UMN Radioactive 2020 : Ekspresikan Diri di saat Pandemi

0
216

Suatu hari di sebuah sudut kota, seorang gadis terlihat duduk sendirian dengan muka cemberut. Ia sedang menunggu pesanan minuman dari tukang kopi keliling. Tiba-tiba sosok laki-laki menghampiri tukang kopi keliling dan memesan minuman. Wajahnya tidak asing, ia terlihat kelelahan dan membuka topeng putih yang biasa digunakannya untuk menyambung hidup. Melihat seorang gadis kesepian dan sedih, lelaki itu mulai menghiburnya dengan beberapa trik pantomim. “Mbak, kenapa terlihat sedih ?” tanya lelaki kepada gadis itu.

 “Saya sedang kehilangan seseorang, mas. Kakak saya. Memang mas tahu rasanya kehilangan seorang ?” tanya gadis itu perlahan sambil menghindari tatapannya. Lelaki itu berdalih bahwa ia sudah pernah kehilangan surat-surat berharga dalam hidupnya seakan menceritakan bahwa ia sudah biasa kehilangan. Gadis itu masih saja tidak bisa tersenyum. “Mbak, saya juga sedang kehilangan diri saya sendiri,” kata si lelaki sambil mengusap keringatnya. “ Mana bisa seorang kehilangan diri nya sendiri ?” tanya gadis itu penasaran. 

“Bisa, mbak. Setiap hari saya selalu menatap kaca dan berharap menjadi orang lain. Saya berharap bisa sukses dan tidak perlu menyambung hidup dari mengumpulkan recehan. Tetapi dunia berkata lain, mbak. Saya tetap harus menjadi diri saya sendiri.” ungkap laki-laki itu. “Lucunya, setiap orang punya masalah dan kesulitannya sendiri-sendiri ya mas.” sahut perempuan itu sembari sedikit tersenyum. “ Begitulah, mbak. Jika dunia sedang bercanda. Mau tidak mau, kita harus ikut tersenyum meski berat. Jangan mau kalah sama dunia mbak !” ujar lelaki tersebut sambil meneguk gelas dan pergi. 

Cuplikan adegan webseries “Jika Dunia Sedang Bercanda” eps. 3.

Adegan di atas  merupakan sedikit cuplikan dari web series  buatan  media kampus  Universitas Multimedia Nusantara Radio (UMN Radio) yang berjudul “Jika Dunia Sedang Bercanda” yang tayang perdana pada Sabtu, 21 November 2020. Web series itu merupakan penutup rangkaian acara malam puncak Radioactive 2020. 

Radioactive adalah acara tahunan off air di bawah naungan UMN Radio, yang merupakan radio komunitas dari Universitas Multimedia Nusantara. Dimulai sejak 2011, Radioactive tahun ini diadakan ke-7 kalinya yang menandakan acara itu berkembang dengan baik. Selain sebagai program tahunan, acara tersebut diadakan untuk meningkatkan brand activation dari UMN Radio sehingga kedepannya dapat menjaga eksistensi dari UMN Radio. 

Acara sebelumnya mengangkat tema ‘Radioactive 2019: Look Forward Along With the Past’. Tema tersebut dipilih untuk menginspirasi anak muda agar menghargai setiap pengalaman yang pernah terjadi di masa lalu sehingga menjadi pembelajaran di masa yang akan datang. Radioactive 2020 mengusung tema ‘Radioactive 2020: A Brand New Decade’ yang berfokus pada pengekspresian diri generasi muda dan akan disosialisasikan melalui propaganda.

 “Kami mengangkat subtema yang berjudul ‘Express Yourself’, melalui subtema ini kita berkaitan erat dengan ‘mental health’. Bukan hanya mengikuti tren tetapi kami juga ingin meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya kesehatan mental,”  ujar Rico Ricardo, Wakil Ketua Radioactive 2020. 

Virtual Closing Night Radioactive yang bertema “Express Yourself” menghadirkan Syahravi dan Mardial sebagai bintang tamu.

Rangkaian acara diawali dengan kompetisi podcast yang dinilai langsung oleh penyiar Mustang FM, Quincy De Neve. Kemudian, webinar pada Sabtu, 7 November 2020 yang bertajuk “Music, Mental Health and Pandemic” yang turut dihadiri oleh penyanyi  Luthfi Aulia, Arindah Arimoerti Dano dari Pijar Psikologi, Novila Shakina dan Sasha Pangerang, penyiar radio Mustang Morning Squad. 

“Penyesuaian yang kami bawa selama acara berlangsung daring adalah bazar online. Online bazaar yang diadakan 31 Oktober hingga 1 November 2020, merupakan inovasi baru dari Radioactive 2020,” ujar Gregorius Amadeo yang menjadi Ketua Radioactive 2020. Acara bazaar turut dihadiri oleh kreator digital, Joanito Gea dan olahragawan, Abraham Damar Grahita. 

Syahravi membawakan lagu ciptaannya dalam Virtual Closing Night Radioactive 2020 pada Sabtu, 21 November 2020.

 Acara puncak Radioactive yang diadakan pada 21 November 2020 kemarin, dihadiri oleh bintang tamu seperti, Mardial dan Syahravi. “Kami berharap acara ini dapat berdampak bagi anak muda dan semua panitia yang terlibat. Kami percaya indikator kesuksesan sebuah acara, bukan hanya dari jumlah penonton dan tiket saja, melainkan bagaimana panitia dapat menikmati hasil kerja kerasnya,” tutur Theresia Melinda, bendahara Radioactive 2020. 

Penulis : Adonia Bernike Anaya // Kompas Corner UMN 

Editor : Hendy Layardi // Kompas Corner UMN 

Dokumentasi Pribadi Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara