Manfaat Ospek yang Sayang Untuk Dilewatkan

2
161

Tahun ajaran baru telah tiba, beberapa universitas ada yang sudah melakukan orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) bagi mahasiswa barunya. Ada juga yang sedang menjalankan ospek, bahkan ada yang  baru akan melaksanakannya. Meskipun sistem ospek tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19, namun hal itu tidak menghilangkan esensi dari ospek itu sendiri.

Kadang-kadang kegiata ospek selalu disamakan dengan pengalaman masa orientasinya sekolah (MOS) pada waktu SMA yang selalu dibayangkan dengan  kegiatan yang membosankan karena alur  atau kegitannya sama seperti masa MOS pada waktu SMP. Padahal sangat berebeda dengan MOS, karena ospek memberikan bermacam  informasi yang baru dan ospek itu  sendiri banyak memberii manfaat yang sayang untuk dilewatkan oleh mahasiswa baru.

Manfaat ospek diantaranya ialah

Pengenalan kampus

Sesuai dengan kepanjangan dari ospek  yaitu orientasi siswa pengenalan kampus. Saat ospek  pihak kampus mengenalkan bagaimana lingkungan kampus itu, fasilitas apa saja yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa. Kegiatan apa saja yang dapat diikuti oleh mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan akademis non akademisnya selama menjalani perkuliahan.

Oleh arena itu  disayangkan loh, jika kita melewatkan kegiatan itu dan tak menganggap masa tersebut tidak penting. Bayangkan apa yang terjadi jika nanti kita berkuliah selama tiga atau empat tahun tetapi tidak mengetahui dan memanfaatkan fasilitas kampus. Rugi sekali. 

Pengenalan sistem perkuliahan

Berbeda dengan sistem sekolah, perguruan tinggi mempunya sistem yang berbeda pada saat kita belajar di sekolah menengah (SMA). Perbedaan itu mulai dari jadual kuliah, proses pengambilan mata kuliah, proses pemilihan dosen pengajar dan  sistem pembayaran kuliah.  Semua itu sangat berbeda dengan saat kita masih di SMA, maka dari itu ospek sangat sayang untuk dilewatkan oleh mahasiswa baru.

Dari ospek tersebut biasanya pihak kampus akan mengenalkan kepada mahasiswa baru bagaimana sistem perkuliahan yang akan mahasiswa jalani selama enam- delapan semester. Jika  melewatkan masa ospek, kita akan kebingungan dalam menjalani perkuliahan nantinya.

Ajang mencari teman

Ospek biasa memperkenalkan kita dengan lingkungan baru kita. Sebelum kita memulai perkuliahan di kelas, kita akan lebih mengenal siapa saja yang akan menjadi teman kita selama kuliah nanti, sehingga ketika kita akan memulai perkuliahan, kita sudah tidak canggung lagi. Meskipun kita sudah mempunyai teman yang berasal dari SMA yang, tetapi tetap saja pasti akan ada proses perkenalan baru untuk menambah relasi pertemanan kita. Terlebih jika kita tidak mempunya teman yang berasal dari satu SMA yang sama, mungkin dengan mengikuti ospek, kita mendapat cara untuk mendapatkan teman baru sebelum perkuliahan dimulai.

Ulasan diatas  hanya beberapa manfaat dari mengikuti ospek. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari ospek. Jangan sampai malas untuk mengikuti ospek ya, pada hakikatnya ospek bukanlah sesuatu yang harus dihindari karena pengalaman masa SMA, yang sering  diidentikan dengan sesuatu yang membosankan.Alur dan kegiatannya pun yang itu-itu saja. Semangat terus ya karena ospek merupakan langkah awal  dari serangkaian perjalanan kuliah yang akan kamu hadapi dan semoga ospekmu berkesan….   

Deni Fazri, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

2 COMMENTS

    • Hello Hengki Wahyu, sebelumnya saya mengucapkan terimakasih karena sudah berkenan membaca artikel yang sudah saya buat.

      Yap memang, idealnya pihak kampus harus berperan aktif dalam memonitoring jalannya ospek (entah dari ospek universitas hingga jurusan) yang biasanya difasilitatori oleh mahasiswa tingkat atas agar proses ospek mempunyai esesnsi dan pembelajaran yang baik bagi mahasiswa baru.