Indonesia Women’s Run 2020 : Ajak Perempuan Indonesia Hidup Sehat

0
144

International Women’s Day dirayakan 8 Maret tiap tahunnya. Hari Perempuan Internasional juga dirayakan di Indonesia. Banyak acara-acara yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Perempuan Internasional salah satu acara yang diselenggarakan adalah Indonesia Women’s Run 2020.

Indonesia Women’s Run 2020, Gading Serpong pada Minggu (8/3/2020). Foto : Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara Tangerang

Acara yang diadakan tepat pada Hari Perempuan Internasional (8/3/2020) tersebut berlokasi di Scientia Square Park, Tangerang Selatan. Banyak peserta yang menghadiri acara ini khususnya para wanita untuk memperingati International Women’s Day. Rencana penyelenggaraan acara sudah dipublikasikan sekitar tiga bulan yang lalu, dengan acara utama berlari mengelilingi daerah Scientia Park.  Perlombaan lari itu juga diberi beberapa golongan seperti  lari dengan jarak tempuh 2,5 kilometer hingga 10 kilometer.

Peserta yang mengikuti acara beragam, mulai dari anak kecil hingga dewasa. Salah satu peserta adalah Itje Agustina. Awalnya, ia mengetahui acara itu dari media sosial dan memutuskan untuk mengikutinya karena hobi lari dan ingin hidup sehat. Selain itu, faktor  acara diadakan khusus perempuan sehingga menjadi nilai tambah.

Indonesia Women’s Run 2020 di Gading Serpong, Tangerang. Foto : Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara Tangerang

“Acara ini membuat saya menjadi banyak teman, kenal dengan teman yang lain. Temen-temen juga cewek. Semua jadi ada yang berbaur sama kelompok ada yang dari anak kecil sampe ke dewasa,” jawab Itje saat ditanyakan kesan dari Indonesia Women’s Run. “Tambah serunya ini, lari-lari lain kan biasa. Kalau ini luar biasa karena kita pakai rok,” tambah Itje Agustina.

Indonesia Women’s Run 2020 diramaikan bukan hanya oleh warga sekitar Serpong, Tangerang Selatan, namun juga ada beberapa warga asing  sebagai bentuk apresiasi terhadap Hari Perempuan. Setiap kali sudah sampai garis finish, pelari akan mendapat piagam sebagai bentuk apresiasi kepada pelari.

Warga Negara Asing juga ikut meramaikan acara Indonesia Women’s Run 2020 pada Minggu (8/3/2020). Foto : Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara Tangerang

Tak hanya lari, banyak rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam acara Indonesia Women’s Run seperti zumba, photo booth, bazar, dan masih banyak lagi. Selain itu, tempat untuk beristirahat juga sangat nyaman karena disediakan beberapa tempat duduk yang bisa digunakan untuk beristirahat sambil menikmati makanan bersama teman-teman.

“Kalau bisa tahun depan ada masternya ya. Kalau ini kan umum jadi kita berat gitu untuk umur master lawannya muda semua. Kalau master itu untuk usia kita 40 ke atas. Kalau ini kita digabung semua, enggak ada kategorinya,” lanjut Itje mengenai kesan dan pesan untuk acara Indonesia Women’s Run 2020. Ia juga berpesan untuk perempuan Indonesia untuk hidup sehat, semangat dan tidak mudah menyerah.

Indonesia Women’s Run 2020 di Gading Serpong pada Minggu (8/3/2020). Foto : Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara

Selamat Hari Perempuan untuk semua Perempuan khususnya di Indonesia, jangan pernah menyerah dan tetaplah menjaga tubuh agar tetap sehat.

 

Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang

Penulis : Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara Tangerang/Alethea Pricila Sianturi

Editor : Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara Tangerang/ Adonia Bernike Anaya

Fotografer : Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara Tangerang/ Alethea Pricila Sianturi