“Surga” Tersembunyi Bagi Pecinta Film dan Lagu

0
75

Apa yang pertama kali terlintas dipikiran kalian ketika mendengar kata perpustakaan? Buku dimana-mana , sunyi sepi, dan cukup membosankan bagi orang orang yang tidak gemar membaca. Memang begitu biasanya.

Perpustakaan selalu identik dengan buku bacaan dan suasana sepi, setiap orang sibuk mengerjakan sesuatu. Pada kenyataannya ada satu perpustakaan yang sedikit berbeda dari perpustakaan pada umumnya. Di Perpustakaan Nasional mereka menyediakan fasilitas untuk menonton berbagai jenis film dan rekaman musik.

Foto : Jeihan

Perpustakaan itu berada di Jakarta Pusat tepatnya di Jl Medan Merdeka. Seperti perpustakaan pada umumnya  perpustakaan tersebut menyediakan koleksi buku bacaan dengan kategori yang berbeda-beda, namun ketika kita sampai di lantai delapan, koleksi yang disuguhkan sangat berbeda.

Di tempat itu berjejer koleksi film dari film dokumenter, film komedi, drama, horror, hingga film animasi. Tidak hanya itu mereka juga menyediakan koleksi kaset musik mulai dari musik kekinian hingga musik jadoel yang sudah lama tidak kita dengarkan.

Di lantai audiovisual ini pihak Perpustakaan Nasional menyediakan fasilitas untuk memutar CD atau kaset yang kita pilih. Setelah kita menemukan apa yang ingin kita tonton atau dengar, hampirilah penjaga lantai delapan tersebut, mereka akan meminjamkanmu headset. Hanya bermodalkan kartu anggota yang dapat dibuat di lantai dua kamu sudah bisa menikmati semua koleksi yang ada disana.

Foto : Jeihan

Tidak hanya itu yang disediakan di lantai audiovisual. Di lantai tersebut terdapat  ruang diskusi yang bisa kalian booking dengan minimal orang sebanyak tiga orang. Ada pula ruang teater mini yang diperuntukkan bagi komunitas atau instansi yang bergerak di bidang non profit, berkapasitaskan 35 orang. Dan fasilitas micro film untuk kalian yang sedang mencari data dari koran atau majalah lama pada tahun 1980-an.

Bagaimana menurutmu, menarik kan ? Tempat itu cocok banget untuk kamu yang tidak begitu suka membaca atau kamu yang hanya sedang ingin duduk tenang sambil mendengarkan lagu dengan pemandangan aesthetic. Disamping itu jam operasionalnya diperpanjang loh sampai jam sembilan malam setiap hari kerja. Siapa tahu tempat ini bisa jadi salah satu destinasi untuk kamu yang ingin bersantai.

Jeihan Aurelia Paramesywari, mahasiswa Jurusan Mass Communication, Bina Nusantara University Jakarta