Tokopedia Gelar Konferensi Teknologi “Star Summit 2020”

0
74

Tokopedia, salah satu situs jual beli daring besar di Indonesia, Sabtu (22/2/2020) menggelar konferensi teknologi pertama bertajuk Tokopedia Start Summit 2020 di mal Kasablanka Jakarta. Melalui acara itu, Tokopedia berbagi dan menceritakan kemajuan teknologi yang membawa perusahaan tersebut sampai di posisi saat ini.

Tokopedia yang kini berusia 11 tahun merupakan salah satu perusahaan teknologi Indonesia yang terus melakukan yang terbaik untuk menjadi super ecosystem dengan selalu mendukung perkembangan talenta digital untuk membuat ekosistem industri teknologi menjadi lebih maju dari sebelumnya.

Situasi dan kondisi ketika konferensi dimulai. Foto : Riska Arlianda.

Pada acara kemarin, Tokopedia mengusung tema, “Transforming Indonesia Through Technology”. Acara tersebut merupakan wadah untuk berbagi pengalaman puluhan talenta digital Tokopedia yang telah berinovasi untuk masyarakat dalam satu dekade perusahaannya. Konferensi ditujukan bagi para pegiat teknologi, mulai dari start up, perusahaan, komunitas hingga media.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Riset dan Teknologi RI sekaligus Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang P. S. Brodjonegoro mengapresiasi Tokopedia karena dapat menginisiasi perusahaan digital lain untuk terus tumbuh dan berkembang. hal ini sejalan dengan usaha pemerintah dalam mendorong perkembangan talenta digital guna memenuhi kebutuhan industri 4.0 di Indonesia dan membentuk ekosistem industri yang lebih signifikan.

Menteri Riset dan Teknologi RI sekaligus Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang P. S. Brodjonegoro mendukung penuh inovasi dan inisiasi dari berbagai pihak dalam memajukan talenta digital Indonesia. Foto: Image Dynamics PR

Tokopedia Start Summit 2020 menghadirkan para pembicara yang memiliki kapasitas dalam dunia teknologi seperti Vice President of Engineering Tokopedia Aswin Tanu Utomo, Komisaris Utama Tokopedia Agus Martowardojo, Co-Founder & CEO Tokopedia William Tanuwijaya, Menteri Riset dan Teknologi RI sekaligus Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang PS Brodjonegoro, Co-Founder & Vice Chairman Tokopedia Leontinus A. Edison, dan Senior Vice President of Engineering Tokopedia Herman Widjaja.

Terdapat tiga kelas yang ada yaitu kelas data, kelas scalability, dan kelas core engineering. Berikut ini serangkaian topik yang diangkat dari masing-masing kelas:

Core engineering : Engineering Productivity 101, How We Secure 90 Million Active Users Data, Build Super Ecosystem Apps for Millions of Indonesians, Data Tracking Validation Evolution by Tokopedia, Performance Tes Evolution and Revolution, Modern Web for Democratizing Commerce

Scalability : Handling Prize Raindop with scale, behind the scene of exclusive product launching Tokopedia, How being a freak about alert and monitoring saves tokopedia from millions of dollars in downtime, tech stack as a competitive advantage, anatomy of recommender systems.

Data : Fast Recommendation of Hundred Millions Products, Keyword Category Prediction Mapping, Shop With Your Camera, Building a Data First Organization, Building Hyper Personalized User Engagement Platform.

Peserta tampak antusias di dalam kelas Core. Foto: Revina Suryo Dewi

Tokopedia START Summit 2020 merupakan bagian dari Tokopedia Academy, wadah bagi para talenta digital Indonesia untuk belajar mengenai beragam topik teknologi informasi (TI) dan mengembangkan talenta. Program Tokopedia Academy meliputi kegiatan reguler ‘Tech A Break’, workshop TI, dan kemitraan dengan berbagai komunitas TI.

Ke depan, sesuai dengan visi dan misinya, Tokopedia berkomitmen untuk terus memajukan kemerataan ekonomi secara digital di Indonesia dan bertransformasi menjadi super ecosystem dengan mengedepankan lima pilar utama, yaitu memperkuat fondasi, fokus pada kebutuhan konsumen, memperluas pemanfaatan data, penggunaan teknologi kecerdasan buatan, dan menjalankan kerangka kerja yang optimal.

Kebutuhan spesifik dalam bentuk digital adalah salah satu bentuk untuk masa depan kita yang gemilang! So, jangan lupa untuk #MulaiAjaDulu seperti slogan Tokopedia ini!.

Riska Arlianda, Mahasiswi Jurusan Ilmu Pemerintahan, Universitas Padjajaran, Jatinangor, Jawa Barat.

Revina Suryo Dewi, Mahasiswi Jurusan Strategi Komunikasi, Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang Selatan.