Serunya Konser Super Junior: Super Show 8 Infinite Time

0
608

Pada sore hari Sabtu lalu (11/1), Hall 5 di gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan, diguncang oleh penampilan grup idola asal Korea Selatan, yaitu Super Junior. Konser itu merupakan bagian dari rangkaian tur konser Super Show 8: Infinite Time keliling dunia. Banyak ELF (Everlasting Friends; nama fans Super Junior) di Indonesia yang sudah menantikan momen ini. Mereka sangat antuasias menantikan konser Suju.

Walaupun konser Super Show 8 ini baru dimulai pukul 15.00 WIB, banyak ELF yang sudah datang sedari pagi untuk menunggu gerbang ke venue konser dibuka, bahkan ada juga yang telah menanti sejak sehari sebelumnya. Salah satunya adalah Noviyanti (20) yang menempuh perjalanan jauh dengan kereta dari Surabaya ke Tangerang untuk bertemu idolanya. Ia mengaku senang karena ini merupakan kali pertama ia menonton Super Junior secara langsung.

Selain Noviyanti, ELF yang lain juga menunjukkan antusiasme mereka dengan menggunakan sejumlah atribut bernuansa Super Junior, seperti menggunakan baju berwarna biru (warna resmi dari Super Junior), kipas bergambarkan anggota-anggota Super Junior, membawa hand banner bertuliskan nama-nama anggota Super Junior, dan lain-lain lagi.

Tak terasa, sudah pukul 15.00 WIB. Saatnya konser dimulai. Para ELF terlebih dahulu menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum masuk ke dalam suasana konser Super Show 8. Konser tersebut langsung dimulai dengan lagu Superman yang membuat para ELF berteriak dengan semangat sambil menyalakan light stick bertuliskan SJ yang berwarna biru safir. Tepat setelah itu, Super Junior pun tampil di atas panggung dan membawakan lagu “The Crown”.

Setelah menyanyikan sejumlah lagu di awal konser, para anggota Super Junior mulai menyapa para ELF. Karena ini bukan pertama kalinya Super Junior berkunjung ke Indonesia, mereka mengenalkan diri masing-masing sambil mengucapkan beberapa kata dalam Bahasa Indonesia.

Dimulai dari Shindong, yang menyapa fans dengan berkata, “Apa kabar Indonesia? Nama saya Shindong.” Ryeowook, Donghae, Siwon, Eunhyuk, Yesung, Kyuhyun, dan juga Leeteuk turut mengucapkan salam. Di akhir sapaannya, Leeteuk mengajak para ELF untuk bersenang-senang bersama. ELF pun langsung menjawab, “Ya!” dalam bahasa Korea dengan semangat.

Suasana meriah di Konser Super Junior Super Show 8: Infinite Time yang berlangsungd di ICE BSD, Sabtu (11//1/2020).

Sepanjang konser, para ELF larut dalam suasana konser Super Show 8 yang megah dan seru. Berbeda dengan konser musik lainnya, panggung Super Show 8 ini dihiasi dengan permainan cahaya dan juga efek spesial seperti kembang api yang muncul di tengah beberapa lagu.

Suasana konser yang tadinya seru dan ramai berganti dengan suasana yang lebih mellow ketika ada video yang diputar berisi pertanyaan ke masing-masing anggota, apakah arti cinta bagi mereka. Namun, para ELF dibuat terharu oleh video tersebut. Dalam lagu “Believe”, terlihat keakraban dan kedekatan para personil Super Junior. Para anggota Super Junior pun juga berswafoto bersama dalam lagu tersebut.

Tidak mau berlarut-larut dalam suasana sendu, Super Junior pun mengajak ELF bersemangat melalui video yang menunjukkan kebolehan para anggota dalam rap dan lagu Rokkugo versi hip-hop setelahnya.

Penggemar Super Junior berpose di tengah kerumunan sebelum konser berlangsung. Foto: Bryan Kenneth

Dukungan penonton

Bukan konser K-Pop namanya jika tidak ada partisipasi dari penonton. Grup fan base ELF Indonesia sejak beberapa hari lalu telah menyiapkan sebuah proyek dari fans atau fan project untuk mendukung dan meramaikan konser kali ini. ELF Indonesia membagikan hand banner bertuliskan “언제나 함케있는거니까” yang berarti “Kita selalu bersama” dalam Bahasa Korea pada masing-masing ELF yang datang ke konser Super Show 8 ini. Di belakangnya, sudah tertera apa saja yang harus para ELF lakukan dalam konser ini.

Seperti dalam lagu Believe, hand banner tersebut diangkat setinggi mulut untuk menunjukkan dukungan dan rasa sayang para ELF pada Super Junior. Hand banner tersebut bahkan dilihat dan sempat diambil oleh Shindong. Lalu, dalam lagu Somebody New, saat layar terbuka, para ELF menyalakan flashlight dari ponsel mereka masing-masing sehingga Super Junior akan melihat cahaya masuk ke dalam area konser di Hall 5 gedung ICE.

Hal yang menarik adalah sewaktu para penonton menyanyikan lagu 11 Januari milik band Gigi saat tengah menanti encore dari Super Junior. Lautan biru safir dari light stick para ELF dan nyanyian tersebut sangat menggugah hati dan membuat suasana menjadi semakin seru.

Di akhir konser, Super Junior mengucapkan banyak terima kasih kepada para ELF yang sudah datang dan menyaksikan mereka. Tak lupa, Super Junior juga mengenalkan dan mengucapkan terima kasih kepada para penari latar yang juga muncul dalam konser mereka. Salah satu penari mengucapkan terima kasih kepada penonton dan menyatakan bahwa dukungan yang diterima tidak hanya untuk Super Junior, tetapi juga untuk para penari.

Konser Super Junior pun ditutup dengan janji dari Leeteuk cs untuk segera kembali lagi ke Indonesia di lain kesempatan. Para ELF pun tidak langsung keluar dari area konser; ada beberapa yang berfoto dulu dengan venue konser Super Show 8. Meskipun lelah, tetapi ELF pun tersenyum puas setelah kembali dari konser Super Junior tersebut.

Tonton video hasil wawancara di Youtube Kompas Muda.

Penulis:
– Nadia Theresa Johari, Magangers Batch X, mahasiswi Jurusan Sastra Jepeng, Universitas Bina Nusantara
– Muhammad Dzulfiqar Rasyid Prasetyo, Magangers Batch XI, siswa kelas 12 INRII Homeschooling

Foto:

Bryan Kenneth