan anak muda penuh dengan berbagai urusan baru.

Buku ini cocok sekali untukmu yang saat ini galau. Melalui membaca buku ini, kita akan temukan makna yang mungkin saja belum kita pahami secara benar. Writer KJH, penulis buku yang andal, akan mengantarkan kita untuk menemukan jawaban dari tantangan atau kesulitan saat ini. Bacaannya ringan untuk dibaca sebelum tidur dan mulai bermimpi.

 

Maria Oktaviana, mahasiswi Universitas Multimedia Nusantara Tangerang Jurusan Jurnalistik, Magangers Batch X Kompas Muda Harian Kompas.