Yuk Mengenal Legenda Hidup di Nusa Tenggara Timur

0
77

Halo sobat Muda! Apakah kalian sadar bahwa Indonesia memiliki legenda yang hidup di bagian timur negeri ini? Indonesia memiliki satu hal tidak dapat ditemukan di belahan dunia manapun kecuali di negeri ini yaitu komodo.

Komodo merupakan hewan reptilia yang kerapkali disebut sebagai komodo naga (komodo dragon). Meskipun tidak meyemburkan api seperti naga-naga yang ada di cerita dalam film, namun komodo memiliki racun mematikan yang berada dalam air liur miliknya.

Untuk melihat komodo secara langsung, sobat Muda harus berkunjung ke Taman Nasional Komodo yang terletak di pulau Flores tepatnya di provinsi Nusa Tenggara Timur. Taman Nasional Komodo ini terbagi menjadi tiga pulau besar yaitu pulau Komodo, pulau Padar, dan pulau Rinca. Populasi komodo terbanyak terdapat pada pulau Rinca.

Wisatawan bisa mengambil gambar dengan komodo. Foto: ARSIP PRIBADI 

Untuk melihat komodo secara langsung, pengunjung hanya perlu membayar Rp75.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp250.000 untuk wisatawan mancanegara namun tiket tsb diluar harga transportasi menuju pulau dan ongkos lain.

Agar dapat masuk dan menyusuri Taman Nasional Komodo ini para wisatawan diwajibkan untuk bepergian bersama ranger (penjaga) yang bekerja di sana. Para ranger biasanya selalu membawa tongkat kayu dengan ujung bercabang dua untuk berjaga-jaga dari serangan komodo. Para wisatawan yang ingin mengambil gambar dari dekat dengan komodo juga dapat meminta bantuan ranger yang senantiasa membantu para wisatawan.

Komodo yang hidup berdampingan dengan warga sekitar. Foto: ARSIP PRIBADI 

Meskipun tergolong kedalam binatang liar yang berbahaya, namun tidak jarang kita akan menemui komodo yang berkeliaran secara bebas di pemukiman warga yang tinggal di pulau tersebut. Para warga yang berada di sana terlihat sudah terbiasa dengan keberadaan hewan ini.

Komodo-komodo itu paling sering ditemukan di daerah yang memiliki pohon yang rimbun sehingga tidak jarang wisatawan sering keliru membedakan komodo dengan batang pohon karena warna kulitnya memiliki kemiripan. Ditambah lagi dengan kemampuan komodo yang bisa memanjat pohon yang membuat mereka mudah beradaptasi dengan warna kayu.

Gapura Selamat Datang di kawasan Taman Nasional Komodo menjadi spot menarik untuk berfoto. Foto: ARSIP PRIBADI

Walaupun berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, para komodo tersebut termasuk kedalam daftar hewan yang terancam punah karena faktor alam dan juga perburuan liar. Oleh karena itu, yuk sobat Muda kita dukung gerakan tolak perburuan liar demi menjaga legenda hidup ini terus eksis sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia dari Indonesia.

Chrispinus Bimo Pinanditho, Siswa SMA Pangudi Luhur Bernardus Kota Deltamas, Kabupaten Bekasi- Jawa Barat, Magangers Kompas Muda Harian Kompas Batch XI Tahun 2019