Menjalin Persaudaraan di Atas Aspal Melalui “Sunmori”.

0
117

Halo sobat Muda! pernahkah kalian mendengar istilah “sunmori”? bagi para penggemar sepeda motor nampaknya sudah tidak asing lagi dengan istilah sunmori. Namun apa sih sebenarnya sunmori itu? Sunday morning ride atau yang lebih akrab disebut sunmori ini adalah kegiatan berkendara menggunakan motor di hari Minggu pada pagi hari.

Mengapa harus Minggu? menurut para pecinta roda dua, mereka memilih hari Minggu untuk berkendara bersama karena hanya pada saat hari Minggu pagi-lah jalanan terasa sangat lenggang untuk bisa melepaskan diri dari kemacetan yang dialami selama hari kerja.

Tidak hanya untuk menikmati jalan di Minggu pagi, sunmori juga sering dimanfaatkan para bikers sebagai wadah mencari teman baru dan bergabung ke klub motor agar semakin lancar menyalurkan hobi mereka, berkendara dengan roda dua. Selain itu, sekarang banyak peminat sunmori yang menyelingi kegiatan bermotor mereka dengan kegiatan sosial seperti membagi-bagikan makanan di jalan pada saat sunmori.

Perbedaan motor tidak menghalangi bikers untuk menjalin persaudaraan di atas aspal.

Meskipun mayoritas peminat sunmori adalah kalangan remaja namun terdapat juga peminat kegiatan ini yang telah berusia 40-50 tahun. Tentu dengan gaya berkendara yang berbeda dengan para remaja, namun tetap di atas aspal yang sama.

Umumnya sunmori diikuti oleh pengguna motor-motor sport atau motor besar (moge) karena hanya pada hari Minggu pagi mereka bisa menikmati udara segar dengan menggunakan motor besar mereka. Namun selain motor-motor sport tidak ada larangan juga bagi para pengguna motor kecil untuk bisa merasakan nikmatnya sunmori ini dengan catatan harus menggunakan peralatan keselamatan berkendara sesuai ketentuan seperti helm.

Tidak ada batasan dalam kegiatan ini, semua kalangan dengan semua tipe motor bisa menyalurkan hobi mereka ketika sunmori. Para pengendara biasanya telah memiliki klub tersendiri yang sesuai dengan aliran mereka, seperti Komunitas Motor Besar Indonesia(MBI), Harley Davidson Club Indonesia(HDCI), Team Arogan, dan lainnya.

Tiap tim memiliki titik kumpulnya sendiri sebelum berangkat bersama.

Meskipun sunmori merupakan kegiatan berkendara yang menyenangkan namun tidak menutup kemungkinan banyak pengendara yang menyalahgunakan kegiatan ini untuk menunjukan kebolehan bermotor mereka dengan cara yang salah. Tidak jarang pemotor tersebut melakukan aksi balap liar di jalanan umum sehingga menimbulkan keresahan di masyarakat.

Nah, bagi sobat Muda yang tertarik untuk mengikuti sunmori lebih baik menyiapkan peralatan keselamatan berkendaranya dengan baik terlebih dahulu ya. Jangan lupa mengenakan helm, celana panjang, sepatu dan jaket sebagai pakaian berkendara. Perhatikan kecepatan jangan terlalu terbawa suasana sepi dan kebut-kebutan sehingga sunmori tersebut malah berubah menjadi sunmorace.

Penulis dan fotografer : Chrispinus Bimo Pinanditho, Siswa SMA Pangudi Luhur Bernardus Kota Deltamas, Kabupaten Bekasi- Jawa Barat, Magangers Kompas Muda Harian Kompas Batch XI Tahun 2019