StudenstxCEOs The 9th Grand Summit : Ajak Kaum Muda Menjadi Agen Perubahan

0
97

Grand Summit merupakan acara tahunan yang diadakan oleh StudentxCEO’s Bandung. Acara itu  bertujuan agar setiap orang khususnya mahasiswa dapat belajar, berbagi dan memberikan dampak bagi Indonesia melalui inovasi-inovasi baru yang mereka buat. 

Tahun ini adalah tahun kesembilan StudentxCEO’s melaksanakan acara Grand Summit. Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini Grand Summit dibuat secara virtual. Walaupun dibuat secara virtual, antusiasme dari mahasiswa Indonesia tidak pudar. Terbukti, acara ini diikuti oleh lebih dari 1000 peserta.

Peserta awalnya diwajibkan menulis esai mengenai masalah yang sedang terjadi. Kemudian dipilih 30 tim terbaik dari setiap chamber.  Tim itulah yang nanti akan mengikuti rangkaian selanjutnya yaitu konferensi.

Acara Grand Summit diawali dengan upacara pembukaan pada 21 Agustus 2020. Rangkaian acara pada sesi ini adalah sesi berbagi (sharing) yang akan menghadirkan dua pembicara. Setelah itu, akan ada sesi berbagi dari masing-masing chamber

Hari kedua, dimulai dengan konferensi dengan tujuh agenda yang harus diselesaikan pada hari itu juga. Kemudian, hari ketiga akan ada sesi pitching yaitu setiap tim akan memaparkan ide. Selain itu juga ada berbagi  dari duta Sustainable Development Goals (SDG) Indonesia, Vania Herlambang. Setelah sharing akan dilanjutkan dengan presentasi tim terbaik dari setiap chamber.

Grand Summit Awards yang diadakan oleh StudentxCEOs pada 23 Agustus 2020, DokPrib: Juan Fidel Ferdani

Puncak acara The 9th Grand Summit adalah Awarding Night yang dilaksanakan pada 23 Agustus 2020Puncak acara dimulai dari penampilan dari Adhitia Sofyan yang membawakan enam lagu. Ia juga menyempatkan diri untuk menyapa para peserta.

 Awarding Night  mengumumkan pemenang dari empat kategori seperti best team, best paper, business case competition dan best presenter. Berikut daftar pemenang dari masing-masing kategori :

BEST TEAM :

  • Pemenang I –  Avatar (Quality Education chamber)
  • Pemenang II –  Laffer (Decent Work and Economic Growth chamber)
  • Pemenang III – The Changemakers (Climate Action chamber)

BEST PAPER :

  • Chamber Climate Action – Mahitala
  • Chamber Decent Work and Economic Growth – Turuben
  • Chamber Quality Education – Sembagi Arutala

BUSINESS CASE COMPETITION :

  • Pemenang I – New Normal
  • Pemenang II – Beginners
  • Pemenang III – Tim Bil

BEST PRESENTER :

  • Chamber Climate Action – Martin Abram
  • Chamber Decent Work and Economic Growth – Rizqia Adinda Ondrio
  • Chamber Climate Action – M Dimas Mahardika

Marvel Tanara yang menjadi  project officer mengatakan, “Untuk menjalankan semua ini bukan hal yang mudah banyak rintangan yang dihadapi.” Namun ia percaya bahwa itu  semua adalah bagian dari proses untuk mendapatkan hasil yang baik dan maksimal. 

Acara Grand Summit yang diadakan oleh StudentxCEOs pada 21 Agustus 2020 – 23 Agustus 2020. DokPrib: Juan Fidel Ferdani

Acara Grand Summit ini juga memberikan kesan yang mendalam khususnya bagi para peserta. Salah satu peserta adalah Juan Fidel Ferdani yang merupakan peserta The 9th Grand Summit “Suatu kesempatan yang besar dapat menjadi satu dari 30 tim terbaik dalam Chamber Climate Action di StudentsxCEO Grand Summit,” katanya.Ia dan timnya, Kanigara Askara, berkesempatan untuk mengikuti konferensi dan menyampaikan inovasi kami dalam melibatkan perusahaan FMCG memitigasi perubahan iklim. 

Menurut dia, StudentsxCEO Grand Summit merupakan ajang luar biasa yang memberikan kesempatan kaum muda sebagai agen perubahan untuk turut aktif terhadap permasalahan global, terutama climate action. Rangkaian acara dari pembukaan hingga penutupan, memberikan pengetahuan dan berbagi ilmu yang bermanfaat bagi generasi pemuda. Ide-ide yang muncul pun dapat menjadi gagasan dalam menyelesaikan permasalahan Sustainable Development Goals (SDGs) saat ini.  Juan tak lupa memberi semangat untuk StudentxCEO “Maju dan terus berkembang StudentsxCEO dan Salam Agent of Change!”

Penulis : Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara Tangerang // Alethea Pricila Sianturi

Editor : Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara Tangerang // Adonia Bernike Anaya

Foto : Dokumentasi Pribadi Juan Fidel Ferdani