Menganalogikan Bunyi Hukum Kirchoff 1 Dalam Kehidupan

0
4874

Apakah kalian tahu bunyi Hukum Kirchoff 1?

Hukum Kirchoff 1 berbunyi, “Arus total yang masuk melalui suatu titik percabangan dalam suatu rangkaian listrik sama dengan arus total yang keluar dari titik percabangan tersebut.“

Dalam kehidupan manusia, kita mempunyai suatu pilihan. Apa yang kita pilih tersebut mengarahkan kepada diri kita untuk melakukan suatu perbuatan, dan juga memahami suatu kehidupan. Pilihan tersebut adalah pilihan dalam melakukan suatu kebaikan, atau pilihan dalam melakukan suatu keburukan.

Jika kita melakukan suatu kebaikan, kita juga akan menerima suatu kebaikan. Melakukan hal-hal yang positif merupakan contoh dari kebaikan. Ketika kita menolong sesorang yang sedang kesulitan, maka jika kita sedang mengalami kesulitan kelak, kita akan mendapatkan pertolongan.

Pada saat ini wabah virus Covid-19 sedang menggemparkan manusia, tidak hanya di Indonesia saja, tetapi hampir seluruh dunia merasakan hal yang sama. Virus itu tidak memandang usia, siapa saja bisa terkena virus Covid-19.  Contoh positif yang bisa kita lakukan untuk memutuskan penyebaran virus Covid-19 yaitu dengan cara mengikuti peraturan pemerintah untuk tetap di rumah saja agar tak menyebarkan virus Covid-19.

Apa yang kita perbuat sama dengan apa yang kita terima

Saat di rumah, kita harus menjalankan hidup bersih dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker jika sedang flu dan batuk, sering melakukan kegiatan olahraga, berjemur badan di pagi hari, dan masih banyak lagi hal positif lain yang bisa dilakukan. Hal tersebut merupakan perbuatan baik, jika hal tersebut dilakukan, maka kemudahan untuk memutuskan penyebaran virus Covid-19 akan semakin besar.

Jika manusia melakukan keburukan seperti melakukan hal-hal yang negatif, contohnya melakukan kecurangan, melakukan hal-hal yang tidak jujur, melakukan hal yang dapat merugikan orang lain, maka manusia juga akan mendapatkan kesulitan kelak dalam hidupnya.

Kedua pilihan tersebut sama halnya dengan bunyi Hukum Kirchoff 1 yakni, arus total yang masuk melalui suatu titik percabangan dalam suatu rangkaian listrik sama dengan arus total yang keluar dari titik percabangan tersebut. Apa yang kita perbuat sama dengan apa yang kita terima, semua tergantung kepada diri kita masing-masing. Jika melakukan kebaikan akan mendapatkan kemudahan, dan jika melakukan keburukan akan mendapatkan kesulitan.

Semua pilihan ada di tangan kita, tinggal bagaimana kita menentukan pilihan dalam kehidupan kita, mau memilih pilihan untuk melakukan hal yang baik, atau mau memilih pilihan untuk melakukan hal yang buruk. Jadilah pribadi yang baik untuk menciptakan suatu kebaikan, maka suatu kemudahan dan ketenanganpun akan mengalir dalam diri kita. Janganlah menjadi pribadi yang buruk jika tidak mau mendapatkan kesulitan yang dapat merugikan diri sendiri.

Mia Dewi Purwanti, mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta