Tips Mengatasi Stres Saat Pandemi Bagi Milenial

0
85

Banyak dari kita, khususnya kaum milenial yang sedang mengalami stres karena situasi akibat pandemi virus covid 19 ini. Dari banyaknya tugas dari kampus atau sekolah, bingung mencari pekerjaan, tidak bisa berkumpul dengan teman dan lain sebagainya.

Jika kita tidak bisa mengontrol diri untuk mengatasi stres kita, maka yang akan terjadi bisa lebih buruk dari covid 19. Namun masih ada atau banyak dari kita yang salah dalam mengatasi stres, yaitu dengan berkumpul bersama tanpa memerhatikan protokol kesehatan. Akhir akhir ini tren bersepeda sedang naik, namun yang disayangkan kegiatan ini salah digunakan oleh masyarakat. Bisa dilihat dari kasus di hari bebas berkendaraan mesin di Jakarta. Banyaki pesepeda yang berkumpul disana. Seolah-olah virus covid 19 sudah hilang di Indonesia. Itu merupakan hal yang salah.

Maka dari itu penting bagi kita untuk mengontrol stres dengan baik dan benar. Dan berikut tipsnya.

Hobi baru

Hal ini dapat menurunkan tingkat stres kita. Mengapa ? Karena kita akan bosan jika tidak melakukan apapun dirumah ataupun di kos, maka jalan terbaik untuk dilakukan adalah mencari kegiatan atau hobi baru. Bahkan dengan keluar dari zona nyaman kita bisa saja mendapatkan pekerjaan.

Tips itu juga cocok bagi kita yang sedang mencari pekerjaan karena sulitnya mencari pekerjaan di luar, kita bisa memanfaatkan internet untuk mencari pekerjaan. Banyak sekali lowongan pekerjaan remote yang bertebaran di internet, kita bisa menjadi freelancer ataupun pekerja tetap

Peduli diri 

Memanjakan diri merupakan kegiatan wajib juga disaat pandemi seperti ini. Dengan memanjakan diri sendiri maka imun dalam ditubuh kita akan meningkat. Dengan melakukan Me Time sepreti menonton film, bermain game, berjemur, luluran atau apapun itu selama kamu merasa nyaman.

Pikiran positif

Jangan sampai pikiran mu kosong. Isi pikiranmu dengan hal hal yang menyenangkan. Hindari berita berita negatif yang mengundang stres. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menonton tayangan netflix seperti Money Heist, 13 Reason Why, Riverdale, Sense8 dall  kita akan terhidar dari hal negatif.

Tinggalkan gawai

Salah satu cara mengatasi stres adalah meninggalkan gawai kita. Maksudnya tidak sama sekali memegang gawai, namun lebih mengatur jadwal untuk kita menggunakan gawai. Tidak bisa dipungkiri selama pandemi seperti ini banyak sekolah atau kampus yang menggunakan metode pembelajarannya dengan menggunakan cara daring, maka kita juga membutuhkan gawai kita.

Hal yang mesti kita lakukan adalah setelah urusan di gawai sudah selesai, tinggalkan langsung peralatan berkomunikasi kita itu. Tidak usah membuka lainnya selain hal penting dari gawai kita.

Berkomunikasi dengan keluarga

Yang terakhir adalah berkomunikasi dengan keluarga di sekitar. Kita bisa manfaatkan untuk membangun komunikasi positif dengan keluarga sekitar kita. Karena, ketika saat berkegiatan di rumah, tidak ada waktu yang terbuang di jalan, sehingga kita lebih punya banyak waktu untuk dihabiskan dengan keluarga kita.

 

Farhan Andika Atharananda, Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas AMIKOM Yogyakarta