“EUFORIA 2020” : Inovasi Euforia di Masa Pandemi

0
441

EUFORIA 2020 yang merupakan acara terbesar yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMMA) Universitas Multimedia Nusantara Tangerang, Banten mengubah  konsep acara luring menjadi virtual atau daring. “Dengan mengusung tema “Discover Your Idea”, EUFORIA 2020 ingin agar generasi muda terutama mahasiswa mampu menemukan ide orisinal yang bisa memberikan dampak pada masyarakat Indonesia, terutama di masa pandemi ini,” kata Jonathan Wunarso, ketua EUFORIA 2020.

EUFORIA 2020 memiliki empat rangkaian acara, yaitu EUFORIA “Talkshow”, “Business Plan & Business Case Competition”, EUFORIA “Bazaar”, dan EUFORIA “Virtual Concert” yang berlangsung pada 31 Agustus 2020 hingga 5 September 2020.

Acara EUFORIA dibuka dengan temu wicara  mengusung tema “How to Build and Maintain Business in Pandemic Situation” pada  31 Agustus 2020, pukul 19.00. Mengangkat tema seputar bisnis, acara itu untuk mendorong mahasiswa  melihat kesempatan dari sisi enterpreneur di tengah pandemi.  Turut hadir pula Ika Yanuarti, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Multimedia Nusantara dan Dr. Mohammad Annas, Ketua Program Studi Manajemen Universitas Multimedia Nusantara.

Acara dimederatori oleh Trihadi Pudiawan Erhan selaku Sekretaris Program Studi Manajemen Universitas Multimedia Nusantara.  Pembicara dalam acara “Talkshow EUFORIA” adalah Yasa Paramitha Singgih, CEO dari Men’s Republic dan Fortius Distribution Indonesia

Pembicara dalam acara Talkshow EUFORIA adalah Yasa Paramitha Singgih, merupakan CEO dari Men’s Republic dan Fortius Distribution Indonesia. Senin (31/07/2020)

“Tidak semua orang bisa jadi enterpreneur, hanya mereka yang memiliki pola pikir yang tepat dan motivasi yang kuat serta konsep yang dapat bertahan,” ujar Yasa Singgih yang sempat masuk ke kategori Forbes 30 Under 30 Asia. Yasa memberikan beberapa tips  membangun dan memepertahankan usaha ditengah pandemi dengan cara change plan, change people dan change business.

Ia juga memaparkan karakter yang harus dimiliki seorang entrepreuner dalam menghadapi gejolak ekonomi akibat pandemi. Peserta “EUFORIA Talkshow” sangat antusias mendengarkan materi  dari salah satu Young Entrepreneur Indonesia yang bisa bertahan di masa pandemi ini.

eserta EUFORIA Talkshow sangat antusias mendengarkan materi dari salah satu young entrepreneur Indonesia yang bisa bertahan di masa pandemi ini.
(Dok Prib Adonia Bernike Anaya)

Rangkaian Business Plan & Business Case Competition dilaksanakan secara virtual melalui Zoom. Diikuti oleh 14 SMA dan 25 Universitas dari seluruh Indonesia dan mancanegara, perlombaan ini bisa tergolong sukses karena diikuti oleh banyak peserta. Kompetisi perencanaan bisnis tersebut mengusung tema The Gen Z Way to Create Sustainable Business in the Creative Industries Through Era 4.0 Technology” yang bertujuan agar siswa-siswa SMA membuat bisnis yang bisa bertahan di industri era 4.0 yang mengandalkan teknologi dan bisa bersaing secara global.

Sedangkan Business Case Competition mengusung tema “Creative and Intellectual Solving in Digital Era 4.0 for Social Mission” yang bertujuan agar mahasiswa dapat menyelesaikan masalah terutama di bidang sosial di era industri 4.0. Perlombaan ini sudah mencapai tahap grand final pada  1 September 2020 yang diikuti oleh 10 SMA dan 10 Universitas di Indonesia.

Tahap perlombaan diakhiri dengan presentasi, peserta mendapatkan banyak masukan dari dewan juri. “EUFORIA Bazaar” dilaksanakan dengan konsep yang cukup unik di tahun 2020 ini. EUFORIA Bazaar membuat bazaar online di Instagram. Terdapat 12 tenant yang mempromosikan produk dan jasa pada akun sosial media EUFORIA 2020.

Kehadiran Fathia Izzati sebagai bagian dari Reality Club dalam EUFORIA 2020 mengundang antusiasme. (Dok Prib. Kompas Corner)

EUFORIA 2020 ditutup dengan “EUFORIA Concert” pada 5 September 2020. Menghadirkan band indie rock yang terbentuk pada 16 April 2016 yaitu Reality Club. Band tersebut membawakan delapan  lagu pada EUFORIA Concert. Selbelum Reality Club tampil, EUFORIA 2020 dibuka oleh penampilan  Satudarday Night.

Konser Virtual ini dapat ditonton melalui platform Goers. “Ini adalah salah satu  inovasi dari panitia, konser secara daring diadakan karena ada pembatasan kegiatan dengan skala besar oleh pemerintah. Harapan untuk acara EUFORIA 2020, semoga banyak even lain yang bisa berinovasi dan dapat memberikan hiburan bagi seluruh penonton,” kata Jonathan Wunarso.

Penulis : Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara Tangerang // Adonia Bernike Anaya 

Editor : Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara Tangerang // Alethea  Pricila Sianturi 

Foto : Dokumentasi Pribadi Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara