SMA Dharma Putra Advent Gelar Peringatan Sumpah Pemuda Secara Virtual

0
338

Meskipun  berada di tengah pandemi Covid-19, siswa SMA Dharma Putra Advent Bekasi, Jawa Barat tetap memperingati Bulan Bahasa dan hari Sumpah Pemuda tahun 2020. Para siswa tampak antusias mengikutinya secara virtual dari rumah masing – masing.

Penampilan siswa – siswi dalam peringatan Sumpah Pemuda tahun 2020. Foto : Dokumentasi SMA Dharma Putra Advent

Rangkaian acara diawali kotbah Pdtm Yoanes Sinaga yang memberikan motivasi bertema “consumer or creator” dalam ibadah pembukaan dari seluruh kegiatan itu. Kemudian dilanjutkan kegiatan webinar bekerjasama dengan salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta, bertema “Tips Memilih Program Studi“  yang berlangsung pada Jumat  (16/10/2020).

Dua siswa sekolah tersebut yang mewakili siswa kelas XII, Ruth Sahatna Gabriella S dan Yohanes C Kamengyeti menyatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi mereka untuk menyiapkan diri masuk ke perguruan tinggi. Acara dilanjutkan dengan kegiatan “Beauty  Bestie Day” bekerja sama dengan salah satu produsen produk kecantikan.

Peringatan Bulan Bahasa yang digabungkan dengan peringatan Sumpah Pemuda tahun ini bertema “Unity In Diversity “ dikemas apik oleh OSIS sekolah itu. Pada kegiatan puncak, pantia mengadakan tiga perlombaan yakni membuat poster, lomba pidato dan lomba bernyanyi lagu daerah. Seluruh perlombaan  diadakan secara virtual.  Seluruh rangkaian acara diakhiri oleh webinar dengan pembicara Leonardo B. Dorado, Dekan Fakultas Pendidikan Universitas Advent di Filipina yang diadakan Selasa (27/10/2020 )

Mengenai penyelenggaraan acara tersebut, Ketua OSIS SMA Dharma Putra Advent Bekasi Heidi Pakpahan dalam wawancara secara daring mengatakan sebuah tantangan baru untuk dapat mengadakan kegiatan yang diikuti seluruh siswa, meskipun harus berada pada jarak yang berbeda. “Berkat dukungan kerja dan semangat seluruh tim dalam OSIS, juga besarnya partisipasi teman-teman untuk mengikuti lomba, rangkaian acara bisa berjalan dengan meriah dan lancar,” ujar Heidi.

Kepala Sekolah SMA Dharma Putra Advent Jamin Siregar menambahkan, pihaknya berterima kasih atas besarnya dukungan para guru, juga orangtua dalam upaya menghadirkan momentum dan semangat Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda tahun ini. Biasanya, acara diadakan secara tatap muka, namun kini dapat pula dihadirkan dalam rangkaian kegiatan secara virtual. “Semua kegiatan itu bertujuan menanamkan rasa cinta tanah air kepada seluruh siswa sebagai generasi penerus bangsa,” kata Jamin.

Pemuda memang harus tanggap dan cepat menghadapi tantangan dengan penuh semangat. Hal itu sudah dibuktikan oleh keberhasilan OSIS SMA Dharma Putra Advent Bekasi, dalam wujud rangkaian kegiatan menyampaikan semangat bertanah air, berbangsa dan berbahasa, satu – Indonesia

Gregorius Aldi Bagaskoro,  Magangers Kompas Muda Harían Kompas Batch 7