Unjuk Karya di Tengah Pandemi

0
154

Setelah lebih dari tiga bulan kita berada di rumah saja, tentu sudah banyak hal yang kita lakukan. Bosan di rumah bukan berarti kita berhenti berkarya, kan?

Nah, banyak Sobat Muda yang sudah membuktikan kreativitasnya dengan berkarya. Mereka mengunggah karyanya ke Instagram dengan tanda pagar #KaryaSobatMuda. Kreativitas berupa gambar ilustrasi, video, puisi, sampai foto menjadi bukti kaum rebahan bisa produktif.

Akhir pekan ini, Esra Ambarita mengunggah sebuah foto pemandangan di tepi pantai, dengan judul Kenapa Usai? di Instagram. Foto itu dilengkapi dengan sebuah tulisan yang puitis. Coba simak cuplikan tulisannya: “Secarik kertas berisi kerangka monolog yang kususun sedemikian apik dan ciamik kau sileti dengan dusta. Melebur kandas tak terduga. sebagai penulis cerita aku sempat gelagapan membuat revisi supaya akhirnya pulih.”

INSTAGRAM @kompasmuda

Sebelumnya, Fidelis Ilham Cesardianto (19), mahasiswa Program Studi Film Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang Selatan mengunggah potongan video saat dia ikut camera challenge. Pada akun Instagramnya @fideliscesardianto, Fidel mengunggah foto beberapa teman perempuannya yang menjadi model virtual dalam jepretan close up wajah. Ia juga mengunggah hasil foto pemandangan Google Street sebuah jalan kecil di Osaka, Jepang.

Menurut Fidel, selama pandemi, dia mencari referensi video dan foto dengan menonton film dan membuka media sosial Instagram. Saat ini, ia sedang menonton film dari sutradara Wong Kar-wai, Wes Anderson, Ari Aster, dan Edgar Wright. Untuk foto, ia tengah membedah karya Hamada Hideaki.

”Aku biasanya foto atau buat video pakai kamera dan ponsel. Memasuki masa normal baru ini, aku rencananya memproduksi video klip dan film kecil bersama teman-teman SMA,” ujarnya.

Masih banyak lagi karya Sobat Muda yang keren di media sosial. Nah, buat kalian yang belum memamerkan karya selama pandemi ini, ayo segera saja mengirimkan kreativitasmu. Untuk di Instagram, ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi. Unggah karya aslimu atau hasil kerja sama tim ke Instagram lalu Mention dan tag akun @kompasmuda, sertakan tagar #KaryaSobatMuda. Kalian bisa mengirimkan foto, ilustrasi/desain, hasil kerajinan tangan, hasil belajar masak, video cover lagu, atau video cuplikan konten video terbaru di Youtube atau podcast kamu.

INSTAGRAM @kompasmuda

Dan, yang paling penting, karya tidak boleh mengandung SARA, pornografi, atau pun ujaran kebencian. Setiap Sabtu, Kompas Muda akan memilih salah satu karya untuk diunggah ulang (repost) di Instagram @kompasmuda.

Bukan hanya melalui media sosial, Kompas Muda memberikan wadah untuk kreativitas anak muda. Di website ini, muda.kompas.id, kalian juga bisa berkarya melalui tulisan. Di sini, kalian bisa mengirimkan hasil liputan, puisi, dan cerpen. Jangan lupa, untuk setiap tulisan harus disertai keterangan nama dan sekolah/kampus kalian ya. Kalau tulisan kalian belum terpilih untuk ditayangkan di website, jangan putus asa. Karena kita pasti tak akan pernah berhenti untuk belajar.

Kami tunggu karyamu…

Susie Berindra-Redaksi Kompas Muda