Menikmati Pesona Matahari Terbit di Gunung Ireng, Gunung Kidul

2
222
Gunungkidul di Daerah Istimewa Yogyakarta selain terkenal memiliki wisata pantai yang apik juga menyimpan lokasi tempat wisata lain yang tak kalah menarik. Gunung Ireng Srumbung salah satunya. Ia menjadi tujuan wisata alam yang populer, karena punya pemandangan alam yang indah. Gunung Ireng punya tempat melihat matahari terbit yang sangat terkenal di daerah Patuk, lebih lengkapnya ada di Desa Ngrancahan, Pengkok, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.
Untuk sampan ke lokasi  membutuhkan jarak dan waktu sekitar 22 kilometer dari kota Yogyakarta atau sekitar kurang lebih satu  jam perjalanan untuk menuju wisata itu. Tersedia juga di Google Map. Untuk menuju ke lokasi ini bisa menggunakan motor maupun mobil.

Puncak Gunung Ireng Srumbung Gunungkidul ini mempunyai daya tarik bagi wisatawan yakni sebagai tempat melihat matahari terbit. Keindahan semburat langit yang seolah menyala dari ujung timur dan suasana kabut menyelimuti Gunung Ireng dan udara yang masih sangat sejuk membuat betah di atas Puncak ini. Bila kita datang pagi-pagi buta ke lokasi ini kita akan dimanjakan pemandangan matahari terbit yang sangat indah.

Jika kalian mau ke situ, alangkah baiknya datang pada pukul 04.30 agar bisa mendapat pemandangan matahari terbit yang sempurna. Suhu di tempat tersebut pada dini hari itu mencapai 19°-22°. Untuk mengantisipasi cuaca di sana,  jangan lupa membawa jaket agar tetap aman menghadapi berbagai cuaca. Tak hanya itu saja ada juga spot foto yang mampu menunjang keindahan tempat itu.

Foto di bawah ini memperlihatkan sebuah rumah kecil yang bisa menjadi  tempat untuk menunggu matahari terbit.

Foto : Achmad Candra

Sembari melihat matahari terbit, kalian bisa juga menikmatinya sambil menyeduh hangatnya segelas kopi.

Foto : Achmad Candra

Tak sia-sia pokoknya bila datang ke tempat ini. Biaya masuk menuju lokasi ini hanya dikenakan Rp.7000 per orang. Jangan lupa membawa bekal dari rumah, karena belum ada penjual makanan dilokasi tersebut. Jangan lupa juga selalu menjaga kebersihan tempat yang kalian datangi itu.

Jadi kapan mau ke sana ? Ajaklah pacar, teman, atau keluarga biar seru. Jangan hanya berdiam dirumah saja masih banyak wisata di Gunungkidul yang cocok untuk dikunjungi. Mari kita piknik.

Achmad Candra Adikusuma, mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta Jurusan Ilmu Komunikasi

2 COMMENTS