Pengumuman SNMPTN 2020

0
807

Halo, Sobat Muda!

Sudah lihat hasil pengumuman SNMPTN kamu? Semoga hasilnya sesuai dengan harapan, ya Sobat Muda.

Pengumuman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) SNMPTN 2020.pdf

Oh, iya! Ada info yang perlu kamu tahu. Pada 2020, tercatat 86 PTN yang membuka pendaftaran bagi siswa lewat jalur bebas tes ini.

Bagi yang belum tahu atau ingin tahu teman kamu lolos atau tidak, kamu bisa cek melalui pengumuman SNMPTN yang terbit di koran Kompas edisi 9 April 2020. Selain itu, kamu bisa cek melalui dua cara ini.

1. Melalui Berkas PDF

Unduh berkas PDF melalui tautan di:

Daftar Peserta Lulus SNMPTN 2020.pdf

Buka berkas PDF melalui peramban atau PDF viewer yang ada di komputer, laptop, atau ponsel.

Ketik CTRL + F apabila membuka melalui komputer atau laptop, dan masukkan nomor atau nama peserta.

Klik tombol atau ikon cari apabila membuka melalui perangkat mobile.

2. Akses Situs Web SNMPTN

Buka situs web pengumuman.snmptn.ac.id dan masukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir peserta.

Lolos Seleksi Belum Tentu Diterima

Berdasarkan pemberitaan di harian Kompas, Rabu (8/4), pihak sekolah meminta siswa yang memilih jalur prestasi ini konsisten untuk mengambil program studi pilihan jika diterima.

Ketua LTMPT Mohammad Nasih dalam telekonferensi pers Rabu (8/4) pagi, mengatakan, “Yang kita umumkan adalah lulus atau tidak lulus seleksi SNMPTN, bukan diterima atau tidak diterima. Kenapa? Karena untuk bisa menjadi diterima itu masih diperlukan beberapa proses lanjutan. Termasuk verifikasi ekonomi, verifikasi data rapor, dan lain-lain.”

Nasih menjelaskan, status penerimaan bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi sebagai mahasiswa akan ditetapkan setelah PTN tujuan melakukan verifikasi data akademik rapor atau portofolio. “Apa betul rapor yang kemarin dikirimkan pada kami itu sesuai dengan kondisi dirinya. Kalau tidak benar, otomatis status kelulusannya akan dibatalkan dan berarti tidak bisa. Para peserta wajib membaca ketentuan dan persyaratan dengan cermat serta patuhi jadwal daftar ulangnya.”

Jadi, ingat ya Sobat Muda, baca dengan cermat syarat dan ketentuan daftar ulangnya. Nah, bagi Sobat Muda yang belum lolos dalam SNMPTN ini, jangan berkecil hati. Masih ada kesempatan untuk masuk PTN melalui SBMPTN ataupun jalur ujian mandiri.

Tetap semangat, ya Sobat Muda!